Rhodoy R. Ediyansyah

Rabu, 13 April 2016

Tahapan-Tahapan Untuk Menjadi Blogger Sukses

Kegiatan blogging saat ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat yang melek teknologi. Ada banyak faktor yang mendorong kita untuk terjun menjadi seorang blogger, yang paling mainstream saat ini adalah untuk mecari uang melalui internet. Padehal menurut saya itu salah besar, itu adalah kesalahan pertama yang dilakukan seorang blogger pemula mengingat fungsi web blog pada awalnya ada sebuah catatan harian pribadi yang di-online-kan sehingga bisa dibaca oleh orang yang jaraknya jauh dengan kita. 
Blogger Sukses
Blogger Sukses
Memang seiring perkembangan teknologi dan informasi, web blog pun ikut berkembang menjadi sebuah media yang bisa digunakan untuk menyebarluaskan informasi secara online. Tapi meskipun demikian untuk bisa sukses ngeblog tentu ada proses yang harus dilalui, tidak bisa semerta-merta buat blog lansung mendapatkan uang.

Sebenarnya masih ada blogger yang tidak melepaskan fungsi blog yang sesungguhnya yaitu sebagai sebuah catatan pribadi terutama blogger perempuan. Hanya saja sudah dikolaborasikan dengan penyampaian informasi untuk publik juga. Misalnya menceritan sebuah perjalanan berlibur kesuatu tempat, selain menuliskan kisah perjalanannya juga menceritakan atau mereview tentang objek wisatanya. Sehingga apabila seorang ingin mencari informasi tempat liburan secara online, blog tersebut juga bisa menjadi referensi.

Mengingat di era yang sudah serba online ini sebagian besar orang menggunakan fasilitas internet untuk mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan. Apabila kita banyak memberikan informasi yang bermanfaat melalui web blog, maka blog kita tersebut akan semakin ramai dikunjungi pengguna internet. Jika pengunjung blog kita sudah ramai, disinilah kita bisa monetize blog kita dengan berbagai program yang sesuai dengan informasi yang ada di blog kita. Monetize Blog (monetization) artinya menguangkan blog, sederhananya monetization berarti menerapkan metode-metode untuk menghasilkan uang dari konten yang ada di blog.

Setelah blog kita ramai dan di monetization dengan tepat, maka tanpa kita minta uang akan datang secara terus menerus selama kita mampu mempertahankan kualitas blog kita. Dan semua blogger yang sudah sukses juga pasti pernah melalui proses yang panjang. Tidak ada yang instant didunia ini termasuk “main” blog untuk menghasilkan uang.

Meskipun saya belum bisa dikatakan seorang blogger yang sukses, paling tidak saya ingin berbagi beberapa tahapan untuk memulai blog untuk mendapat uang melalui internet. Tidak ada jaminan sukses dari apa yang saya berikan ini karena sukses itu tergantung dari usaha kita sendiri, termasuk juga untuk menjadi blogger yang sukses.

Pertama, yang harus kita lakukan adalah menjadikan kegiatan blogging sebagai hobi. Karena dengan begitu kita ngeblog tidak akan merasa bosan dan tidak akan merasa gagal setelah lama sekalipun kita memberikan informasi yang bermanfaat tapi belum juga mendapatkan penghasilan.

Kedua, setelah kita hobi ngeblog yang penting untuk kita lakukan adalah memberikan informasi yang benmanfaat untuk orang banyak. Karena dengan demikian peluang kita untuk mendatangkan pengunjung akan semakin besar. Siapa yang akan mengunjungi blog kita jika tidak memuat konten yang bermanfaat. Ingat tidak ada uang di blog, tapi pengunjunglah yang bisa kita jadikan uang. Dan yang jelas apapun yang kita lakukan jika bermanfaat, maka tidak ada yang sia-sia meskipun kita belum juga mendapatkan keuntungan dalam bentuk materi atau uang.

Ketiga, membangun kepercayaan pengunjung terhadap konten blog kita juga merupakan hal yang sangat penting. Pengunjung tidak akan datang dua kali apabila menemukan informasi yang tidak benar, apalagi sampai mengecewakan. Selain kebenaran sebuah informasi juga, keaslian sebuah koten juga akan mempengaruhi kepercayaan pengunjung. Meskipun blog kita menyuguhkan informasi yang bermanfaat, tapi bukan karya sendiri seperti copy paste dari situs lain yang hanya memodifikasi judul tentu pengunjung akan kecewa. Terlebih lagi jika pengunjung tersebut ternyata sudah membaca informasi disitus aslinya.

