Rhodoy R. Ediyansyah

Selasa, 25 Juli 2017

Ketika Blogger Rumahan Ngomong Soal Rezeki Dari Hobi Ngeblog

Saya sering dan senang ngobrol tentang rezeki dengan teman-teman ketika sedang ngumpul. Terlepas dari katanya “rezeki sudah ada yang atur”, tapi apakah rezeki akan datang tanpa kita bisa mengatur usaha dan doa? Saya yakin kita sepakat tidak ada hasil tanpa usaha termasuk didalamnya doa. Atas dasar ini saya mencoba menulis sedikit saja tentang bagaimana rezeki itu bisa datang.

Ada banyak hal yang menjadi “alasan” kenapa seseorang rezekinya lancar, tapi paling tidak beberapa hal yang akan uraikan ini merupakan yang paling mendasar menurt saya pribadi. Kenapa saya katakan demikian? Karena ini yang saya yakini selama ini. Bukan berarti saya mengatakan rezeki saya lebih banyak dari pada anda yang membaca ini, tapi lebih kepada rasa syukur atas apa yang selama ini sudah diberikan oleh Allah SWT dengan cara berbagi pengalaman.

Blogger
Bersama Mas Purwaka/Blontank Poer
Saya bukan pegawai negeri ataupun karyawan swasta yang pergi pagi pulang sore menjalani rutinitas di kantor dan memiliki gaji tetap setiap bulanan. Melainkan hanya seorang buruh digital yang sehari-hari lebih sering bangun siang. Kegiatan sehari-hari juga hanya didepan komputer diatas meja kerja di kantor Rhodoy Network yang masih nebeng di sebuah ruangan rumah pribadi.

Berawal dari hobi berselancar di internet, kemudian berkenalan dengan mahluk aneh yang namanya Blog. Dari perkenalan itu saya merasa sebuah kebanggan tersendiri memiliki web blog sendiri hasil berguru dengan Mbah Google dibeberapa warnet langganan. Entah apa alasannya, yang jelas sampai saat ini kesan pertama memiliki blog sendiri pada tahun 2011 lebih indah dari pada hari pertama memasuki perguruan tinggi pada tahun 2007 silam.

Selama setahun tahun menghabiskan uang di warnet untuk ngotak-atik blog, kemudia pada tahun 2012 saya mendengar kabar kalau sebuah blog itu bisa menghasilkan uang. Kemudian berguru ilmu baru dengan Mbah Google tentang cara menghasilkan uang dari blog, kalau bahasa kerennya Upgrade Ilmu. Dari sekian banyak ilmu cara mendapatkan uang dari blog, saya pokus pada satu cabang ilmu yaitu jaringan periklanan Pay Per Click atau PPC.

Setelah beberapa lama mempelajari ilmu PPC kemudia saya mendaftar salah satu PPC lokal ternama waktu itu. Untuk melengkapi proses pendaftaran saya harus memiliki rekening. Kemudian saya bermaksud membuat rekening bank swasta ternama di Indonesia tapi terkendala dengan KTP, maklum KTP saya masih alamat kampung halaman. Ahirnya saya buat rekening atas nama teman dekat yang sekarang menjadi istri saya karena asli warga Bandar Lampung. Alhamdulillah rekening tersebut masih saya pakai hingga saat ini.

Berapa penghasilan dari PPC lokal pertama yang saya ikuti? Zonkk, karena belum sempat mencapai ambang batas pendapat untuk PO sudah di banned. Kemudian tanpa putus asa saya mendaftar PPC lain dan sempat beberapa kali PO yang sebenarnya untuk mengembalikan biaya warnet saja belum cukup. Bahkan waktu itu pernah juga membeli akun google adsense yaitu program PPC dari google yang merupakan PPC terbesar didunia. Tapi tidak lama kemudia kena banned juga, menyedihkan ya ceritanya.

