Enter your keyword

Minggu, 07 Agustus 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi BBM Pending Ceklis

Siapa yang tidak kenal aplikasi Chatting Blackberry Messenger di era sekarang ini. Aplikasi yang bekerja sebagai penghubung antar pengguna aplikasi ini dengan yang lainnya hingga tanpa batasan keberadaan penggunanya. BBM merupakan program percakapan singkat yang memiliki kemampuan super cepat dalam hal pengiriman. Aplikasi yang sudah dapat dikatakan universal ini juga nyaris diminati hampir seluruh pengguna telepon genggam karena cara kerjanya yang tidak rumit. Berbeda dengan program-program sosial media lainnya, seperti Facebook atau Twitter yang membutuhkan login ketika akan membukanya. Begitupun dengan penyedia-penyedia pengiriman E-Mail yang akan direspon tidak dalam waktu dekat. Dengan hanya menginstal BBM sekali maka kita tidak lagi repot-repot untuk login atau proses rumit lainnya. BBM yang sudah terinstall akan berbentuk seperti program pengiriman pesan singkat. Bedanya, jika SMS dibutuhkan pulsa dan nomer yang ingin ditujukan sedangkan BBM hanya koneksi internet dan kontak yang sebelumnya telah diterima oleh orang lain.

BBM Pending
BBM Pending
Tidak hanya di platform telepon dari pemilik Blackberry Messenger itu sendiri yaitu Blackberry Phone, kini aplikasi BBM sudah dapat dinikmati di hampir semua jenis telepon bersistem operasi Android. Bahkan komputer sekalipun dapat menginstalasi aplikasi Chatting ini menggunakan bantuan software lainnya. Memang bukan lagi sebuah aplikasi baru, BBM sudah seperti identitas seseorang di dunia maya untuk melakukan komunikasi. Hanya memerlukan Pin yang menjadi ID setiap pengguna BBM kita sudah bisa melakukan kontak bicara dengan orang lain.

Permasalahannya kini adalah, semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi ini akan semakin membuat rusak sistem yang ada itu sendiri. Dikarenakan sangat populer BBM kini menampung sangat banyak pengguna telepon dari seluruh dunia. Banyaknya orang yang ada dalam aplikasi ini akan membuat BBM itu sendiri menjadi lambat dalam menjalankan sistemnya, seperti lama dalam mengirim pesan atau lebih dikenal dengan simbol ceklis, bahkan pula sering mengalami pending yang akhirnya mengalami kegagalan mengirim. Penyebab yang paling dasar sebenarnya adalah karena banyaknya pengguna. Selain itu ada juga peran provider serta platform yang menjadi penyebab BBM tidak berjalan dengan semestinya. Oleh karena  kita perlu mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi BBM Pending Ceklis agar tetap bisa berkomunikasi dengan lancar melalui aplikasi BBM.

Penyebab BBM Pending atau Ceklis, beberapa penyebab kelambanan aplikasi BBM bisa disimpulkan atas faktor-faktor berikut:

1.    Banyak menampung aplikasi dalam telepon
Sebenarnya jika penggunaan RAM tidak sesuai dengan kemampuan yang ada akan membuat aplikasi-aplikasi itu sendiri akan bekerja tidak maksimal, tak terkecuali program BBM. Sistem BBM akan terganggu karena CPU terbagi untuk banyak aplikasi. Ketika digunakan, BBM akan lambat baik dalam menerima pesan ataupun mengirim. Terlebih jika menggunakan aplikasi lebih dari tiga sekaligus telepon bisa dipastikan akan bermasalah seperti CPU yang panas dan penggunaan BBM pun akan mengalami hang atau tidak normal.

2.    Koneksi internet
Koneksi internet berperan penting dalam penggunaan BBM. Aplikasi yang notabene membutuhkan internet sebagai konektornya ini haruslah dalam kondisi baik. Jika koneksi internet bermasalah seperti sinyal yang tidak maksimal dan kouta yang tidak ada maka BBM akan terganggu dan sistemnyapun akan bekerja di bawah stSahabatrd, inilah penyebab mengapa pengiriman pesan berstatus pending.

Untuk mengatasi permasalahan BBM Pending atau Ceklis,  berikut ini beberapa solusi untuk para sahabat sekalian menggunakan aplikasi ini dengan nyaman dan sentosa, hahaha. Berikut solusi yang mungkin berguna:

1.    Meneliti aplikasi-aplikasi yang terinstall
Diharapkan bagi para sahabat untuk memperhatikan aplikasi-aplikasi yang sahabat install di telepon genggam sahabat. Jika RAM yang sahabat miliki besar gunakanlah aplikasi-aplikasi yang secukupnya dengan tidak mempersempit ruang yang menyebabkan semua aplikasinya menjadi lambat. RAM yang kecil pada dasarnya hanya memberlakukan untuk beberapa aplikasi saja dan tidak diperkenankan sebagai telepon bermain game. Jika RAM kecil saja dipakai untuk bermain game maka besar kemungkinan semua aplikasi yang terinstall akan mengalami hang, parahnya telepon sahabat sendiri bisa rusak karena mengalami disfungsional. Solusi yang perlu sahabat lakukan adalah menguninstall aplikasi-aplikasi yang dirasa tidak diperlukan atau hanya dipakai sesekali. Pastikan aplikasi yang sahabat install adalah aplikasi yang sangat sahabat butuhkan seperti sebagai alat komunikasi ataupun teman kerja. Lainnya adalah coba hapus cookies pada setting program.

2.     Memperhatikan koneksi internet
Solusi pertama jika benar permasalahan kelambatan BBM ada pada jaringan internet yang buruk, coba sahabat ganti provider kartu yang sedang sahabat gunakan. Mungkin karena provider tersebut tidak menyampai sinyal yang baik pada lokasi wilayah sahabat.

Solusi lain adalah mengubah setting pada pengaturan koneksi, berikut langkah-langkahnya:
  • Pergi ke setting lalu pilih menu Wireless & Network -> Mobile Network.
  • Pilih menu APN lalu akan muncul daftar settingan APN sesuai dengan operator yang pernah sahabat gunakan.
  • Kemudian pilih salah satu APN yang kosong dan pastikan slot proxy serta port tidak diisi apapun alias kosongkan, jika ada silahkan hapus.
  • Terakhir silahkan sahabat save atau simpan pengaturan yang telah dirubah.

Silahkan sahabat kembali membuka aplikasi BBM untuk mengecek apakah sudah kembali normal dan tidak lagi pending proses pengiriman pesannya.

Yang terahir sebagai penutup, saya minta kritik dan saran yang sifatnya membangun tulisan saya kedepannya. Jika anda seorang Blogger Keren yang belum berteman dengan rhodoy.com silahkan follow disini-> http://goo.gl/nZmkXk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.