Keempat, memberikan kemudahan pengunjung untuk mendapatkan informasi selanjutnya juga harus kita lakukan. Misalnya menyediakan widget sosial media untuk mereka ikuti di blog, sehingga saat kita share posting ke media mereka akan dengan mudah menemukannya. Selain itu penting juga menyediakan fasilitas subscribe untuk mereka yang ingin mendapatkan informasi lansung dari blog kita melalui email.

Kelima, memberikan ruang dan fasilitas kepada pengunjung untuk mengetahui siapa diri kita juga sangat perlu untuk kita lakukan. Misalnya membuat sebuah halaman perkenalan kita dan menyediakan kontak seperti email ataupun yang lainnya. Karena jika pengunjung sudah “tergila-gila” dengan blog kita tidak menutup kemungkinan mereka ingin menghubungi kita secara lansung. Selain itu juga tidak menutup kemungkinan ada advertiser yang mau beriklan, memberikan job blog posting, paid review atau yang lainnya di blog kita.

Keenam, membangun jaringan dengan sesama blogger merupakan bagian dari jalan untuk menjadi blogger yang sukses. Ada banyak komunitas-komunitas blogger yang bisa anda ikuti. Dengan mengikuti banyak komunitas, maka informasi yang berkaitan dengan kegitan blogging bisa kita dapatkan dengan mudah.

Ketujuh, fokus, konsisten dan komitmet harus ada dalam diri kita dan wajib untuk kita pertahankan karena tanpa ketiga elemen tersebut, apapun yang sudah kita lakukan akan menjadi sia-sia.

Demikian tulisan saya yang masih sangat jauh dari sempurna tentang 7 hal yang harus kita lakukan ketika ingin terjun ke dunia blogging atau biasa disebut seorang blogger. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada yang beum tersampaikan silahkan beri tambahan melalui kolom komentar.

Yang terahir saya minta kritik dan saran yang sifatnya membangun tulisan saya kedepannya. Jika anda seorang blogger yang belum berteman dengan rhodoy.com silahkan follow disini-> http://goo.gl/nZmkXk

100 komentar:

  1. keren gan, aku juga merasa sebagai blogger awalnya berat banget, di tolak sampe 2x, sempet putus asa, belajar trus, dan anggap blogging sebagai hobby baru, dan akhirnya setelah menjalani hampir 5 bulan, akhirnya impian tercapai, walaupun masih kecil, aku anggap sebagai anugerah, makasi buat tips nya, motivasi banget

    BalasHapus
  2. terima kasih atas tipsnya gan ternyata tahap tahap menjadi blogger sukses itu tahapannya panjang

    BalasHapus
  3. ini artikel bermanfaat bnget....,makin tambah smngat aja nih buat ngblog nya
    thank min udah ngasih ilmu nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Om, lanjutkan semoga kita semua sukses, Blogger Indonesia bisa.

      Hapus
  4. Jadikan blog itu sebagai buku, kalau hobi menulis dibuku pasti juga hobi ngeblog. Konten, Jaringan sesama blogger, dan konsisten beserta komitmen menurut ane paling penting gan.

    Terima kasih gan rhodoy telah memberikan tahapan untuk jadi blogger yang sukses! Ijin bookmark artikel ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Om, terimakasih juga sudah mau bookmark tulisan sederhana ini.

      Hapus
  5. Stay Fokus terhadap satu blog :)
    kelola dengan benar jika sudah stabil, lakukan itu terhadap yang lainnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Om, sekarang kebanyak juga blogger pemula buat blog banyak yang ahirnya semua terbengkalai.

      Hapus
  6. Terima kasih gan. Bermanfaat banget buat saya.

    BalasHapus
  7. Menjadi seorang blogger sukses memang butuh kerja keras. Persaingan tidak hanya secara profesional melainkan juga cara licik terkadang digunakan untuk menjatuhkan kinerja kita sebagai blogger pemula. Tapi barang siapa yang mampu menjaga konsistensi dalam berkarya melalui tulisan kayaknya tidak akan jadi masalah. Butuh ketekunan, ketelatenan dan kedisiplinan untuk menjadi blogger sukses. Karena blogger yang sukses tidak hanya dari tulisannya saja atau uang yang dia peroleh melainkan seberapa banyak dia berpengaruh kepada orang lain. Menjadikannya contoh dalam berkarya dan bertindak.

