Enter your keyword

Sabtu, 22 April 2017

Trik Sederhana Uji Keaslian Minyak Zaitun

rhodoy.com - Minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang sudah tidak diragukan lagi manfaat dan khasiatnya untuk tubuh manusia. Harga minyak zaitun pun dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga dapat dibeli oleh setiap kalangan masyarakat. Banyak masyarakat yang menjadikan minyak zaitun sebagai bahan alternatif untuk menyembuhkan penyakit, selain itu minyak zaitun juga sangat terkenal di kalangan wanita sebagai salah satu bahan alami yang dapat dijadikan sebagai perawatan kecantikan serta sebagai salah satu bahan pelengkap ketika memasak.

Minyak Zaitun
Ilustrasi
Minyak zaitun yang dijual di pasaran terdiri dari 3 jenis yakni Minyak zaitun sulingan, minyak zaitun extra virgin, minyak zaitun murni.

 

Minyak Zaitun Sulingan

Minyak zaitun sulingan merupakan jenis minyak zaitun yang dibuat dengan menggunakan cara atau proses penyulingan lanjutan setelah proses pertama. Minyak zaitun jenis ini memiliki ciri khas di warnanya yang tampak kekuningan. Umumnya jenis minyak zaitun sulingan digunakan untuk memasak atau menumis makanan. Kamu bisa menemukannya di beberapa pusat perbelanjaan dengan harga minyak zaitun yang cukup terjangkau.

 

Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak zaitun jenis ini biasanya dibeli masyarakat untuk langsung dikonsumsi. Kadar minyaknya yang lebih rendah membuat minyak zaitun jenis ini tidak disarankan untuk digunakan sebagai bahan makanan untuk menggoreng atau menumis. Jenis minyak zaitun extra virgin ini memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam dari jenis lainnya dan memiliki warna yang agak kehijauan. Kamu bisa membelinya di pusat perbelanjaan atau di apotek dan agen – agen herbal dengan harga minyak zaitun yang cukup murah. Pastikan kamu melakukan uji keaslian sebelum membelinya.

 

Minyak Zaitun Murni

Ciri khas dari minyak zaitun murni ialah memiliki warna hijau kekuningan. Kamu bisa menggunakannya untuk memasak dengan proses pemanasan yang tidak terlalu lama, selain digunakan untuk memasak kamu bisa menggunakannya untuk perawatan kecantikan atau untuk merawat kulit . Jenis minyak zaitun murni ini biasanya adalah hasil proses lanjutan dari minyak zaitun jenis extra virgin. Harga minyak zaitun murni umumnya memiliki harga yang lebih ramah dibandingkan dengan jenis minyak zaitun sulingan dan minyak zaitun extra virgin.

Setelah kamu mengetahui jenis – jenis minyak zaitun diatas, kamu bisa menentukan pilihan jenis minyak zaitun apa yang akan kamu beli. Hati – hati dengan minyak zaitun yang memiliki harga minyak zaitun murah namun kualitasnya jelek. Bagaimana cara uji keaslian minyak zaitun ? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.
  • Ambil satu sendok minyak zaitun dan letakan di telapak tangan, gosok – gosok selama lebih dari 1 menit. Bila kamu mencium aroma yang kuat d telapak tangan dan merasakan panas di telapak tangan. Hal ini membuktikan bahwa minyak zaitun tersebut asli.
  • Cicipi minyak zaitun sambil dihirup atau seperti menyeruput. Minyak zaitun dengan harga minyak zaitun dan kualitas yang asli akan memiliki rasa yang pahit serta terasa pedas dan memiliki struktur yang sama dengan kandungan biji bunga matahari.
  • Ketika ditelan minyak zaitun yang asli tidak akan meninggalkan rasa yang kuat di mulut melainkan di belakang tenggorokan.
  • Minyak zaitun dengan kualitas yang tinggi umumnya memiliki kemasan botol dengan warna yang gelap karena akan melindungi minyak dari paparan sinar matahari.

Itulah beberapa sajian informasi terkait cara dan tips untuk menguji keaslian dari minyak zaitun. Jangan tergoda dengan harga minyak zaitun yang dibandrol dengan nilai yang rendah dari pasaran. Umumnya hal ini dilakukan penjual untuk mengecok pembeli. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan membantu menemukan solusi yang tepat. (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.