Enter your keyword

Rabu, 26 Juli 2017

Bingung antara Pesta Pernikahan, Bulan Madu, dan Cicilan Rumah? Baca di Sini!

Rhodoy.com - Siapa yang tidak bimbang ketika dihadapkan dengan beberapa pilihan yang rasanya ingin memilih semuanya; pesta pernikahan, bulan madu, dan cicilan rumah. Hal ini terutama terjadi pada pasangan suami istri yang usia pernikahannya masih terbilang prematur, atau sedang hangat-hangatnya merancang kesejahteraan jangka panjang. Apakah Anda salah satunya? Berikut saya sajikan dari sudut pandang yang berbeda, semoga bisa mencerahkan Anda yang saat ini sedang dilema antara harus memilih salah satu di antara tiga hal tersebut.

 

Pesta Pernikahan
Ilustrasi: pixabay.com

1.    Pesta Pernikahan

Aktivitas ini sudah sangat lazim dilakukan oleh pasutri yang ingin merayakan pernikahannya, dengan anggapan bahwa “pernikahan hanya satu kali seumur hidup, lalu mengapa tidak dibuat mewah? Bukankah perayaan mewah adalah salah satu cara untuk berbahagia?”. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, ini merupakan hal yang sangat wajar sebagai insan yang berhasrat, namun juga tidak bisa mutlak dibenarkan.

Kenapa? Ya, kalau anda (pasutri) yang belum memiliki finansial yang matang, seperti belum punya rumah, atau masih numpang dengan keluarga, mengontrak, maka sebaiknya pesta pernikahan tersebut dibuat sesederhana mungkin, kalau bisa ditiadakan saja. Buat apa? Untuk cicilan rumah! 

Tapi hal ini tidak berlaku bagi anda (pasutri) yang finansialnya sudah mapan, seperti sudah punya rumah pribadi, mobil, dan lainnya, maka sah-sah saja membuat kemewahan pada pesta pernikahan karena sesuai dengan kemampuan dari segi keuangan.

 

2.    Bulan Madu

Jangan dulu ke Bali, Amerika, ataupun Britania Raya untuk berbulan madu, jika Anda (pasutri) masih rentan dengan kondisi finansial. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cicilan rumah jauh lebih penting, karena itu merupakan bagian dari investai jangka panjang anda, sedangkan bulan madu adalah bagian dari konsumtif. Sekali lagi, hal ini tidak berlaku bagi anda (pasutri) yang finansialnya sudah kokoh.

 

3.    Cicilan Rumah

Bagian ini sudah disinggung sebelumnya, benar! Cicilan rumah adalah pilihan yang sebaiknya Anda pilih di antara tiga pilihan tersebut. Saya ulangi bahwa cicilan rumah adalah investasi terbaik yang seyogyanya menjadi prioritas Anda, terutama bagi Anda dengan kondisi finansial yang masih lemah atau tidak terlalu kuat. Ingatlah, rumah merupakan tempat Anda membangun kebahagiaan. 

Bayangkan jika Anda secara berkelanjutan menumpang di rumah keluarga, atau mengontrak rumah yang meskipun anda bayar setiap periodenya, anda tidak akan pernah memilikinya. Oleh karena itu, tidak ada ruginya jika aset yang Anda miliki diinvestasi untuk cicilan rumah terlebih dahulu.

Demikianlah sedikit pencerahan bagi Anda yang sedang kebingungan untuk memutuskan pilihan. So, sudah tahu yang mana yang harus diprioritaskan bukan? (Adv)

15 komentar:

  1. bagimana investasi untuk anak-anak nantinya apakah tidak masuk kedalam list?

    BalasHapus
  2. Kalo menurut saya mah yg penting nikah dulu. Pribadi sendiri untuk urusan bulan madu atau rumah itu ada selipan waktu tersendiri.
    Nikah kan pintu rezeki yang besar bang

    BalasHapus
  3. Setuju sekali bro... Pernikahan dan pesta apalagi bulan madu memang sesuatu yang sifatnya glamour dan tidak pada kebutuhan pokok manusia hidup. Namun dalam tradisi keluarga atau masyarakat memang sudah menjadi kebiasaan umum bahwa pesta pernikahan harus diadakan secara meriah demi menjaga nama baik keluarga dan gengsi terhadap tetangga dan masyarakat sekitar.
    Kebutuhan setelah pernihakan jauh lebih besar dan penting daripada event sesaat yang ukuran minggu akan dilupakan oleh orang... salam mampir ke blog ane ya, kita bisa berdiskusi sebagai blogger yang benar.. :)

    BalasHapus
  4. Kalo saya sih sebelum nikah nanti beli rumah rumah dulu gan, setelah itu baru mengumpulkan uang untuk acara pernikahan, sederhana aja gk perlu mewah2. Ya walaupun sedikit lama sih tapi diakhirnya gak bakal susah karena sudah dipersiapkan.

    BalasHapus
  5. Kalo menurut saya nikah adalah hal yang paling terpenting. Kalau tentang bulan madu dan lain nya memang si penting. Namun bisa di kesempingkan dulu, liat kondisi dan budget...hehe

    BalasHapus
  6. kalo aku yang perempuan memilih pernikahan sederhana,biar bisa bayar dp rumah bulan madu yang di hapus,ngapain bulanmadu pulangnya ke mertua ga lucu bang

    BalasHapus
  7. sekarang saya sudah tahu yang mana harus di prioritaskan, makasih gan. Tapi menurut saya semua itu nggak akan terlalu menjadi masalah asalkan kita sudah mapan lalu menikah. So the first thing sebelum nikah kerja dulu deh :)

    BalasHapus
  8. Yang terpenting menurut saya adalah pernikahan, kalau cicilan rumah atau bulan madu dan yang lainnya bisa menyusul. Mungkin dengan membuat rencana bulan madu dan menyicil rumah sesaat sudah menikah lebih baik, namun diperlukan planning yang matang agar semua itu dapat tercapai dengan baik. Khususnya hubungan suami dan istri harus berjalan dengan baik, agar planning tersebut nantinya dapat tercapai...

    BalasHapus
  9. Saya pribadi, memang jika dalam kondisi tersebut cicilan rumah sangat diprioritaskan, tetapi sebelum masalah keuangan terjadi dipastikan saya sebagai seorang suami harus mencukupi apa yang menjadi tanggung jawab saya sebagai kepala keluarga, bisa dibilang harus mapan dulu. :)

    Nikah gak pake cinta aja tetapi juga memikirkan kesejahteraan keluarga :)

    BalasHapus
  10. ijin save nih, sudah sepantasnya kita mengerti yang mana yang diprioritaskan, karena banyak juga d tempat saya pestanya heboh tapi hasil ngutang, klo bulan madu ga harus mahal, yang penting bias menghabiskan waktu berdua lebih banyak, dir rumah juga gapapa

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. wah sedikit merasa tercerahkan gan. makasih pencerahanya

    BalasHapus
  13. Benar juga ya, mending kita investasi untuk buat rumah daripada buat pesta mewah. Tapi, kalau hasil pesta itu menguntungkan karena konsepnya yang unik terus banyak yang beritain di media. Bagus juga tu, hehehe

    BalasHapus
  14. Buat anak jaman sekarang, pengennya sih semuanya. Sekarang banyak kok travel pakage murah meriah, masalah rumah ya kontraktor dulu gapapa, asal di instagram tetep ketceh. wkwkwk. Haduh, hedon banget ya kayaknya. Makin viral artikel ini sebenernya makin bagus. Biar eta terangkanlah jiwa-jiwa anak muda.

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.