    Disiplin diri = disiplin waktu = disiplin berkarya = sukses = alhamdulillah amin

    wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Om, disiplin adalah salah satu kunci sukses dalam segala hal.

      Hapus
  8. Menjadikan Blogging sebuah hoby emang paling enak kalo udah dijalanin. Nah syarat biar Blogging jado Hoby menurut ane itu, cintailah menulis om, yakin dah semua tulisannya pasti berbobot hehehe (sotoy mode on)

    Salam
    Mugianto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Om, karena menulis dan ngeblog itu dua hal yang tidak terpisahkan.

      Hapus
  9. Iya gan ane jd hobi ngeblog sekarang daripd main game. Karena ngeblog banyak manfaatnya dan pastinya bisa menghasilkan uang haha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat Om, tetap selalu memberikan sesuatu yang bermanfaat dalam blog.

      Hapus
  10. bagi saya yg nomor 7 itu yg paling sulit, karena terkadang merasa bosen sendiri jadi susah konsisten. tp thanks informasinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya makanya saya buat paling terahir karena menurut saya juga itu hal tersulit. He hee

      Hapus
  11. Waduh kayaknya perjalanan gw sebagai blogger masih panjang banget ni, belom ada apa2nya. Emang sih waktu pertama kali ngeblog rsanya semangat banget, namun lama-kelamaan rasa bosanpun muncul, entah karena bingung nentuin artikel, kesel karena ditolak adsense berkali-kali, dsb. Namun hal tsb adalah tantangan dalam ngeblog, gw akan berusaha utk tetep jalanin hobi gw ii. Btw, thaks atikelnya gan, bener2 membangkitkan semangat nge blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Om, salurkan terlebih dahulu Hobi, setelah pasti akan ketemu jalan.

      Hapus
  12. saya menggunakan blog sebagai tempat curhat, maka semua kategori blog saya menggunakan kata curhat, misal tulisan terakhir saya masuk kategori curhat wisata, hihi

    tulisan saya ada yang berbayar, tapi sangat sedikit hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan berbayar itu yang saya suka Om, he hee

      Hapus
  13. Saya akan mengikuti keTujuh tahap ini supaya dapat menjadi Blogger yang Pro

    BalasHapus
  14. Kadang dikala ngeblog itu datanglah perasaan malas, letih dan berfikir bahwa semua ini akan sia sia. Tetapi melihat orang orang yang telah sukses dan membuat semangat kembali. tahapan tahapannya pun harus diperhatikan. Thanks gan infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga begitu Om dan saya pikir kita semua pasti pernah menemukan titik jenuh dan rasa malas, pada kondisi ini yang saya lakukan ada melakukan refreshing. Karena saya juga pencinta alam, biasanya saya ajak teman-teman naik gunung. He hee

      Hapus
  15. Makasih ya om sangat berguna sekali infonya sangat muantappp dan sangat puas nih saya membacanya karena dapat ilmu baru.

    BalasHapus
  16. Tips yang sangat bagus bagus buat para blogger, untuk ngeblog itu harus sabar, sama seperti membangun rumah dari nol, tidak bisa tercipta suatu rumah kalau tidak dikerjakan. Dengan ngeblog juga gitu harus tekun dan sabar untuk membangunnya sedikit demi sedikit. Pasti nanti akan memperoleh hasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mba, sedikit demi sidikit ya lama-lama menjadi bukit.

      Hapus
  17. benar banget gan,ane kalau ngeblogging itu ane jadikan sebagai hobi!!
    ane pernah denger hobi lama kelamaan bisa menghasilkan uang,semenjak ane denger itu!! ane makin semangat blogging gan XD

    BalasHapus
  18. Menjadi blogger adalah tahapan menebar kebaikan :D

    BalasHapus
  19. Tujuan awal ngeblog utk mendapatkan income atau tujuan lainnya, menurut saya itu hal yg relatif. Krn setiap org punya sudut pandang yg unik. Dgn perkembangan internet dan penerimaan posisi blog saat ini, bagi mereka yg skill menulisnya sdh mumpuni, dianggap hal mungkin utk menjadikan blogger sbg profesi, lebih dr sekedar hobi.

