Rhodoy R. Ediyansyah

Senin, 20 November 2017

Ulasan Seputar Jenis Trafo Dan Pentingnya Perawatan Genset

rhodoy.com - Berbagai komponen listrik sebetulnya sudah ada di sekitar Anda sejak lama. Namun Anda yang tidak menggeluti dunia listrik pasti sering bingung dengan komponennya yang seolah hampir semuanya sama. Salah satu komponen kelistrikan yaitu trafo dimana dibuat untuk ragam tujuan demi menaikkan tegangan, memberi pilihan tegangan sampai menurunkan isolasi pada pemakainya. Penjelasan singkat dari trafo ini adalah alat yang bisa memindah daya antara 2 kumparan secara proses induksi elektromagnetik. Karena peran pentingnya ini, maka perawatan genset pun wajib dilakukan.

Jenis Trafo
Ilustrasi 
Pada dasarnya trafo hanya bisa digunakan untuk dapat melakukan perubahan pada tegangan AC dengan cara mengubah tegangan AC menjadi tegangan output yang pengguna perlukan. Tujuan dari hal ini adalah demi mendapatkan tegangan berbeda untuk disesuaikan dengan alat yang dibutuhkan. Pada dasarnya, trafo ini tidak punya kemampuan dalam menstabilkan tegangan sehingga tegangan di bagian kumparannya bisa berubah sesuai perubahan pada tegangan primernya. Ketika tegangan inputnya naik, maka tegangan pada output pun akan naik. 

Berikut ini beberapa jenis trafo yang ada berdasar fungsi:

  1. Trafo step up - trafo yang satu ini berguna demi menaikkan trafo untuk tegangan tertentu menjadi ke tegangan output lebih tinggi dibandingkan dengan tegangan masuknya. Misal saja pada trafo dengan 220 Volt ke 380 Volt karena apabila dimasukkan ke tegangan 220 Volt maka ke bagian output akan keluar 380 Volt.
  2. Trafo step down - pada trafo ini kinerjanya sebaliknya dari trafo step up yang bekerja untuk menaikkan tegangan.
  3. Trafo isolasi - untuk trafo jenis ini dipakai demi menyaring bocoran arus DC ke peralatan berkemungkinan yang mampu merusaknya. Selain itu, trafo satu ini pun bisa digunakan mengisolasi listrik pada berbagai sumber. Trafo bisa dirancang mengeluarkan ragam tegangan berbeda pada berbagai alat tanpa harus terganggu pengaruh alat lain yang berbeda.

Dengan segala fungsi yang penting, maka tak heran jika perawatan genset secara berkala sangat diperlukan. Untuk itu, pastikan menyerahkan maintenance-nya pada Sewatama yang sudah berpengalaman pada dunia kelistrikan sehingga akan merawat trafo yang Anda miliki dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.