Rhodoy R. Ediyansyah

Jumat, 03 Juni 2016

5 Alasan Penting Mengapa Kita Wajib Mengonsumsi Vitamin C

rhodoy.com - Vitamin C sangat penting bagi tubuh kita. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang menyadari asupan vitamin ini sehingga rentan pada berbagai risiko kesehatan. Padahal, vitamin ini bisa kita peroleh dari berbagai jenis makanan atau olahannya dalam minuman. Dengan mengonsumsinya setiap hari, tubuh kita akan selalu terjaga kesehatannya. Nah, berikut ini adalah lima alasan penting mengapa kita wajib mengonsumsi Vitamin C.

Vitamin C Watermark
Vitamin C Watermark
Sebagai Antioksidan
Banyak sekali risiko yang mengancam kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah radikal bebas di dalam tubuh. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang akan membendung dan menetralisir radikal bebas dalam tubuh manusia. Fungsi-fungsi vitamin lain juga membutuhkan Vitamin C supaya bisa bekerja lebih optimal dalam tubuh manusia. Dengan konsumsi Vitamin C secara teratur, tubuh secara otomatis bisa menyaring zat-zat berbahaya apalagi dengan risiko pencemaran lingkungan yang kian meningkat.

Mencegah dan Menurunkan Risiko Jantung
Berbagai hasil penelitian kesehatan membuktikan bahwa kerusakan selarteri disebabkan oleh kekurangan Vitamin C. Kerusakan dalam sel-sel tersebut menyebabkan penumpukan kolesterol dan berpotensi pada ateros klerosis.

Seluruh struktur dalam tubuh seperti pembuluh, otot, dan sebagainya juga bergantung pada asupan Vitamin C yang tepat. Salah satunya adalah pembuluh dan otot di bagian jantung yang harus selalu terlindungi dan terjaga dengan baik.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Kegemukan adalah risiko yang kerap mengancam manusia di jaman modern ini. Apalagi jika diperparah oleh tumpukan kolesterol dalam tubuh. Vitamin C berdosis tinggi biasanya disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol berlebihan dalam tubuhasalkan sudah menjalani konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Dengan dosis yang dianjurkan, kadar kolesterol bisa dikurangi secara bertahap.

Rata-rata dosis maksimal yang dianjurkan untuk konsumsi Vitamin C setiap hari adalah sebesar 2.000 mg. Artinya, wajib hukumnya untuk mengonsumsi lebih dari dosis tersebut dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk tujuan kesehatan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Rajin mengonsumsi Vitamin C akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Contohnya bisa dibuktikan dari penyembuhan luka dalam waktu singkat jika asupan Vitamin C dalam tubuh seseorang sangat mencukupi. Sel-seldarah putih dalam tubuh berfungsi untuk mempercepat kesembuhan luka. Produksi dari sel-sel darah putih itu sangat tergantung pada asupan Vitamin C yang dimiliki. Oleh karena itu, sangatdiwajibkan untuk mengonsumsi Vitamin C secara teratur jika ingin meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah dari infeksi serta risiko penyakit lain yang lebih parah.

Pasien yang habis di operasi pun diwajibkan untuk mengonsumsi Vitamin C yang cukup. Tujuannya untuk mempercepat proses penyembuhan paska operasi. Buktinya akan terlihat sendiri bagi yang terbiasa mengonsumsi Vitamin C secara wajar dengan tubuh yang terasa lebih segar dan kuat.

Awet Muda
Mungkin terasa aneh tapi memang demikian buktinya. Bukan dalam artian awet muda yang tak bertambah-tambah usianya, melainkan merawat dan meremajakan sel-sel dalam tubuh. Khususnya adalah sel-sel kulit atau kolagen. Orang yang terbiasa mengonsumsi Vitamin C secara cukup akan merasakan dampaknya secara langsung. Misalnya pada kulit yang selalu segar dan berseri-seri. Hal itu sangat menjelaskan mengapa banyak produk kecantikan diolah dengan campuran Vitamin C. Namun tidak hanya bagi kaum wanita, karena para pria pun akan merasakan langsung efek positif dari mengonsumsi Vitamin C secara teratur.

Itulah limaal asan penting mengapa kita wajib mengonsumsi Vitamin C. Yang jelas adalah masih banyak lagihal-hal positif yang bermanfaat jika kita mengonsumsi Vitamin C secara teratur. (Adv)

1 komentar:

  1. tuhan menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya, begitu juga buah yang satu ini kecil tapi besar manfaatnya.

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.