    #sekedar opini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mba, tapi saya pikir itu semua butuh proses. Dan menurut saya jika blogger dijadikan sebagai profesi di awal berarti ada kemungkinan untuk menjadi blogger gagal. Tapi kalau dijadikan hobi sampai kapanpun tidak akan pernah merasakan gagal ngeblog.

      Terimakasih sudah berkunjung Mba.

      Hapus
  20. Salam kenal ya, ngeblog itu menyenangkan dan harus dimulai dari bawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba karena kalau mulai dari atas namanya jatoh. He hee

      Hapus
  21. Hai, Rhodoy! Pertama, thanks sudah ngetag saya di FB related to this post. Kedua, saya hadir di sini untuk membaca tulisan kamu. Hehe. Tips yang menarik dan tentunya akan bermanfaat bagi blogger pemula dan menjadi pengingat bagi blogger lama [yang mungkin saking asyiknya ngeblog dan monetizing blog, jadi lupa deh balancing antara keduanya agar blog tetap terlihat dan terasa indah]. :)

    Salam kenal, ya!
    Alaika

    Oya, saya punya tips keren nih, coba pasang opsi Name/URL deh pada komentar, agar memudahkan pengunjung meninggalkan komentarnya. Jika opsi hanya dengan akun Google, justru akan mempersempit kesempatan bagi yang ingin meninggalkan komentar. Ga semua orang punya akun Gmail kan? Dan juga, opsi Name/URL akan memudahkan pemilik blog untuk berkunjung balik, lho! Coba deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya dan sudah berkenan membaca tulisan sederhana ini Mba. Dan terimakasih juga atas saranya yang keren, akan saya pertimbangkan.

      Hapus
  22. Terima kasih untuk tulisannya..menarik banget

    BalasHapus
  23. Senang bisa nambah temn dan nambah ilmu
    trims buat tipsnya ya ;)

    BalasHapus
  24. Makasih banyak atas tipsnya mas... saya mau jdi blogger yg sukses juga...

    BalasHapus
  25. Baru sempat berkunjung. Btw, Mamiku orang asli Lampung, aku menghabiskan masa kanak-kanak di BandarLampung. Dulu sekolahku di SD Teladan Pahoman.Sweet memory :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya Mba, Jadi ada darah Lampung nih Mba? Terus kapan ke Lampung lagi, barang kali mau berbagi ilmu gitu. He hee

      Hapus
  26. gak semua cara untuk sukses itu dengan instan, karena butuh waktu dan kesabaran yang tinggi dan suatu di akhir cerita jadilah blogger yang sukses, nice info kang

    BalasHapus
  27. amiin semoga saya sukses haha

    BalasHapus
  28. sangat bermanfaat ga kunjungijuga my-misstery1.blogspot.com

    BalasHapus
  29. Hmm sangat bermanfaat sekali brader infonya terima kasih ya muantappp sekali infonya.

    BalasHapus
  30. abis baca jadi termotivasi deh :D ,makasih gan post nya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  31. masih dlm tahap belajar tpi pngen sukses kyak om

    BalasHapus
  32. Keren nih bang Rhodoy, ajarin dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, ngajarin Om mah sama aja ngajarin bebek berenang. He hee

      Hapus
  33. yang terpenting itu menjadikan blog sebagai hobi gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Om, dan itu saya letakan di urutan pertama.

      Hapus
  34. Kalau saya kayaknya masih masuk blogger curhat hihihi. Terima kasih sharingnya Mas Rhodoy :D

    BalasHapus
  35. Makasih infonya Gan ...sangat bermanfaat u/ Newbie kyk saya

    BalasHapus
  36. yang enak itu emang hobi yang jadi duit

    BalasHapus
  37. Ijin belajar sama om rhodoy nggeh

    BalasHapus
  38. makasih tipsnya bang, kyk gini pasti butuh proses :)

    BalasHapus
  39. sudah sampai pada tahapan manakah kita?

    BalasHapus
  40. makasih gan tipsnya sangat membantu

    BalasHapus
  41. Terimakasih tips nya, ternyata harus ektra kerja keras untuk menjadi seorang blogger terpercaya.

