Enter your keyword

Kamis, 28 Juni 2018

Cara menghasilkan gambar yang bagus dengan Gopro

rhodoy.com - Kehadiran kamera Gopro memang menjadi solusi bagi penggemar fotografi yang ingin menunjang kegiatannya dengan mudah dan murah. Bagaimana tidak, dengan ukurannya yang mini, kualitas yang dihasilkan setara dengan DSLR. Bukan hanya itu saja, meski kemampuannya setara dengan DSLR, harga Gopro juga terbilang lebih murah, karena Anda bisa mendapatkan dalam kisaran 1 jutaan saja.

Gopro
GoPro Hero4 Session
Meski demikian, Anda juga sangat salah persepsi, bukan berarti harga Gopro yang murah memiliki kualitas yang buruk. Karena dengan banyaknya peminat kamera Gopro, membuat berbagai vendor kamera berlomba-lomba membuat Gopro berkualitas baik, misalnya dengan resolusi video 4K, namun harganya tetap murah. Hal tersebut memang agar banyak orang yang tertarik dengan produknya.

Sebenarnya, bagus atau tidaknya hasil gambar dari sebuah kamera Gopro, bukan dari harga Gopro namun tergantung dari penggunanya, apakah bisa memakai kamera tersebut dengan baik atau tidak. Sebab meski Anda memilih harga Gopro yang mahal sekalipun, jika tak mengetahui lebih detail tentang fitur yang dimiliki Gopro, maka sudah dipastikan hasil gambarnya buruk.

Itu artinya, Anda harus bisa memahami tentang fotografi dan fitur dari Gopro yang dimiliki terlebih dahulu, agar hasil gambarnya berkualitas.

Nah bagi Anda yang ingin memilih harga Gopro, namun ingin tetap menghasilkan kualitas gambar yang bagus, maka berikut ini tips dan trik menggunakan kamera Gopro agar hasilnya memuaskan.

1.    Sudut Pandang
Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika akan menggunakan Gopro, adalah memilih sudut pandang foto yang tepat. Selain memperhatikan posisi foto, Anda juga perlu untuk memperhatikan komposisi subjek serta pemilihan background yang tepat. Jika pengaturan ini tepat, maka hasil gambarnya dijamin sesuai yang diinginkan, sebab pengambilannya terkonsep secara baik.

2.    Mengatur Format Pengambilan Gambar
Kebanyakan orang mengambil foto hanya dengan posisi itu-itu saja, misalnya secara horizontal. Maka coba Anda lakukan pengambilan foto dengan posisi yang berbeda, misalnya secara vertikal. Karena pengambilan foto dengan posisi yang berbeda, maka hasil gambarnya juga akan berbeda.

3.    Cukup Membuat Durasi Video yang Pendek Namun Dengan Konsep dan Fokus yang Jelas
Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan pengguna Gopro adalah merekam video dengan durasi yang panjang. Padahal hal tersebut akan membuat hasilnya tak menarik. Nah, coba Anda buat durasi yang pendek saja, namun bagian objek utama yang dipertajam.

4.    Menghubungkan Gopro dengan Smartphone
Untuk mempermudah dalam pengambilan gambar sesuai yang diinginkan, maka coba hubungkan Gopro dengan Smartphone. Karena jika Anda menghubungkannya, maka bisa melihat sudut pandang yang akan dihasilkan. Untuk menghubungkannya pun sangat mudah, yaitu hanya menggunakan koneksi WiFi saja.

5.    Pengaturan Resolusi
Cara memakai kamera Gopro yang sangat penting untuk Anda perhatikan adalah pengaturan paling optimal ketika merekam video yakni dengan resolusi 1080p dengan 30FPS. Dengan pengaturan tersebut, maka hasil gambarannya lebih jelas dan berkualitas. 

6.    Memilih Kartu Memori yang Kompatibel Dengan Gopro
Pernahkah Anda mendapatkan masalah ketika melakukan penyimpanan dalam kera Gopro? Hal tersebut bisa saja terjadi arena Anda salah memilih kartu memori yang digunakan. Perlu Anda ketahui, jenis memori yang paling baik digunakan untuk Gopro adalah jenis class 10.

7.    Pastikan Daya Baterai Penuh Ketika Updated Firmware
Perlu Anda ketahui, ketika kamera Gopro sedang melakukan firmware update dan tiba-tiba mati atau berhenti, maka Gopro akan mengalami kerusakan. Sehingga pastikan ketika sedang melakukan update firmware, daya baterai masih penuh.

8.    Segera Hapus Command Script yang Berada Di Kartu Memori
Setelah update firmware selesai, maka segera hapus command script pada kartu memori. Sebab jika hal tersebut tidak dilakukan, ketika Anda menghidupkan kamera Gopro maka proses update pada kamera masih berlanjut. Dan jika hal tersebut berlangsung, maka lama-kelamaan daya akan habis atau bahkan mati, yang akan menyebabkan kerusakan pada kamera Gopro.

9.    Jangan Menggunakan Sembarang USB Charger
Untuk menghindari terjadinya serangan virus terhadap Gopro, maka ketika melakukan pengisian daya pastikan menggunakan USB Charger yang berasal dari PC dengan mutu yang terjamin. Atau Anda juga bisa menggunakan charger eksternal yang cara kerjanya tidak langsung berhubungan dengan kamera.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk menghasilkan gambar yang berkualitas dengan firmware. Jadi meski Anda memilih harga Gopro yang murah sekalipun, tak akan menjadi masalah untuk menghasilkan gambar yang diinginkan. (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.