Rhodoy R. Ediyansyah

Minggu, 01 Mei 2016

Cara Agar Tidak Sakit Hati Ketika Diputusin Pacar

Selamat datang kembali pembaca yang saya harapkan, bahasan kita kali ini diluar topik blogging yang sering saya bahas di blog ini. Dalam tulisan sederhana ini saya akan membahas masalah anak muda, yaitu Cara Agar Tidak Sakit Hati Ketika Diputusin Pacar. Dilihat dari judulnya sih cukup menarik karena pada umumnya putus cinta itu sesuatu yang sangat menyakitkan. Diputusin pacar secara sepihak, diputusin pacar karena bosan, diputusin pacar tanpa sebab, diputusin pacar karena tidak pakai make up, putusin pacar tapi masih sayang, apa lagi kalau pacar mutusin kita karena sudah mendapat pasangan baru, wow banget rasanya.

Putus Cinta
Putus Cinta
Saya menulis tentang topik pacaran ini berdasarkan pengalaman saya dimasa-masa masih doyan pacaran. Karena pengalaman saya diputusi pacar sudah cukup mumpuni untuk menjadi referensi tulisan ini. Bahkan sejak pertama kali pacaran saya belum pernah mutusin hubungan, tapi saya terus yang diputusin sama para mantan. Sedih yaa. Selain itu juga dari hasil rangkuman orang-orang yang pernah curhat dengan saya ketika diputusi pacarnya.

Pada usia remaja hingga menginjak dewasa atau lebih dikenal dengan anak muda pacaran memang menjadi sebuah gengsi, apa lagi bagi mereka yang masih duduk di bangku SMA. Kalau ga punya pacar dibilang Jones alias jomblo ngenes. Kalau punya pacar banyak juga dibilang kolektor, tapi itulah dinamika kehidupan remaja kekinian. Tidak ada yang salah selama masih dalam koridor kewajaran, dari pada dibilang kuper.

Masa sekolah menengah atas memang masa-masa yang indah, katanya sih gitu. Putus nyambung dalam menjalin hubungan percintaan itu hal biasa. Kecewa bahkan berantem-beranteman dengan teman sendiri karena nyalip gebetan juga sudah lumrah, asal jangan berantem benaran yaa. Berantem-beranteman itu maksudnya marahan sebentar aja, abis itu temanan lagi.

Tapi yang paling menarik dari indahnya masa-masa sekolah adalah putus nyambung dengan pacar, sekarang putus besok nyambung lagi. Saya juga bingung dengan kondisi ini, apa yang membuat mereka putus nyambung? Seharusnya ini tidak perlu terjadi karena pada dasarnya mereka masih sama-sama suka. Kalau mereka udah ga saling mencintai ya ga mungkin nyambung lagi. Inilah indahnya masa remaja yang sekaligus juga menjadi perbedaan dengan cara pacaran orang dewasa yang cendrung lebih memikirkan hubungan masa depan.

Setelah lulus dari bangku sekolah, biasanya pola pikir sudah lebih dewasa termasuk dalam menjalin hubungan percintaan. Pacaran bukan lagi untuk senang-senang atau menjadi ajang pamer-pamer. Tapi sudah mengarah kepada hubungan yang serius untuk menjalin rumah tangga. Pada masa-masa ini kita dituntut untuk mampu menentukan pasangan hidup kita yang terbaik, ini menurut saya cukup sulit. Mencari dan menemukan calon pasangan hidup bukan perkara mudah karena apabila sekali melakukan kesalahan maka terjadi penyesalan seumur hidup. Saya rasa tidak satupun kita menginginkan kegagalan dalam membangun rumah tangga meskipun hanya satu kali.

Pacaran adalah tempat terahir kita untuk melakukan kasalahan dalam menjalin hubungan percintaan, jangan sampai terjadi dalam rumah tangga. Oleh karena itu dalam menjalin hubungan pacaran kita harus memanfaatkan masa ini sebaik mungkin untuk mengetahui dan memahami kelebihan dan kekurangan pasangan kita. Belajar saling menutupi kekurangan dengan kelebihan yang dimiliki masing-masing pasangan. Sehingga pada saatnya nanti setelah berumah tangga semua masalah yang muncul sudah bisa diatasi. Saya pikir tidak berlebihan jika kita menganggap pacaran adalah sebuah miniatur rumah tangga.