    BalasHapus
  42. Salam kenal mas ...saya baru belajar membuat blog bolehkah saya menimba ilmu dari mas Rhodoy yang sudah lebih berpengalaman dalam dunia blogger karena kalau hanya sekedar membaca di internet spt nya susah untuk bisa menjadi blogger seperti mas Rhodoy karena di internet terlalu banyak tutorial yang membingungkan dan terkadang beda dengan 1 sama lainnya

    mungkin mas Rhodoy berkenan memberikan tutor cara ngeblog yang baik dan benar

    makasih atas info dan bacaan nya mas bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tutorial yang bertebaran di internet memang cukup banyak Om, tapi pengalaman saya sih fokus pada salah satu blog saja untuk belajar biar pikiran kita ga pecah dan jadi membingungkan.

      Hapus
  43. Membangun kepercayaan pengunjung dalam sebuah blog, bisa disebut menjaga kredibilitas, ane sependapat dengan ente.

    BalasHapus
  44. Salam kenal ka Rhodoy saya blogger baru dulu saya sering mengikuti kegiatan jurnalistik di sekolah sekarang saya ingin menimplementasikan kedalam blog catatan saya namun banyak sekali halangan yang diberikan oleh sebab itu mungkin kapan kapan ka Rhodoy bisa kasih masukkan untuk blog saya terima kasih. Salam WeeklyTechno13

    BalasHapus
  45. itu mungkin tipsnya agak kaku, menurut ane sih blogger itu harus fokus pada konten dan niche yg ia kuasai itu sih menurut saya. tapi kalo mau cepat ada cara instan dan tentu hilangnya juga akan instan. hehe

    BalasHapus
  46. Dulu-dulu, zaman orang ngeblog = totally curhat (maksudnya kayak diary online gitu), cuma bisa baca-baca sambil geleng-geleng. Iiiih.... kok pede-pede banget ya curhat di dunia maya? Tapi ke sini-sininya makin beragam ya. Yang curhat teteeeep curhat, yang informatif banyak, yang komersil juga banyak. :)

    BalasHapus
  47. Mulai semangat ngeblog lagi, moga kita sama2 jadi blogger sukses gan :)

    BalasHapus
  48. memang ngeblog yang terbaik adalah harus didasari dari hoby.
    thanks mas buat informasinya

    BalasHapus
  49. Makasih Gan atas infonya dan sangat bermanfaat postingannya

    BalasHapus
  50. Sebenernya point pentingnya adalah mau nulis dulu, suka dulu sama yang namanya nulis, supaya benar - benar ngeblog, bukan hanya sekedar cari uang, semoga makin banyak blogger yang memang blogger, semoga pada kreatif dan pada nggak salah kaprah lagi dengan adanya artikel ini. Intinya simple sih kalau mau sukses, ya harus produktif dan buat sesuatu yang bagus supaya dilihat dan disukai banyak orang.

    Btw,Sukses selalu Mas. :)

    BalasHapus
  51. Saya baru belajar blogging nih hehe...oya, Ngeblog menurut saya sih susah-susah gampang ya, susahnya ketika kita tidak punya passion, maka segala sesuatunya akan menjadi susah dan terasa berat salah satunya penentuan topik(kasus saya nih wkwkwk). Dan gampangnya, ketika kita memiliki motivasi yang kuat kenapa kita mau menjadi seorang blogger, sehingga maksud dan tujuannya akan jelas terarah, dengan demikian kegiatan menulis/blogging-pun akan terasa sangat menyenangkan. komitmen, konsisten, motivasi. that's it! hehe...

    Salam kenal bang,
    Aji Susanto.

    BalasHapus
  52. Alhamdulillah sudah hampir 1,5 tahun saya ngeblog.Walaupun belum banyak menghasilkan uang,namun kerja keras saya membuah hasil yang cukup lumayan yaitu tulisan saya dapat dibaca oleh banyak orang.Pada awalnya memang rasanya sangat berat karena harus menulis artikel,mempromosikan blog,dll.Banyak masalah yang sudah dilewati dan memang untuk menjadi blogger yang sukses butuh kesabaran dan kerja keras yang tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutkan Om, sukses itu juga tergantung dari proses.

      Hapus
  53. Bisa menjadi koreksi bagi saya untuk lebih iklas berbagi informasi dengan para pengunjung website saya. Walaupun memang mengenai mengejar earning juga diutamakan, tapi tanpa keikhlasan dalam ngeblog, tidak akan ada kebersinambungan didalamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Om, sukses untuk kita semua Blogger Indonesia

      Hapus
  54. Keren gan, bahasa dan gaya penulisan nya mudah dipahami... semoga sukses ya :D

    BalasHapus
  55. wah terima kasih gan postnya, ane jadi tahu kalo jadi blogger sukses itu gak gampang...tapi jadi makin semangat ngeblog setelah baca artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung Om, Blogger Indonesia harus tetap semangat. Banyak kok yang sudah sukses.

