Rhodoy R. Ediyansyah

Rabu, 13 Maret 2019

Ternyata Mengkonsumsi 8 Sayuran Ini Bisa Membuat Kehamilan Lebih Sehat

Rhodoy.com - Ibu hamil memerlukan banyak nutrisi untuk memberikan kecukupan makanan untuk dirinya dan juga janin dalam kandungan. Berbagai zat penting seperti asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin bisa didapatkan dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat untuk ibu hamil muda. Selain buah, tentunya banyak sayuran yang mengandung nutrisi tersebut yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan. 

Hamil Muda
Ilustrasi Hamil Muda | Foto: Ist.
Tak hanya untuk ibu hamil sebenarnya, orang dewasa dan anak-anak pun memerlukan asupan 250-500 gram sayur setiap harinya. Apalagi untuk ibu hamil muda, tentu asupan ini lebih dari takaran biasanya. Ini dia 8 sayuran yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda.

1. Terong Ungu
Terong ungu mengandung asam folat yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Ini adalah makanan sehat untuk ibu hamil muda yang paling mudah dikonsumsi dan diolah. Sayur ini juga mengandung zat besi, kalori, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

2. Buncis
Ternyata buncis mengandung vitamin K, protein, dan juga serat. Sayuran ini menjadi salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk ibu hamil karena mampu mengurangi resiko konstipasi dan sakit kepala yang sering dirasakan pada saat kehamilan muda. Buncis juga diklaim bisa menjaga tulang agar lebih sehat. 

3. Bayam
Bayam mengandung vitamin A, C, dan K serta asam folat dan zat besi yang sangat tinggi. Tentu dengan melihat kandungan gizi yang terdapat di dalamnya, sangat sayang jika bayam tidak dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil muda. Penyajiannya pun cukup  mudah. Mulai dari direbus atau bahkan dicampur dengan aneka olahan sayuran lainnya. 

4. Tomat
Buah tomat mengandung antioksidan untuk kecantikan kulit. Namun khasiat lain untuk ibu hamil adalah kandungan zat besi dan vitamin C yang tinggi sehingga menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil muda. 

5. Paprika
Uniknya paprika bisa digunakan sebagai pengganti cabai ini. Bahkan kadar vitamin C yang ada di buah ini lebih tinggi daripada yang ada di buah jeruk. Jika kamu bosan mengkonsumsi Jeruk untuk dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil muda, maka menggantinya dengan paprika adalah ide yang bagus. Jika tak suka dengan rasa pedas, kamu bisa membuang bijinya saat mengolahnya.

6. Bit
Jenis sayur satu ini memiliki nutrisi yang cukup tinggi. Sayuran Bit ini diklaim mampu memurnikan darah selama masa kehamilan. Ada banyak asupan baik di dalamnya seperti vitamin C, asam folat, dan zat besi yang tinggi. Tentu tak hanya itu, sayuran Bit ini bisa melancarkan pencernaan. Sangat cocok dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil muda.

7. Wortel
Wortel  mengandung banyak betakaroten yang berfungsi dalam melakukan pengembangan sel dan jaringan saraf pada janin. Selain itu Antioksidan yang tinggi mampu menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi ibu. Kandungan kalsiumnya bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi bayi. Sistem imun ibu akan mengurangi resiko bayi kuning. Tak ada salahnya menjadikan Wortel sebagai makanan sehat untuk ibu hamil muda karena banyak khasiat yang didapat untuk ibu dan juga janinnya.

8. Brokoli
Kandungan kalsium, beta karoten, indoles, dan isotiosianat pada brokoli sudah cukup lengkap untuk dijadikan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil muda. Zat-zat ini bisa  membantu melindungi tubuh dari kanker dan menjaga asupan untuk janin dalam kandungan menjadi lebih optimal. Cara penyajiannya pun cukup mudah dengan merebusnya sekitar 5 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.