Enter your keyword

Kamis, 11 Oktober 2018

10 Buku Motivasi yang Sudah Mengubah Hidup Banyak Orang

rhodoy.com - Motivasi. Ketika kita memilikinya, semua hal seakan bisa dilakukan. Tapi ketika kita tidak memilikinya, bahkan untuk bangun dari tempat tidur saja terasa berat. Seperti banyak hal lainnya, buku juga bisa menjadi sumber motivasi. Nyatanya, buku dan film adalah media motivasi yang paling banyak hadir di sekitar kita.

Ketika kita membaca buku yang bagus, kita ingin pergi untuk menaklukkan dunia. Buku memotivasi kita untuk sukses, dan jika itu adalah buku yang memotivasi, buku tersebut juga merupakan suatu alat untuk membantu kita sukses. Itulah hal yang membuat sebuah buku sangat bagus.

Untuk itulah hadir daftar ini. Di bawah ini adalah daftar buku-buku yang bisa dan sudah mengubah hidup banyak orang.

1.    The Secret - Penulis: Rhonda Bryne

Buku The Secret
Ilustrasi Buku The Secret
Buku ini berbeda dari buku motivasi lain. Hanya setebal 232 halaman, tapi buku ini bisa membawa kita pada kehidupan yang lebih baik lewat beragam kata-kata motivasi nya. Hal ini karena Rhonda Bryne memberikan rahasia orang sukses yaitu hukum ketertarikan (law of attraction). Di dalamnya juga terdapat ringkasan pikiran dari 24 pembicara kaliber dunia yang membahas hukum tersebut secara jelas. Seluruh pembicara tersebut datang dari berbagai latar belakang. 

2.    How to Win Friends and Influence People - Penulis: Dale Carnegie
Buku ini mungkin adalah salah satu buku motivasi paling banyak dikenal oleh orang di dunia. Padahal, isi buku ini sebenarnya cukup sederhana: bagaimana kita bisa mendapatkan teman. Tapi, ternyata, semua hal yang ada di buku ini lebih dalam dari itu. Kita bisa memberikan hal terbaik pada seseorang walau lewat usaha yang kecil. Dan sebaliknya, seseorang akan memberikan yang terbaik pada kita jika kita tahu cara memperlakukan mereka dengan benar. Buku ini bisa digunakan oleh seseorang untuk membangun networking yang sekarang mulai dibutuhkan banyak orang.

3.    Think and Grow Rich - Penulis: Napoleon Hill
Dirilis pertama kali pada tahun 1937, buku ini disebut-sebut sebagai buku yang sangat bermanfaat. Apalagi ketika itu Amerika Serikat sedang dalam kondisi depresi ekonomi yang cukup parah. Buku ini kemudian laku sebanyak 500 eksemplar hanya dalam waktu 6 minggu saja. Memang terlihat sedikit, tapi mengingat kondisi saat depresi ekonomi, dan sedikitnya orang yang mau membeli buku, itu adalah kesuksesan. Saat ekonomi mulai membaik, buku ini menjadi sesuatu hal yang dibaca banyak orang. Hill menulis buku ini setalah meneliti banyak orang sukses selama 20 tahun. Dari sana, ia menjabarkan hukum-hukum kesuksesan semua orang. 

4.    Rich Dad, Poor Dad - Penulis: Robert T. Kiyosaki
Buku ini menceritakan dua orang ayah dalam hidup Robert T. Kiyosaki. Ayah yang pertama adalah "poor dad" atau "ayah miskin", yang merupakan ayah kandungnya. Ayahnya adalah seoagn kepala dinas pendidikan di Hawaii. Memiliki pendidikan yang tinggi, tapi tidak mengajarkan ilmu finansial pada anaknya. Sehingga ketika ia meninggal dunia, ia tidak meninggalkan sepeser uang pun pada anaknya. Sementara ayah lainnya adalah ayah teman kecilnya yang ia sebut "rich dad" atau "ayah kaya". Sang "rich dad" memulai banyak bisnis kecil mulai dari toko, restoran, hingga konstruksi. Tapi ketika meninggal, ia mewariskan bisnis besar pada anaknya. Kisah tersebut menginspirasi lewat banyak kata-kata motivasi yang ada dalam buku tersebut.