      Hapus
  56. Meng Inspiraisi, keren poko'nya, salam kenal gan, kalau kata mas ANDI HIDAYAT yang penting harus suka nulis dulu, yups aku setuju, memang kalau blogging dan menulis sudah menjadi hobi dan knsisten menjalankannya, maka semuanya akan menjadi lancar dan akan mendapatkan kepuasan perasaan yang nyaman tentunya, saya rencana akan mebuat blog dengan tema leadership dan management karena mungkin itu adalah hal yang saya sering dan suka saya pelajari. minta saran kira2 nama blog/webnya apa gan?

    oh iya gan, saya juga punya usaha jasa desain boleh dicek di link jasadesain76.com
    saya tunggu balasannya di email helmivictor@gmail.com kuatirnya lupa buka web rhodoy ini, he he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Om sudah bersedia membaca tulisan ini, nanti saya kirim email untuk ngobrol-ngobrol.

      Hapus
  57. Isinya benar-benar jelas, padat, dan tentunya mudah dimengerti juga. Masih baru dalam dunia blog dan belum memikirkan soal uang yang akan datang, karena komitmen membuat blog hanya ingin berbagi saja kepada sesama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memberikan sesuatu yang bernilai manfaat tidak akan ada ruginya, bahkan lansung atau tidak lansung suatu saat kita akan menuai hasil dari itu. Sukses selalu untuk kita semua.

      Hapus
  58. selamat pagi pak.
    mau tanya.
    adakah tips khusus untuk mengelola web yang menggunakan bahasa inggris?
    saya sudah sekian lama develope web makanan bahasa inggris.
    koq agak susah naik yah...heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum, menurut saya untuk mengembangkan blog dengan nice tertentu kita harus banyak mengikuti atau bergabung di forum-forum yang membahas nice tersebut sehingga kita bisa menemukan hal-hal yang memang dibutuhkan saat ini. Kita memberikan informasi sebagus apapun kalau tidak ada yang membutuhkannya tentu akan sia-sia.

      Selain itu juga riset keyword sangat penting untuk menjaring trafik dari google. Pada umumnya blogger profesional yang ingin mengembangkan blog dengan nice tertentu tahapannya dimulai dari riset keyword sebelum menbuat blog.

      Hapus
  59. Terimakasih Motivasinya mas, Oh iya mas mau tanya,
    Blog yang baik tu fokus satu bahasan artikel apa campur ya,
    Terimakasih

    BalasHapus
  60. Memang untuk memulai ngeblog apalagi prospek ke uang akan dirasa susah, tapi ada juga yang instan dan butuh modal pastinya, bukan begitu bos. salam kenal mas :)

    BalasHapus
  61. Mohon saran untuk blog loker visitor relatif stabil tapi earningnya ngesot
    ada tips gak kang rhodoy?

    BalasHapus
  62. saya paling kerasa itu yang poin pertama : HOBI.
    sebelumnya sudah pernah bikin blog, tapi karena maksain jadinya mangkrak dan mati.
    kalau gak minat, mau bikin blog apa aja susah, kalaupun bisa hasilnya naik turun..

    BalasHapus
  63. Maaf mas saya baru jadi blogger,,, Pada awalnya saya ngeblog karna iseng2 atau sekedar hobi saja.. kirain saya ngeblog itu mudah tapi kenyataan berbeda banyak tahapan yang harus dilalui seperti artikel yang diatas... tapi karna tdk ada paksaan dari org lain.. itu yang membuat saya sampai sekarang tetap semangat menulis..

    Oh ya mas aku mau Tanya
    Apakah artikel seputar olahraga sulit bersaing dengan artikel seputar tips and tricks, DLL???

    Terima kasih

    BalasHapus
  64. Keren om. pingin juga sukses jadi blogger. Tapi bingung mau mulai dari mana dan mengenai apa.

    BalasHapus
  65. btw terimakasih 7 tahapan suksesnya. Tp Muungkin lbh ke motivasi saja ya om? btw kalo teknisnya gmna ya om?

    BalasHapus
  66. trimakasih untuk nasihat dan sarannya gan, jadi termotivasi kembali :)

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.