Manusia tidak ada yang sempurna, setiap orang memiliki kekurang dan juga kelebihan masing-masing. Jadi selama mencari pasangan untuk membangun rumah tangga jangan pernah mencari yang sempurna karena akan sia-sia, tapi carilah yang terbaik untuk masa depan kita. Namun ketika dalam perjalanannya ketika kita menjalin hubungan pacaran dirasa tidak menemukan kecocokan dengan pasangan, putus cinta adalah jalan terbaik dan itu bukan sebuah kegagalan. Hal ini terkadang memang menyakitkan bagi pasangan kita, tapi bagaimanapun juga kita harus ambil keputusan. Begitu juga sebaliknya, ketika kita sudah merasa nyaman dengan pasangan kita tapi dilain pihak pasangan kita merasa ada yang tidak cocok dari diri kita maka kita harus siap menerima kenyataan tersebut. Kita tidak bisa memaksakan kehendak dalam menjalin hubungan khususnya hubungan percintaan.

Kita harus sadari bahwa pacaran masih memiliki kemumngkinan untuk terjadinya putus hubungan sangat besar. Oleh karena itu kita harus mengantisipasinya sejak awal menjalin hubungan agar ketika putus dengan pacar, kita tidak terlalu merasa kecewa ataupun sakit hati. Berikut dua tips agar tidak sakit hati ketika diputusin pacar.

Pertama; jangan berkorban yang memiliki kemungkinan besar akan menjadi penyesalan. Salah satu penyebab sakit hati ketika diputusin pacar adalah karena kita sudah banyak berkorban selama menjalin hubungan percintaan. Oleh karena itu sejak awal pacaran kita harus mengantisipasi ini.

Kedua; jangan terlalu banyak berharap dengan pacaran, tapi lakukan yang terbaik. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, pacaran adalah proses memilih dan menentukan calon pasangan hidup kita dalam rumah tangga. Dalam proses memilih tentu masih ada kemungkinan untuk tidak terpilih, dan kita harus siap ketika pacar kita tidak memilih kita menjadi pasangan hidupnya dalam rumah tangga. Jika kita ingin dipilih menjadi pangan hidupnya dalam rumah tangga yang harus kita lakukan adalah berusaha dan belajar menjadi yang terbaik, bukan hanya sekedar berharap. Yang perlu diingat, orang terburuk didunia ini sekalipun pasti menginginkan pasangan hidup yang terbaik. Apa lagi seseorang yang kita sayangi pasti ada hal baik dari dirinya.

Demikian tulisan saya tentang tips agar tidak sakit hari ketika diputusin pacar yang masih jauh dari sempurna ini. Semoga ada manfaatnya untuk kita semua khususnya yang masih bertualang mencari cinta sejati. Apabila anda merasa ada yang kurang dari tulisan ini, boleh tambahkan melalui kolom komentar. Terimakasih atas kunjungan anda dan nantikan tulisan saya selanjutnya.

Yang terahir saya minta kritik dan saran yang sifatnya membangun tulisan saya kedepannya. Jika anda seorang blogger yang belum berteman dengan rhodoy.com silahkan follow disini-> http://goo.gl/nZmkXk

33 komentar:

  1. Waduh artikel kali ini ngena banget di hati saya gan. Tips pertama akan saya lakukan jika punya pacar lagi, ngeri kejadian yang dulu ke ulang nantinya hehe

    BalasHapus
  2. untung ane sudah nikah gan hehe
    lengkap bgt penjelasannya.

    BalasHapus
  3. hahaha saya tidak pandai dalam hal cinta, akan tetapi saya lebih suka melahap kata demi kata di tulisan ini. dan hasilnya bisa dikoreksi.
    perbaiki:
    -Oleh karena itu sejak awal pacaran kita harus mengantisipa ini. (mengantisipasi)
    -Kedua; jangan terlalu banyak berharap dengan pacara kita (pacaran atau pacar)
    -Jika kita ingin dipilih menjadi pangan (pasangan)
    -Yang perlu diingan (diinginkan atau diingat?)