Nah, selang dua tahun kemudian saya mencoba beberapa program periklanan cost per mille atau CPM luar. Untuk melengkapi pendaftaran sama seperti proses pendaftaran PPC lokal sebelumnya, saya juga dituntut untuk memiliki rekening. Tapi kali ini berbeda, bukan rekening bank melainkan sebuah alat pembayaran online terbesar didunia yaitu paypal. Dari sini saya mulai merasakan hasil jerih payah menjalani hobi ngeblog yang sudah berjalan selama tiga tahun sejak tahun 2011 silam. Kemudian diahir tahun 2014 ini juga saya mengikuti program periklanan Paid Per Download atau PPD.

Dari dua sumber rezeki itu saya sudah belajar mandiri dengan membiayai kebutuhan sehari-hari mulai dari kontrakan hinggan jatah untuk perut setiap hari serta menyelesaikan kuliah yang masih tersendat secara mandari. Selain itu juga sudah bisa memiliki alat tempur sendiri sehingga tidak bergantung dengan warung internet lagi.

Pada tahun 2015 saya menambah sumber penghasilan dengan berjualan backlink disalah satu forum internet marketing terbesar di Indonesia karena penghasilan dari CPM sudah berkurang dan mulai saya tinggalkan satu per satu. Ditahun ini saya lebih fokus pada program PPD dan aktif jualan backlink sekalisgus brokerin beberapa blog teman-teman (inilah cikal bakal Rhodoy Network yang menjadi bisnis utama saya saat ini). Selain itu juga ditambah dari program periklanan PPC google adsense yang saya rintis sejak pertengahan tahun 2014. Dari tiga sumber penghasilan ini selain untuk biaya hidup saya pribadi, saya juga membantu untuk biaya hidup dan kuliah adik saya yang baru memasuki salah satu perguruan tinggi di Lampung.

Memasuki tahun 2016 saya masih dengan kebutuhan yang sama yaitu saya dan adik sementara pendapatan dari PPD sudah mulai menurun sehinggan fokus pada jualan backlink dan brokerin sponsored post blog teman-teman serta tambahan dari adsense yang belum maksimal. Di akhir tahun 2016 tepatnya 16 Oktober saya menikah, Alhamdulillah segala sesuatu kebutuhannya bisa saya tutupi dari rezeki yang diberikan-Nya melalui dunia Blogging.

Tidak lama setelah menikah saya mulai berpikir lebih keras bagaimana cara menjemput rezeki untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Ahirnya saya memutuskan untuk fokus dan serius mengembangkan bisnis jualan backlink yang saya geluti sejak tahun 2015 lalu. Kemudian saya mendirikan Rhodoy Network, sebuah agency yang fokus menghubungkan blogger Indonesia dengan berbagai perusahaan atau brand yang ingin meningkatkan barandin produk dan SEO dengan konsep Sponsored Post. 

Kantor Rhodoy Network
"Kantor" Rhodoy Network
Dalam menjalankan project Rhodoy Network saya dibantu oleh beberapa orang tim termasuk Content Writer yang handal dalam menulis artikel berkualitas. Hinggan saat ini Rhodoy Network sudah berkerjasama dengan puluhan perusahaan skala nasional termasuk yang sudah go Internasional. Dan untuk mendukung berjalannya kerjasama tersebut, Rhodoy Network juga berkerjasama dengan ratusan blogger profesional dengan ribuan database blog berkualitas. Terimakasih banyak buat teman-teman blogger atas dukungannya.

Hingga sampai di tahun 2017 tepatnya waktu saya menulis ini sudah dirumah kami (saya dan istri) yang kami beli di awal tahun hasil dari Rhodoy Network. Meskipun masih berhutang dengan Bank, minimal setiap hari kami merasakan berteduh dibawah hasil keringat kami sendiri.

Inti dari sedikit cerita tentang perjalanan saya menggeluti dunia blogging kita kembalikan ke topik diawal yaitu rezeki. Beberapa pelajaran yang saya petik dari pengalaman tersebut diantaranya;

Pertama, tidak ada pekerjaan yang lebih menjanjikan dari pada hobi yang kita miliki. Sebagus dan sebesar apapun pendapatan kita atas sebuah pekerjaan, kalau tidak kita sukai maka tidak akan membuah hasil yang memuaskan. Itulah kenapa para trainer dan motivator selalu berpesan kepada karyawan untuk mencintai pekerjaannya. Sebaliknya, sekecil apapun pekerjaan yang kita geluti kalau itu berangkat dari hobi kita. jangankan mendapatkan penghasilan besar, tekor juga kita sudah senang menjalaninya. Namanya juga hobi.

