Rhodoy R. Ediyansyah

Rabu, 23 November 2016

Cara Mengatasi Pegal Pada Telapak Kaki

rhodoy.com - Telapak kaki pegal merupakan hal umum yang dialami sebagian besar orang. Hal ini biasanya karena beberapa kegiatan aktivitas jalan kaki yang berlebihan, seperti jalan-jalan ke mall, travelling dan hiking untuk mengisi waktu ketika liburan. Selain acara jalan-jalan liburan, aktivitas lain yang membutuhkan banyak berjalan juga dapat menyebabkan nyeri pada telapak kaki. Oleh karena itu di sini akan di bahas beberapa cara mengatasi pegal pada telapak kaki sebagai solusi permasalahan di atas.

Cara Mengatasi Pegal Pada Telapak Kaki
Ilustrasi
Telapak kaki yang pegal jika tidak segera diatasi dikhawatirkan dapat mengganggu aktivitas penting lainnya. Secara umumnya, terdapat beberapa cara mengatasi pegal semacam ini. Selain jasa terapi pijat refleksi yang memang secara spesial mengatasi hal ini, terdapat solusi lain yaitu semacam relaksasi. Relaksasi ini bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Berikut ini akan dibahas satu persatu cara mengatasi pegal pada telapak kaki. Silahkan disimak.
  1. Larutan air garam. Garam selain berfungsi sebagai perasa dan penyedap makanan, juga bisa dimanfaatkan dalam hal kesehatan. Kandungan kristal sulfat pada garam bisa dimanfaatkan untuk mencegah peradangan dan meredakan rasa sakit. Cara penggunaanya yaitu dengan membuat air hangat yang diisi dengan garam secukupnya. Masukkan  kaki anda ke dalam air garam tersebut untuk beberapa lama.
  2. Minyak cengkeh. Cengkeh sangat terkenal diantara jenis obat-obatan tradisional. Salah satu manfaatnya yaitu untuk merangsang dan melancarkan peredaran darah pada kaki. Selain itu juga berkhasiat untuk menghilangkan pegal-pegal pada telapak kaki. Cara membuat ramuan minyak cengkeh yaitu, sediakan minyak zaitun dan tuangkan dalam suatu wadah. Kemudian masukkan cengkeh, diamkan beberapa saat. Hasil racikan campuran ini kemudian oleskan pada telapak kaki dan bagian lain yang juga terasa pegal.
  3. Air hangat. Cara ini terlihat sangat sederhana, yaitu cukup dengan menyediakan air hangat pada ember, kemudian rendam kaki; dan sambil memberikan sejumlah pijitan di beberapa bagian yang dirasa pegal-pegal. Air hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menghilangkan rasa capek dan pegal-pegal pada kaki.
  4. Larutan cuka. Larutan cuka juga dapat dimanfaatkan untuk meringankan nyeri pada telapak kaki. Cara menggunakannya yaitu ambil air satu ember, kemudian teteskan larutan cuka secukupnya ke dalam air ember. air ini di gunakan untuk merendam kaki. Berikan pijitan ringan di sekitar telapak kaki.
  5. Es batu. Es batu dapat dimanfaatkan hawa dinginnya untuk mengatasi nyeri pada telapak kaki. Selain itu juga untuk mencegah pembekakan sedini mungkin pada telapak kaki. Cara penggunaannya yaitu cukup ambil bongkahan es secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian yang nyeri dan bengkak.
  6. Pijat refleksi. Solusi yang ini sudah banyak yang memanfaatkannya. Pijat refleksi sangat terkenal karena khasiatnya yang mampu menyembuhkan banyak jenis penyakit berdasarkan letak titik-titik refleksi. Anda bisa melakukan pijat refleksi untuk anda sendiri, dengan sedikit belajar untuk tahu letak titik refleksi, kemudian lakukan gerakan pemijatan. Hal ini agak membutuhkan waktu belajar dan pengalaman.

Pegal Pada Telapak Kaki
Ilustrasi
Demikian beberapa metode dan cara mengatasi pegal pada telapak kaki. Masing-masing metode bisa anda praktekkan secara bergantian, maupun dicoba dengan kombinasi secara bersamaan. Serangkaian metode tersebut biasanya untuk mengatasi gejala pegal dan nyeri yang ringan. Jika yang anda alami merupakan nyeri yang hebat dan menahun, lebih baik untuk segera konsultasi pada dokter atau ahli kesehatan lainnya yang sudah terbukti kompeten dalam bidang penyembuhan. Semoga bermanfaat. (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.