Rhodoy R. Ediyansyah

Rabu, 21 September 2016

8 Penyakit Pemusnah Umat Manusia

Jika kita mendefinisikan bahwa faktor paling besar yang memusnahkan umat manusia adalah perang, sepertinya kIta salah. Pasalnya, bukan aksi bunuh-bunuhan yang membuat manusia secara menyeluruh punah, namun karena wabah penyakit yang menjadikan bangsa manusia secara perlahan menyusut populasinya. Tidak seperti hewan yang mana pembunuhan untuk diburu menjadi penyebab kepunahannya, manusia tidak pernah bisa melawan kehendak alam melalui wabah penyakit yang bisa membunuh dalam waktu yang tanpa diperkirakan. Jika-pun mampu, adalah kehidupan yang tidak lagi sempurna yang akan dimilikinya, alias cacat. Kematian adalah hal yang lazim bagi seorang yang menderita suatu penyakit. Kita akan menyajikan kepada para pembaca sekalian jenis-jenis penyakit yang mematikan umat manusia dalam artikel 8 Penyakit Pemusnah Umat Manusia.

1.    Virus Zika

Virus Zika
Virus Zika
Wabah penyakit pertama yang mematikan populasi umat manusia secara massal adalah penyakit yang dikarenakan virus zika. Virus yang telah dikenal pada tahun 1947 ini saat ini merupakan wabah penyakit yang populer di masyarakat global. Pada tahun 2015 virus ini menggemparkan dunia karena penyebarannya yang begitu lugas, 500.000 rakyat Brazil beserta 700.000 penduduk Kolombia dipastikan terinfeksi virus ini. Virus zika sangat berbahaya bila menyerang wanita hamil, pasalnya bisa membuat sang cabang bayi mengalami kecacatan secara permanen.

2.    Penyakit Justinian dan Black Death
Penyakit yang dilahirkan oleh bakteri berjenis yersinia pestisini ini merupakan wabah yang sangat mengerikan di peradaban kuno. Pada tahun 541 di kala kekaisaran Byzantium, penyakit justinian ini melanda daratan Eropa dan menghasilkan kematian sebanyak 25 juta manusia. Sama seperti justinian, wabah black death juga dihasilkan oleh bakteri yersinia pestisini. Berbeda dengan justinian, black death muncul pada peradaban modern, tepatnya tahun 1340 hingga 1711. Black death merupakan penyakit misterius, dan telah memakan lebih dari 75 jiwa di kawasan Eropa.

3.    Penyakit Cacar

Penyakit Cacar
Penyakit Cacar
Kita semua pasti mengenal penyakit ini, penyakit yang hampir semua dari kita menjadi korban ketika balita atau kecil. Penyakit cacar juga dikenal dengan penyakit smallpox, ada beberapa jenis dari penyakit cacar yaitu cacar air, cacar ular, serta cacar api atau cacar monyet. Ketiga jenis cacar itu dihasilkan oleh bakteri yang berbeda-beda namun sama bahayanya. Penyakit cacar ini telah dikenal kebengisannya sebelum abad ke-20, sekitar 500 juta manusia meninggal akibat penyakit ini.

4.    Wabah Influensa
Sama seperti penyakit cacar, wabah influensa yang kita kenal ini menjadi topik yang dibahas masyarakat global karena dampaknya yang luar biasa. WHO merilis bahwa lebih dari 500.000 jiwa meninggal setiap tahunnya karena penyakit ini. Bahkan pada tahun 1918 di Spanyol, ada lebih dari 50 juta jiwa tewas akibat wabah ini.

5.    Wabah Bubonik
Wabah yang sempat menggemparkan dunia di tahun 1959 ini terjadi di Cina hingga India. Wabah yang membuat penderitanya mengalami demam tinggi, sakit kepala, hingga diare ini telah memakan korban jiwa sekiranya 12 juta nyawa. Wabah bubonik adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi masa lalu bangsa Cina dan India.

6.    Virus HIV
Hingga kini, HIV selalu menjadi virus yang populer karena tidak adanya penemuan obat dari virus ini. HIV atau Immunodeficiency Virus adalah wabah yang tersebar di banyak tempat di dunia termasuk Indonesia. HIV memang belum memiliki penangkal, namun dengan serangkaian terapi maka penderita setidaknya dapat memperlambat keganasan virus ini sehingga dapat hidup lebih lama. Jika tanpa upaya, HIV akan berevolusi menjadi penyakit yang lebih mematikan yaitu AIDS. Dalam medio tahun 1981 hingga 2016 saat ini, HIV telah mampu merenggut nyawa 38 juta lebih manusia yang menderitanya.

7.    Virus Measles
Inilah jenis penyakit yang memiliki peran cukup besar dalam menyusutkan populasi manusia. Virus measles juga dikenal dengan morbili dan rubeola, yang mana telah populer selama lebih dari 150 tahun. Dalam kurun waktu tersebutlah virus ini mampu menginfeksi kurang lebih 200 juta orang dimana sepertiganya mengalami kematian. Wabah jahat ini didominasi di wilayah Afrika dimana banyak anak-anak terserang. Ada dua pilihan ketika seseorang terjangkit virus measles ini, yaitu kematian atau hidup dengan cacat pada mata secara permanen. Dalam penelitian yang dilakukan tahun 1875 hingga 1876, penyakit campak ini sukses menjangkit sekiranya 30 juta orang setiap tahunnya.

8.    Ebola

Ebola
Ebola
Wabah penyakit yang terakhir dan paling ganas ialah penyakit yang diidentifikasi bernama ebola. Wabah ebola telah dikenal sejak tahun 1976 namun kembali geger di tahun 2015 lalu. Penyebab utama dari timbulnya ebola diprediksi atas penularan melalui tubuh kelelawar pemakan buah. Penyebaran virus ini dapat melalui berbagai cara yakni kontak cairan tubuh, darah hingga jaringan saraf seorang penderita. Dalam statistik tahun 2015, kematian karena ebola mencapai sekitar 8.500 nyawa masyarakat Afrika yaitu: Guinea, Sierra Leone, dan terbanyak di Liberia. Virus ebola juga dikatakan WHO sempat pernah menelan lebih dari 100 juta nyawa penduduk dunia setiap tahunnya.

Yang terahir sebagai penutup, saya minta kritik dan saran yang sifatnya membangun tulisan saya kedepannya. Jika anda seorang Blogger Keren yang belum berteman dengan rhodoy.com silahkan follow disini-> http://goo.gl/nZmkXk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.