Kedua, jalani hobi dengan memberikan manfaat untuk orang lain. Saya yakin semua orang termasuk anda yang sedang membaca tulisan ini percaya bahwa semua rezeki (yang halal) akan datang melalui kegiatan yang bermanfaat untuk orang lain. Boleh anda membayangkan rezeki akan datang ketika anda sedang tidur, tapi itu bagi saya mustahil karena meskipun tidur ada manfaatnya itu hanya untuk diri sendiri. Kalaupun ada orang yang datang bermaksud memberi uang saat kita tidur pasti karena ada sebab lain.

Ketiga, sebagai tambahan yaitu iringi usaha dan do’a dengan sedekah. Mengapa harus senantiasa sedekah? Karena menurut saya dan semoga anda yang membaca ini juga sepakat bahwa semua yang kita miliki terdapa hak orang lain. Apabila kita sedang memiliki kebahagiaan, maka berbagilah senyum dengan orang disekeliling. Makna berbagi senyum secara luas yang saya maksud adalah tidak sombong. Begitu juga dengan ilmu, jika kita memiliki pengetahuan pada sebuah bidang yang kita kuasai jangan sungkan untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan dan ingin belajar. Apalagi kalau kita mendapatkan rezeki dalam bentuk harta atau uang, itu sudah jelas dalam agama (Islam, kurang paham kalau dalam agama lain) tentang hak orang lain yang terdapat didalamnya.

Pada kesempatan ini juga saya ingin menyampaikan sebuah rencana untuk mengadakan semacam kelompok belajar atau apapun namanya. Intinya saya ingin mengajak anak muda khususnya yang berada di Bandar Lampung untuk belajar ngeblog bersama di kantor Rhodoy Network secara gratis. Mohon doa supaya rencana saya ini segera terealisasi.

Blogger
Sok eksis bersama Hengky Kurniawan
Demikian cerita singkat perjalanan saya menekuni hobi ngeblog yang dibumbui dengan bicara soal rezeki, semoga bermanfaat untuk kita semua. Perlu saya tegaskan juga bahwa semua isi tulisan ini adalah pengalaman dan pendapat pribadi, apabila ada perbedaan pendapat itu merupakan bagian dari keberagaman yang harus kita hargai dan hormati.

Yang terakhir saya minta kritik dan saran yang sifatnya membangun tulisan saya kedepannya. Jika anda seorang blogger keren yang belum berteman dengan rhodoy.com silahkan follow dulu biar tambah akrab.

41 komentar:

  1. sangat inspiratif, gw pun sebenernya ngeblog dari tahun lalu dan sampe sekarang masih doyan ngeblog. emang gak mudah mendapatkan uang dari blog maupun media apaapun yang penting kita jangan mernyerah dan tetap semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar On, kuncinya konsisten dan itu berlaku untuk semua jenis pekerjaan.

      Hapus
  2. sangat inspiratif sekali pak dan semoga saya juga bisa mengikuti langkah yang bapak geluti yaitu bisa menghasilkan pendapatan dari hobi ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin saja sebuah proses pasti akan membuahkan hasil Om.

      Hapus
  3. Mantap mas, mas hengki tu juga blogger mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketemu Hengky diacara meet and greet saat soft launch bisnis kulinernya di Lampung Om

      Hapus
  4. 2007 masuk PT, saya 2008, hanya terpaut 1 tahun. Tapi main blog tahun 2014 akhir dan serius 2016 dengan keyakinan bahwa blog bisa menghasilkan dan menghidupi. Jadi sejak fokus saya gak ada minat cari kerja, walau pendapatan masih pas pasan. Saya maerasa sudah menemukan passion dan impian dalam blog yang saya kelola. :) ^_^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah menemukan passion, maka tugas selanjutnya adalah konsisten dan fokus Om. Kata orang sih begitu.

