Rhodoy R. Ediyansyah

Selasa, 13 Desember 2016

Cara Sederhana Mengasah Kecerdasan Anak

rhodoy.com - Manusia diciptakan dengan potensi yang sangat luar biasa yang tuhan berikan kepada kita semua, dengan begitu munculah berbagai argumentasi tentang jumlah sel otak dari seorang bayi yang baru lahir. Jumlah selnya juga tentunya memiliki potensi yang sangat luar biasa dengan catatan jika kita bisa mengolah potensi tersebut dan kita akan menjadi manusia yang luar biasa.

Anak Cerdas
Ilustrasi
Manusia secara garis besar memiliki otak yang bisa dibedakan berdasarkan fungsinya yaitu otak kanan dan juga otak kiri. Seorang anak biasanya lebih dominan di otak kanan dengan begitu ketika kamu ingin mengembangkan kepintaran anak maka kamu harus memperlakukan sesuai dengan perkembangan otak yang ada ketika itu. Anak adalah masanya dimana lebih dominan otak kanan, otak ini yang melatar belakangi adanya lembaga pendidikan taman anak-anak dengan metode untuk meningkatkan kepintaran anak yang cocok dengan anak-anak seperti bermain dan juga mneyanyi sesuai dengan dunia anak-anak.

Kita sebagai orang tua tentunya mengetahui bahwa bernyanyi dan juga bermain yang sesuai dengan kegemaran anak merupakan tanda-tanda bhawa otak kanan yang dominan dipakai oleh anak-anak di perkembangan kepintaran anak, dengan begitu anakyang berusia tujuh tahun masih belum bisa mencapai logika, sehingga lebih relatif banyak meniru ketimbang bisa berfikir dengan sendirinya.
Adapun yang beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar otak anak kita menjdi semakin cerdas dan pintar:

Biarkan saja anak kamu untuk menikmati dunianya
Anak memiliki dunianya sendiri, yang penuh dengan beragam permainan dan juga bersenang-senang. Dengan begitu anak seringkali banyak bermain dengan banyak bermain ini kecerdasan anak akan semakin terlatih dan dapat meningkatkan perkembangan sel otak yang dapat membentuk pola yang dia lakukan secara berulang.

Akan tetapikamu harus bisa memastikan agar anak-anak bermainsesuai dengan dunianya dan tidak lupa permainan yang mengandung edukasi. Karena permainan yang tepat akan membuat kecerdasan nya semakin meningkat.
Selalu ajari anak kita untuk membiasakan bersosialisasi dengan teman sebayanya
Anak Cerdas
Ilustrasi
Berinteraksi dan juga berkomunikasi merupakan hal yang bagus untuk melatih kecerdasan anakkamu. Karena anak-anak merupakan masa yang seringkali memiliki rasa penasaran dan juga keingin tahuannya sehingga dengan begitu anak kamu akan banyak belajar dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu langkah yang bisakamu lakukan agar anak kamu bisa menjadi lebih cerdas adalah dengan memberikan anak kamu kebebasan untuk mengenal teman-teman sebayanya. Karena kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang bisa mendorong untuk meraih kesuksesan dimasa depannya.

Karena dengan begitu anak akanmenjadi lebih aktif lagi berkomunikasi dengan sesama rekan sebayanya dan dapat saling bertukar informasi karakter dan juga wataknya sehingga dengan begitu anak kamu akan tau betapa indahnya kebersamaan.
Ajari anak untuk membiasakan berkata yang baik
Perlu diingat bahwa perkataan adalah sebuah doa, karena ini disebabkan oleh tubuh kita yang hampir 90% adalah cairan yang jikakamu memberikan sugesti yang positif maka akan menjadi positif juga dan menjadikan akan semakin positif. Akan tetapi sebaliknya jika anak kita seringkali mengeluarkan perkataan kasar dan juga mengandung unsur negatif maka dengan apa yang dia katakan itulah merupakan karakternya, sehingga secara otomatis itu sudah menggambarkan bagaimana anakkita di masa depan nanti.

Ada satu hal lagi sebagai penutup artikel kali ini yaitu selalu memberikan anak makanan yang baik dan mengandung beragam gizi yang dibutuhkan untuk melengkapi tumbuh kembangnya. (Adv)

1 komentar:

  1. berkomunikasi dan berinteraksi dgn anak menurut saya merupakah hal yg sgt penting sekali untuk mengasah kecerdasan anak

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.