Rhodoy R. Ediyansyah

Kamis, 11 Februari 2016

Pertimbangan dalam Memilih Bisnis Franchise Mana yang Terbaik

rhodoy.com - Ketika hendak menentukan jenis bisnis mana yang sesuai dengan kepribadian maka Kita akan berkenalan dengan beragam bentuk bisnis. Salah satunya bisa jadi mulai mengenal bisnis franchise atau waralaba yang merupakan bisnis dengan proses pendirian yang simple. Dikatakan simple atau sederhana karena Kita merupakan pembeli produk beserta merk dan juga hak usaha. Namun semuanya siap jadi atau sudah siap dijalankan sehingga sudah memiliki produk dan merk yang memiliki keunikan tersendiri.

Bisnis Franchise
Bisnis Franchise
Meski menjadi angin segar bagi kalangan pebisnis yang baru saja menceburkan diri namun ada pula point kekurangan dan kelebihan. Memang menjadi suatu yang wajar, namun jika dihadapkan pada kemungkinan kekurangan yang dimiliki. Sudah tentu Kita sebaiknya teliti dalam memutuskan jenis franchise yang akan ditekuni. Ada beberapa orang yang sukses dengan usaha franchise-nya namun ada beberapa pula yang harus menelan pahit resiko gulung tikar. Untung dan rugi menjadi bumbu tersendiri dalam membangun dan mengembangkan usaha. Franchise secara khusus ternyata membutuhkan kesiapan tertentu, meliputi:

1. Pemilihan brand yang berkualitas,
Usaha dalam bentuk franchise membuat Kita langsung bertemu sebuah bisnis yang glondongan atau satu paket siap saji. Kita sudah memiliki produknya sekaligus merknya, soal bahan dan kebutuhan mendirikan usaha pun tersedia lengkap. Maka sebagai bentuk kehati-hatian dalam berbisnis menjadi kewajiban untuk memilih brand yang sudah mendapatkan pengakuan. Sebab brand tersebut sudah memiliki tempat di hati masyarakat, lebih mudah mencari konsumen dan mengembangkannya. Semakin diakui sebuah brand franchise maka akan semakin mudah pengelolaannya di masa mendatang.

2. Produk jualan yang tepat tempat,
Dimanakah Anda akan membangun bisnis berbau franchise tersebut? Maka pilih jenis franchise yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar lokasi usaha. Semisal di perkotaan maka akan lebih mudah memilih franchise makanan siap saji dengan kemasan menggoda. Misal kentang goreng, jamur crispy, ayam goreng, burger, pizza mini, dan lain sebagainya. Namun jika berada di pedesaan atau pemukiman yang masih sepi maka lihat dulu selera masyarakatnya. Terlebih soal harga, usahakan memilih harga yang mudah dijangkau agar semua target market bisa membelinya tanpa pikir panjang.

3. Sistem manajemen franchise yang dipilih,
Franchise yang sudah terpercaya dan memiliki banyak anggota tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Pastinya memiliki tata kelola usaha dari pusat yang baik, mulai dari proses pemesanan bahan baku, material usaha, laporan keuangan, kebutuhan modal, pelatihan, dan lain sebagainya. Semakin teratur suatu manajemen bisnis franchise maka semakin terpercaya brand tersebut. Jangan sampai Kita hanya sekedar membeli hak usaha namun selebihnya dibiarkan begitu saja tanpa ada pantauan dan training khusus. Ibaratnya beda tipis dengan membuka usaha sendiri dimana justru bisa memberikan profit yang skalanya lebih tinggi.(Adv)

9 komentar:

  1. Brand yang bagus bikin pembeli jadi senang belanja dan terjamin kualitasnya juga ya, mas.

    BalasHapus
  2. Selalu mengatur manajemen keuangan itu yang menjadikan bisnis akan terus berjalan gan

    BalasHapus
  3. Wah makasih tipsnya mas Rhodoy. Ngumpulin modalnya dulu nih

    BalasHapus
  4. Simple but powerfull. Setuju sih, kalau mau buka bisnis itu gak bisa sekedar punya modal. Tapi kita harus analisa dulu, dari mulai place, partner, calon konsumen, hingga ke saingan bisnis.
    Franchise emang lebih mudah, karena supply dll ada yang manage. Tapi point place itu penting.

    Salam,
    Indoclaza (www.indoclaza.com)
    Share the positivity !

    BalasHapus
  5. Memang, mas... saya setuju, kalau jualan memang seharusnya di tempat yang tepat dengan apa yang kita jual. kalo jual Es Teh (Dingin) di tempat yang dingin, kemungkinan lakunya rendah, mas.... (y)

    BalasHapus
  6. kalau di daerah ane musti ganti ganti franchise karena selama 3 bulan an mungkin udah jarang yang beli

    BalasHapus
  7. Nice, pertimbangan memang sangat diperlukan dalam pengelolaan bisnis tertentu, dari segala hal penting seperti yang sobat katakan di atas, di upayakan untuk mempersiapkan diri agar lebih matang dan siap, benar enggak?

    BalasHapus
  8. blogwalking mas. kunjungan perdana.

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.