      Hapus
  5. Mulai saat ini baru mulai mau jadi blogger yang sejati gan dan ingin belajar lebih juga tentang dunia blogging seperti yang dikatakan agan Upgrade Ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar adalah tugas wajib kita hingga akhir dari kehidupan didunia Om, katanya sih gitu.

      Hapus
  6. inspiratif sekali, untuk sebuah kesuksesan awalnya memang sulit.

    pekerjaan apa yg lebih menyenang, selain bekerja sekaligus hobi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa kita semua sepakat kesuksesan berawal dari susah Om, lain cerita kalau dikasih warisan perusahaan.

      Hapus
  7. Hal yang paling seru dalam Ngeblogging ialah bisa membagikan ilmu dan motivasi. Nice ceritanya gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbagi ilmu dan motivasi juga bermanfaat untuk orang lain, yakin saja tidak akan sia-sia Om.

      Hapus
  8. Sungguh kisah yang sangat luar biasa. Saya sendiri ngeblog baru 2 tahun ini dan ada negitu banyak hal baru yang saya dapatkan. Dan satu hal yang paling membahagiakan menurut saya, ketika kita berbagi cerita, berbagi pengalaman, selalu saja ada orang yang membacanya dan mensupport atas apa yang saya lakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itulah salah satu timbal balik dari apa yang kita lakukan jika bermanfaat untuk orang lain Om.

      Hapus
  9. Ane jadi termotivasi banget dengan cerita agan, saya juga sudah mengeluti yang namanya blogging sejak beberapa tahun yang lalu dan bahkan dah bikin beberapa blog tapi salah satu hal yang bikin ane gagal adalah malas tapi setelah dengar cerita agan ane jadi termotivasi banget.

    BalasHapus
  10. Cerita yang sangat menginpirasi sekali om, kebetulan saya baru belajar ngeblog.

    BalasHapus
  11. Saya juga sempat berharap banyak untuk bisa menghasilkan uang dari internet, terutama dalam dunia blogging. Selain pembaca mendapat informasi yang dicari, pemilik blog bisa mendapatkan uang dengan monetasi trafik.

    Ingin sekali rasanya saya menjadi full-time blogger, namun belum saatnya hehe...

    Hal yang harus dilawan saat menjadi seorang blogger cuma satu sih menurut saya, yaitu rasa malas

    BalasHapus
  12. Sangat menginspirasi bang,,semoga saya bisa mengikuti jejak kesuksesan mas

    BalasHapus
  13. Saya yakin bahwa setiap tulisan akan menemukan takdirnya sendiri. Ngeblog asyik dapat duit? Why not? Meskipun masih recehan, alhamdulillah biarpun sedikit sudah merasakan dari ngeblog.

    Tapi yang jelas, harus konsisten nulis. Soal duit, itu bonus dari Alloh. Betul? ��

    BalasHapus
  14. mantap mas, artikelnya bahasanya enak dibaca
    gak ngebosenin

    BalasHapus
  15. Salam kenal nih bro, dari saya pengalamanya cukup mengharukan. Semoga lancar rejekinya bro.Semangat.

    BalasHapus
  16. Keren banget mas bisa ngehasilin dari blog secara penuh waktu. Jujur saya masih angin2an dan saya baca kisah masnya saya ngerasa termotivasi buat terus berusaha dan konsisten buat ngeblog

    BalasHapus
  17. Membaca tulisan ini jadi teringat perjuangan saya selama ini.

    Kesamaan dari kita adalah:
    1. Sama-sama memulai blogging sebagai hobi
    2. Sama-sama ngewarnet untuk ngeblog, walaupun sekarang kita udah punya "amunisi sendiri" di rumah.

