Enter your keyword

Minggu, 30 Oktober 2016

Cara Mudah Service Ps3 di Rumah

rhodoy.com - Kerusakan pada PS3 yang paling sering ditemui disebut sebagai Yellow Light of Death atau YLOD. Kerusakan ini disebabkan oleh karena overheating yang dibiarkan terlalu lama sampai keadaan IC RSX menjadi rusak. Namun sayangnya jika Anda ingin service PS3, Anda harus menunggu waktu yang cukup lama. Sehingga Anda harus menunggu dan tentunya tidak bisa bermain games lagi. Kebanyakan mesin PS3 yang sering terkena overheat merupakan PS3 dengan waktu pemakaian yang sudah bertahun - tahun. Tanda bahwa PS3 yang Anda miliki terkena overheat adalah saat Anda menyalakan lampu power pada PS3, Anda akan sering menemui lampu hijau yang sering berubah warna menjadi kuning. Kemudian berubah kembali lampu warna merah yang berkedip. Kejadian tersebut berulang-ulang akan sering terjadi pada PS3 Anda.

Service ps3 ylod
Service ps3 ylod
Sebelumnya, jika Anda mengambil keputusan untuk service PS3, ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada mesin PS3 Anda yang terkenal overheat tersebut. Karena setiap kerusakan pada PS3 memiliki keadaan yang berbeda. Maksudnya adalah jika Anda service ps3 , kondisi mesin setelah di service tidak akan bisa normal 100 persen kembali kecuali dengan cara reball. Setidaknya dengan melakukan service, mesin akan kembali bisa berjalan dengan normal. Untuk anda yang ingin melakukan reball bisa mencari tempat service ps3 ylod di lokasi sekitar anda.

Berikut cara service PS3 yang bisa anda terapkan jika PS3 anda mengalami kerusakan terutama masalah overheating :
  • Langkah pertama, Anda bisa membongkar PS3 Anda.
  • Jika di PS3 Anda mempunyai slot memory, Anda bisa melihat bahwa ada 2 baut yang berada pada kiri bagian bawah PS3 Anda.
  • Setelah itu, ANda akan melihat komponen dari Prosesor serta GPU dari PS3 Anda. Bersihkan bagian tersebut. Jangan lupa gunakan blower sebagai pemanas dari bagian tersebut. Pemanas yang Anda gunakan harus memiliki suhu 350 derajat contohnya seperti quick atau gordak atau heatgun bosch dengan waktu pemanasan sekitar 3 menit
  • Setelah selesai memanaskan bagian tersebut, biarkan sampai dingin.
  • Bersihkan bagian kipas dan juga besi pendingin agar terhindar dari debu. Hal ini agar proses pendinginan dari mesin PS3 lebih efektif.
  • Jika Prosesor dan juga GPU sudah dingin, oleskan bahan dari Thermal Paste. Bahan ini juga terdapat di prosesor dari komputer, dan bisa dibeli di toko komputer sekitar.
  • Setelah itu pasang kembali PS3 Anda.

Service ps3 ylod
Service ps3 ylod
Cara diatas hanya bisa diterapkan jika ps3 anda overheating tapi belum terkena ylod. Dengan mengganti thermal pasta pada ic rsx atau cell akan membuat suhu ps3 menjadi dingin karena panas dialirkan ke kipas. Untuk ps3 yang sudah terkena ylod ciri-cirinya adalah lampu power berwarna kuning lalu mati setelah dinyalakan. Jika sudah terkena ylod, hal yang dilakukan adalah proses reballing pada ic rsx. Anda harus memiliki alat bga rework station untuk mencabut ic rsx untuk melakukan reballing. Daripada anda membeli alatnya serta mempelajari cara pemakaiannya saya rekomendasikan anda service ke toko game seperti winzgame dan toko game terkenal lainnya yang menyediakan jasa service ps3. Untuk anda yang ingin melakukannya sendiri bisa menggunakan heat gun sebagai pengganti mesin bga rework station. (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.