    #jadilah seorang pembaca yang suka mengoreksi dibandingkan kunjungan yang berbasa-basi
    happy blogging mas rhody

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak atas koreksinya mba, semuanya sudah saya perbaiki.

      Hapus
    2. hahaha artinya saya adalah penikmat kata-kata :)

      Hapus
    3. Koreksi kembali di "Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu"

      Tidak perlu nulis link di komentar, yang dudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda. (dudah atau sudah?)
      kabuuuuuuuuuuuuuur

      Hapus
    4. Saya memang paling sering typo Mba, padehal sebelum posting saya cek terlebih dahulu. Masih aja ada yang selip. He hee

      Hapus
    5. silahkan back join this site
      site ini sudah saya ikuti

      Hapus
  4. Iyaa bener bngt mas. Selama masih jadi pacar jng sampe berkorban yg berlebihan. Jangan sayang terlalu berlebihan juga, ga baik. Saran sih mending gausah pacaran aja, tentram, aman dan nyaman hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena nanti pas putus sakit hatinya juga berlebihan.

      Hapus
  5. Ahahaaas klo diputusin itu bikin ngenes dan nyesek ksk... tpi patut fi terapkan nih dari artikel ini sgar tidak sakit hat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mba, tidak dipungut biaya untuk menerapkannya.

      Hapus
  6. Bagi gue nih udah masa lalu, tapi susah memang ngilangin sakit saat diputusin pacar .u

    BalasHapus
  7. Bermanfaat mas, ngena banget artikel ini.

    BalasHapus
  8. Wah saya jadi ingat masa muda masbro, tapi ternyata lebih enak pacaran sesudah nikah masbro..

    BalasHapus
  9. Aku fokus ke tulisan "masih doyan pacaran" jadi skrg gak doyan lagi? Hahaha

    BalasHapus
  10. Wahh mantep Ni MasBroo Tipssnya, Emang MasBro kalau Diputusin itu sakit Banget malah Ada yang berpikir untuk Bunuh Diri, Tapi Dengan Tips ini Semoga Tidak Ada yg putus Asa lgi Setelah Diputuskan ya MasBro! Makasih MasBro Sudah Postingan Artikel Bermanfaat Ini.

    BalasHapus
  11. Kayaknya keren kalo dipraktekin gan wkwk

    BalasHapus
  12. widh pas banget nih baru jalanin hubungan sama si doi

    BalasHapus
  13. untungnya ane belum pernah pacaran dan belum pernah diputusin pacar heheh
    ane sih ngga suka yang namanya pacaran :D Sekolah dulu baru Baru kerja,nahh pas kerja itu kita boleh dehh cari-cari pacar kwkwk

    BalasHapus
  14. oh begitu yak solusinya , ok makasih mas :)

    BalasHapus
  15. Mending ndak usah pacaran dlu kalau gk mau sakit hati :v langsung lamar aja kerumahnya :3 wekekek

    BalasHapus
  16. wah kalo saya mah diputin pacar gk pernah sakit hati gan, ya namanya putus itu biasa dalam pacaran. kalo gk mau diputusin ya gk usah pacaran hahaha

    BalasHapus
  17. Wess si agan ini pengalaman banget ya :v
    Ngomong2 ane belum pernah pacaran lho, rasanya ane belum pantes aja padahal udah SMA.
    Intinya mah "jangan terlalu berkorban berlebihan".

    BalasHapus
  18. nice..., makasih infonya.

    BalasHapus
  19. benturin kepala ketembok biar lekas lupa ama mantan heheeee

    BalasHapus
  20. Terima Kasih Om Tipsnya Tapi Saya Jones Ada Solusi :v ?

    BalasHapus
  21. wahhh nice kunjungi juga kadekkrisma

    BalasHapus
  22. wah saya belum pernah di putusin pacar gan, pernahnya di tinggalin hehe

    BalasHapus
  23. bermanfaat banget gan artikel ente untuk orang yg susah move on seperti ane huhuhu

    BalasHapus
  24. caara nya banyak duit dulu baru pacaran :D

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.