Rhodoy R. Ediyansyah

Sabtu, 11 Maret 2017

Awas!!! Kenali Bahaya Diabetes Sedini Mungkin

rhodoy.com - Diabetes merupakan suatu penyakit berbahaya akibat tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Untuk mengetahui seseorang mengalami diabetes adalah dengan dilakukannya pemeriksaan cek gula darah di klinik atau puskesmas terdekat. Meskipun awalnya gejala gejala penyakit diabetes tidak terlalu terlihat, namun alangkah baiknya kita mengenalinya sejak awal sebelum terlambat ditangani. Bukankah ada pepatah “Mencegah lebih baik daripada Mengobati”. Nah, makannya dari itu kita perlu mengetahuinya sedini mungkin sebelum terlambat. Ternyata orangtua dulu masih asing loh mendengar kata diabetes, yang mereka tahu adalah penyakit kencing manis. Ya, kencing manis merupakan nama lain dari diabetes mellitus yang disebabkan oleh gula darah yang tinggi. Penyakit ini ada 2 tipe . Meskipun kedua penyebabnya sama karena tingginya kadar gula dalam tubuh, namun kedua tipe ini mempunyai gejala yang berbeda. Apa sajakah  gejala-gejala diabetes tipe 1 yuk kita bahas.

Diabetes
Ilustrasi
Diabetes tipe 1 yaitu diabetes ketergantungan insulin atau yang disebut autoimun. Jenis tipe 1 ini belum diketahui pasti apa penyebanya.  Kadar gula darah biasanya dikendaikan oleh insulin. Jika insulinnya rendah maka kadar gula darah akan meningkat sehingga menyebabkan penumpukan yang disebut hiperglikemia. Diabetes tipe ini dapat muncul pada usia berapapun, umumnya menyerang pasien di bawah usia 40 tahun, khususnya anak-anak (childhood-onset diabetic) Meskipun tipe 1 belum diketahui apa penyebabnya, namun gejala-gejala yang timbul hampir sama dengan gejala-gejala diabetes yang biasa kita kenali. Apa sajakah gejala-gejalanya berikut ulasannya, cekidot!

Gejala umum pada awal seseorang yang menderita diabetes yaitu ditandai dengan gejala klasik di kalangan medis adalah sering buang air kecil/kencing nama medisnya yaitu polyuria. Nah apabila ada dari diri kita atau teman, keluarga yang mempunyai gejala sering ingin kencing, perlu diwaspadai jangan dianggap sepele. Karena suatu penyakit tidak akan muncul dengan sendirinya pasti ada gejala dan penyebab. Kalau perlu kita cek gula darah kita secara rutin untuk mengetahui apakah kita terbebas dari penyakit tersebut ataukah memang kita mengalami penyakit tersebut. Kenapa kita harus mengetahuinya sedini mungkin? Karena agar kita dapat diberi pencegahan ataupun pengobatan awal yang masih bisa ditangani dengan mudah beda lagi dengan yang telah kronis akan sangat sulit untuk diobati. Gejala lainnya yaitu sering haus (polydipsia) dan sering lapar (polyphagia). Wah, ternyata sering lapar juga perlu diwaspadai. Bukankah kita sering tiba-tiba ingin selalu makan terus padahal awalnya sangat malas makan. Lain halnya dengan kita biasa mengonsumsi obat nafsu makan, mungkin itu efek obat hehee...

Diabetes
Ilustrasi
Setelah kita mengetahui penyebab dan gejalanya tentu kita bisa tahu bagaimana cara mengatasinya. Pengobatan secara medis belum diketahui pasti obatnya namun satu-satunya untuk menekan dan membuat pengendalian diabetes yaitu dengan insulin. (Adv)

1 komentar:

  1. Diabetes kalau sudah diderita sulit untuk disembuhkan yang ada palingan menjaga agar tidak merusak dan menjalar ke bagian lain.. perlu sedini mungkin agar mengetahui diri mengidap atau tidak DM

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.