Enter your keyword

Rabu, 20 Desember 2017

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Berkendara Aman di Jalan Tol?

rhodoy.com - Jalan tol dibuat untuk mempersingkat jarak dari satu tempat ke tempat lain. Pada awalnya, jalan tol pertama kali dibuat di Eropa untuk menutupi biaya konstruksi dengan meminta uang masuk kepada setiap orang ang akan melintas. Karena itu, jalan tol banyak dibuat selain untuk mempersingkat jarak, juga bisa memberikan pemasukan terhadap pemerintah.

Jalan Tol
Jalan tol telah ada pada zaman dahulu di Eropa 

Nah, dengan semakin banyaknya pemerintah Indonesia menggerakkan infrastuktur untuk mempermudah perjalanan, banyak jalan tol yang dibuat. Bukan hanya di pulau Jawa tapi juga di Sumatera sampai dengan Papua.

Jalan tol tidak seperti kebanyakan jalanan di perkotaan maupun jalan antar kota. Jalan tol dikhususkan untuk kendaraan dengan roda tiga atau lebih, Selain itu, ada peraturan yang melarang berhenti di tepi jalan tol serta batas kecepatan yang harus ditaati. Karena itu, sebelum teman mencoba memasuki jalan tol, ada beberapa hal dan tips Cintamobil menawarkan yang bisa dilakukan untuk berkendara nyaman di jalan tol.

 

1. Selalu perhatikan jalan di depan

Ketika berkendara di jalan tol, pastikan teman selalu memperhatikan keadaan di sekitar. Hindari semua yang yang bisa mengganggu konsentrasi dalam mengemudi, contohnya melakukan panggilan telepon, menerima maupun mengetik chat atau makan. Semua hal tersebut bisa mengalihkan perhatian, dan hilangnya perhatian sesaat bisa berakibat fatal terhadap kelancaran berkendara.

Jalan di Depan Tol
Selalu perhatikan keadaan di depan dan belakang dengan kaca spion 

Karena jalan tol dikenal juga dengan jalan bebas hambatan, kendaraan yang melintas di jalan tol melaju dengan kecepatan kencang. Selain itu, dengan kecepatan yang kencang, kesalahan sedikit saja bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. 

Untuk mempertahankan konsentrasi, selalu perhatikan kondisi tubuh ketika sedang mengemudi. Mengemudi dalam keadaan lelah maupun mengantuk bisa berakibat fatal. Untuk itu, di setiap jalan tol telah dipersiapkan rest area tempat beristirahat ketika kelelahan. Pergunakanlah rest area sebaik-baiknya dan jangan pernah memaksakan diri ketika sedang menyetir di jalan tol.

 

2. Jangan pernah berkendara ugal-ugalan

Memperhatikan kendaraan lain merupakan inti dari berkendara aman di jalan tol. Selalu cek jalanan di depan spion mobil secara berkala untuk memperhatikan mobil di depan serta di belakang. Hindari mengekor dengan sangat dekat dibelakang mobil serta jaga jarak aman untuk mobil yang berkendara secara ugal-ugalan.

Rambu Lalu Lintas
Patuhi rambu lalu lintas dan marka jalan 

Karena kebanyakan mobil melaju dengan kencang, ada banyak pengemudi yang tiba-tiba saja berubah jalur tanpa memberitahu terlebih dahulu. Untuk itu, jaga jarak aman dengan mobil di depan dan belakang. Perhatikan mobil yang tiba-tiba berhenti untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

Untuk berkendara aman di jalan tol, pastikan untuk mematuhi setiap rambu lalu lintas serta batas maksimal kendaraan. Perhatikan setiap tanda, seperti pemberitahuan pekerjaan jalan atau tanda berbahaya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

 

3. Jaga kesehatan mobil

Melakukan perawatan mobil secara berkala merupakan salah satu cara ampuh untuk memberikan kenyamanan berkendara di jalan tol. Denan melakukan perawatan berkala, teman bisa mempersiapkan mobil untuk berkendara. Perhatikan tekanan ban, kesehatan mesin, serta hal-hal lain yang bisa mempengaruhi mobil.

Perawatan Mobil
Cek kesehatan mobil dengan melakukan perawatan berkala 

Untuk berkendara di jalan tol, selalu cek semua lampu bisa bekerja dengan baik sebelum mulai berkendara. Cek lampu sen, lampu depan serta lampu rem untuk memberikan sinyal kepada pengendara lain. Selain itu, cuci spion depan, spion samping, serta kaca depan mobil agar bisa melihat dengan jelas.

Tonton video berikut ini untuk paham lebih jelas tentang cara mengemudi aman di jalan tol

Selain memperhatikan kesehatan mobil, selalu persiapkan peralatan mekanik untuk berjaga-jaga ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Barang-barang seperti kotak pertolongan pertama, kabel penarik, pemadam kebakaran, dongkrak, serta ban serep bisa membantu teman ketika terjadi kecelakaan maupun membantu pengendara lain yang sedang mengalami musibah.

Bagi pengendara pemula, berkendara aman di jalan tol bukan hal yang mudah, tetapi tidak harus menjadikannya sebuah rasa takut. Untuk berkendara aman di jalan tol, selalu perhatikan rambu lalu lintas dan mengemudi dengan hati-hati. Keep safety riding, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.