Rhodoy R. Ediyansyah

Rabu, 23 Oktober 2019

Hal-hal yang Bisa Membantu Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

rhodoy.com - Agar kesehatan ibu yang tengah hamil dan janinnya tetap terjaga, maka seorang ibu perlu berhati-hati. Karena, kesehatan tidak datang dengan sendirinya terlebih hanya dengan sekadar membeli multivitamin atau obat folamil geniodengan beli disini (goapotik) saja. Lebih dari itu, ada beberap hal yang perlu dilakukan sang ibu hamil agar kesehatannya dan kesehatan janinnya bisa terjaga. Berikut ini beberapa diantaranya :

Ibu Hamil
Ilustrasi Ibu Hamil | Foto: Ist.
Hindari kafein dan alkohol
Menjaga nutrisi yang dimasukkan ke dalam perut sang ibu merupakan hal penting yang dilakukan oleh ibu hamil. Selain memberikan asupan nutrisi yang berkualitas dan seimbang, seorang ibu hamil juga perlu menghindari konsumsi kafein dan minuman beralkohol. Kopi dan minuman beralkohol jadi dua jenis minuman yang perlu dihindari karena dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. 

Konsumsi kafein dan alkohol selama masa kehamilan dipercaya dapat menghambat proses pertumbuhan janin di dalam rahim. Selain itu, risiko bayi terlahir cacat dan mengalami keterbelakangan mental juga lebih tinggi jika kafein dan minuman beralkohol tidak dihindari selama masa kehamilan. Untuk itu, biasakan untuk hidup sehat dengan menghindari kedua jenis minuman tersebut agar sang ibu dan bayi dalam kandungannya bisa selamat.

Jangan berolahraga terlalu ekstrim
Menjaga kebugaran tubuh tentu merupakan hal baik yang punya manfaat besar bagi tubuh manusia. Namun, bagi ibu hamil, olahraga perlu diperhatikan betul mengingat sang ibu tidak lagi sekadar membawa tubuhnya sendiri saja. Untuk itu, hindari olahraga yang terlalu ekstrim terutama yang bisa mengganggu kesehatan sang ibu dan janin dalam kandungannya.

Meskipun olahraga yang terlalu ekstrim tidak dianjurkan selama masa kehamilan, namun olahraga tetap dianjurkan untuk para ibu hamil. Sebab, olahraga bisa membantu membuat tubuh lebih kuat saat proses persalinan tiba. Adapun seorang ibu hamil bisa memilih olahraga yang lebih ringan seperti senam hamil, jalan sehat, sampai yoga selama masa kehamilan. Tubuh akan terasa lebih bugar dan sang ibu pun bisa lebih siap menghadapi proses persalinan nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.