Rhodoy R. Ediyansyah

Jumat, 12 Agustus 2016

Harus Dicoba, Paket Wisata Ekonomis Pulau Belitung

rhodoy.com - Pulau Belitung sangat terkenal akan pantainya yang menakjuban. Keindahan Belitung telah terkenal hingga mancanegara. Begitu mempesonanya keindahan alam Belitung, menjadikannya sebagai tempat persinggahan program Sail Indonesia yang melibatkan ratusan perahu yacht dari berbagai negara. 

Jika Anda penggemar wisata pantai, maka pastikan Anda telah memesan paket wisata ekonomis Pulau Belitung. Beberapa tempat di pulau ini telah menjadi simbol kebanggaan pariwisata Indonesia di mata dunia. Berwisata ke Belitung, berarti berwisata kelas internasional. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang wajib disinggahi saat berkunjung ke Belitung:

1.    Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang telah banyak membuat wisatawan berdecak kagum. Panorama pantai ini sungguh luar biasa. Pasir putih menghampar seperti tak berbatas. Air lautnya begitu jernih dan membuat setiap orang yang melihatnya tak sabar untuk menyentuhnya. Pantai ini sangat diandalkan dalam mendongkrak citra parisiwata Indonesia di tingkat dunia. 

Pantai Tanjung Kelayang  terletak di utara Pulau Belitung. Di pantai ini terdapat komplek batu raksasa di tengah laut. Ukurannya sangat beragam, dari yang kecil hingga super besar layaknya tebing batu. Yang sangat menarik perhatian adalah bentuk batu super besar yang tampak seperti burung raksasa. Di sekelilingnya berserakan bebatuan granit berukuran lebih kecil. Tempat ini sering didatangi berrbagai jenis burung. Di antaranya adalah burung kelayang. Karena itulah pantai ini dinamai Pantai Tanjung Kelayang.

Berwisata ke sini, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam. Ada  berbagai aktifitas yang seru seperti berenang, menyelam, memancing, dan olah raga air lainnya. Selepas sore, Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam di ujung laut. 

2.    Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam
Pantai Tanjung Pendam
Pantai Tanjung Pendam merupakan titik terbaik menyaksikan terbenamnya matahari menjelang malam. Karenanya, pantai ini lebih ramai dipenuhi pengunjung ketika matahari mulai turun. Keramaian tidak habis walau hari sudah gelap dengan adanya pertunjukan kesenian khas Belitung.

Ombak di pantai ini tidak begitu besar sehingga aman sebagai arena berenang untuk anak-anak sekalipun. Dari bibir pantai, Anda bisa melihat Pulau Kalimua di tengah laut. Penduduk Belitung keturunan Tionghoa meyakini Pulau Kalimua sebagai tempat buang sial. 

Pantai Tanjung Pendam sudah dikelola dengan baik sehingga berbagai fasilitas tersedia untuk memanjakan pengunjung. Kamar mandi dan air bersih mudah ditemukan, restoran masakan laut banyak berderet siap melayani pesanan, dan tak ketinggalan toko-toko cinderamata berupa kerajinan dan makanan  khas Belitung. 

3.    Museum Tanjung Pandan

Museum Tanjung Pandan
Museum Tanjung Pandan
Tak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu pulau tanpa mengetahui kisah sejarahnya. Nah, untuk mengetahui kisah menarik mengenai Pulau Belitung, Anda bisa berkunjung ke Museum Tanjung Pandan. Di sini, Anda bisa melihat kehidupan Belitung, baik dari segi peradaban masyarakatnya maupun potensi alam yang dimilikinya. 

Pada masa kolonial, Belitung tak luput dari serangan. Berbagai senjata khas kerajaan Belitung yang menjadi saksi perlawanan tersimpan rapi di museum ini. Melihat artefak-artefak di sini Anda bisa membayangkan bagaimana cara hidup penduduk Belitung zaman dulu. Dan tentunya yang tak kalah penting adalah timah. Belitug terkenal sebagai pulau yang sangat kaya akan timah. Di Museum Tanjung Pandan, Anda bisa melihat maket penambangan timah yang pernah menjadi kebanggan Belitung. 

Belakangan ini Pulau Belitung dikenal sebagai Pulau Laskar Pelangi. Ini mengacu pada novel berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang berlatar kehidupan di Belitung. Paket wisata ekonomis Pulau Belitung siap mengantarkan Anda menuju negeri Laskar Pelangi. (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.