    Perbedaan kita adalah:
    1. Mas Rhodoy sudah berpenghasilan dari blog sedangkan saya belum :D

    Tapi nggak apa-apa, selama kita bikin konten berkualitas dan menekuni hobi ini sebagai salah satu ajang berbagi ilmu, saya rasa suatu saat nanti akan menghasilkan sesuatu yang manis :)

    BalasHapus
  18. Wah hebat ikh. Memang benar tak ada yang namanya kesuksesan tanpa kerja keras di dalamnya. Terima kasih untuk ceritanya. Klo sarannya tulisannya masih ada yang typo. Udah cuma gitu aja. Semangat dan good luck ya. Smga rizkynya berkah

    BalasHapus
  19. saya sepakat dengan bang Rody keuntungan dan kebanggaan ketika hobi jadi profesi dan menghasilkan pundi rezeki terima kasih telah berbagi

    BalasHapus
  20. Luar biasa perjuangannya master hhe, jadi termotivasi nih pengen ngembangin blog saya juga.. Yang pasti harus berusaha keras dan berdoa, mntbbb

    BalasHapus
  21. Benar sekali gan,,,walaupun saya baru setahun dlm dunia blogging sekarang saya senang karena dalam tulisan dpt memberikan informasi yg bermanfaat buat orang lain adalah sebuah kebahagiaan yg tak ternilai dari uang.

    BalasHapus
  22. Hasil tergantung dari prosesnya, memang benar tanpa usaha dan doa rezeki tidak akan datang dengan sendirinya, maka dari itulah sambutlah rezeki dengan keringat dan usaha kita dan jangan anggap ngeblog itu sebagai pekerjaan berat namun anggaplah ngeblog itu sebuah hobbi yang bisa menghasilkan.

    BalasHapus
  23. Penulisanya bagus dan kata-katanya juga baku . .
    Ane harus banyak belajar dari suhu nih . Agar supaya terus semangat dan banyak ide dalam pembuatan artikel yang bagus kaya ini .
    Minta motivasinya suhu buat ane ke depannya

    BalasHapus
  24. Wah cerita yang menginspirasi mas... eh iya saya sempat beberapa kali dapat job dari Rhodoy Network. Ternyata gitu ya perjalanannya. Mantap. Terus berbegi mas... ditunggu. :D

    BalasHapus
  25. jadi cerita ini sangatlah menginspirani ane. semoga ane dapat menyusul agan. biar merasakan rezeki online itu kayak + menjadikan hobi untuk ngeblog. makin membara habis lihat artikelnya.

    BalasHapus
  26. cerita yang menyentuh di mana mas rhodoy harus memulai dari bawah dan setiap kegagalan pernah dirasakan. Saya salut dengan perjuangan keras mas dan juga menginspirasi banyak orang.

    BalasHapus
  27. Menginspirasi sekali,om. Jadi inget pas awal punya blog. Saat itu blm ada hp android. Saya juga bolak balik warnet. Penasaran ngotak ngatik blog. Sampe mau tidur masih mikirin blog. Bayangin tema nya, bayangin gimana caranya supaya artikel kita ada bacaan read more nya. Ahahaha. Sukses selalu om

    BalasHapus
  28. Sangat begitu menginspirasi tulisan tulisan abang rohody ini, Semoga muda-mudi sekarang bisa belajar dari abang rhodoy ini.

    BalasHapus
  29. menginspirasi sekali mas.. saya jadi tambah semngat untuk sukses seperti mas. saya follow yah. salam kenal

    BalasHapus
  30. ass. setelah saya membaca beberapa artikel yang membahas seputar penghasilan seperti dari blog, memang bersedekahlah ( bersyukur dan doa ) yang harus kita perbanyak, itu seperti income yang pasti dari allah, selain memberikan ilmu yang kita punya. karena jika tuhan berkehendak, rezeki bisa datang darimana saja. Terima kasih gan dengan artikel yang agan tulis ini, mengingatkan saya kembali pada inti dari hakikat bersyukur tawakal dan ikhtiar.

    BalasHapus
  31. Aslmkm.. keren perjalanan yang sangat memberi pelajaran dan semangat,, menginspirasi pembaca terutama pemula seperti saya, walaupun belum banyak mengerti dengan istilah-istilah asing yang dicantumkan. sepertinya saya perlu belajar ni pada kiyay.. salam kenal sakeli

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.