5.    You Are a Badass: How to Stop Doubting Your Greatness and Start Living Awesome Life - Penulis: Jen Sincero
Buku penuh kata-kata motivasi ini memberikan mengajak banyak orang untuk memiliki hidup yang dicintai. Di dalam buku berisi 27 bab pendek ini terdapat banyak cerita, humor, masukan, ide, dan beberapa latihan yang bisa membantu seseorang untuk mengidentifikasi dan membuang pikiran merendahkan diri sendiri dan mekebiasaan yang menghalangi orang untuk mendapatkan kesuksesan yang mereka cari. Setelah membaca buku ini, pembaca akan memiliki pemahaman lebih tentang kenapa kita melakukan sesuatu dan bagaimana menerima hal yang tidak bisa diubah.

6.    Smarter, Faster, Better: The Secrets of Being Productive in Life and Business - Penulis: Charles Duhigg
Buku ini menawarkan delapan konsep produktivitas yang bisa menjelaskan kenapa beberapa orang dan perusahaan bisa mendapatkan hal lebih banyak dibandingkan dengan yang lainnya. Digambarkan dari informasi terhadap neurosience dan behavioral psychology, bersama dengan pengalaman banyak CEO sukses, jenderal, pilot, agen FBI, dan penulis lagu teater, buku yang diriset dengan baik ini mengedepankan bagaimana orang-orang produktif dan perusahaan melihat dunia secara berbeda dari mereka yang kurang sukses.

7.    Grit: The Power of Passion and Perseverance - Penulis: Angela Duckworth
Penulis buku ini, seorang psikolog Angela Duckworth, menunjukkan pada pembaca bahwa rahasia sukses adalah sesuatu yang ia sebut sebagai "kerikil". Ia mengajak berbagai jenis masyarakat dari orang tua hingga pelajar hingga pengusaha tuntuk memberikan fokus pada betapa pentingnya menggabungkan semangat dan kegigihan. Duckwoth menyebutkan beberapa pengalaman pribadinya di awal hidupnya yang sampai pada kesimpulan yang ia tuliskan.

8.    Choose Yourself - Penulis: James Altucher
Buku-buku James Altucher memiliki banyak kata-kata motivasi. Terutama buku Choose Yourself ini. Karena judulnya sendiri menggambarkan langkah pasti yang harus dilakukan seseorang untuk dapat sukses dalam hidupnya. Saat akan memutuskan segala hal, selalu pilih dirimu sendiri untuk memilihnya. Buku ini bisa memotivasi kita untuk memaksimalkan bakat kita.

9.    High-Hanging Fruit: Build Something Great by Going Where No One Else Will - Penulis: Mark Rampolla
Buku ini ditulis oleh pengusaha sukses Mark Rampolla untuk mengajarkan pembaca bahwa saat kita bercita-cita setinggi langit, kita bisa membangun bisnis yang sukses, mendapatkan untuk, dan bahkan meninggalkan warisan tak ternilai di dunia. Dituliskan lewat pengalaman pribadinya yang tidak terlalu terinspirasi di pekerjaannya dan ingin melakukan sesuatu yang lebih, Rampolla bercerita tentang perjalanannya menjual air kelapa di Amerika Serikat. Cita-cita ambisiusnya menciptakan sebuah industri baru yang membawakan AS sebuah minuman sehat sekaligus membantu produsen dalam mengambangkan keuntungan dari sumber daya yang ada.

10.    Negeri 5 Menara - Penulis: Ahmad Fuadi
Memang, karya novel bisa juga menjadi salah satu sumber motivasi. Salah satunya adalah Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Buku ini merupakan kisah semi-autobiografi dari Ahmad Fuadi sendiri. Ia menceritakan kisah hidupnya dari seorang anak yang tinggal di pesantren dan berusaha mengejar mimpinya yang luar biasa tinggi. Dalam buku ini terdapat banyak kata-kata motivasi yang bisa mengajak kita untuk melakukan hal-hal yang ingin kita lakukan, tapi kita terlalu takut untuk memulainya. Misalnya dengan bermimpi untuk mendapatkan pendidikan terbaik sehingga kita bisa menjadi seorang yang sukses di kemudian hari. Buku ini merupakan seri pertama dari tiga volume buku. Dua judul lainnya adalah Ranah 3 Warna dan Rantau 1 Muara. Seluruhnya disarikan dari perjalanan hidup Ahmad Fuadi dari seorang anak kecil dusun yang bisa menjelajah dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.