Enter your keyword

Jumat, 27 Oktober 2017

Persiapan Persalinan yang Baik di Usia Kandungan 7-9 Bulan

rhodoy.com - Beberapa orang tua tak jarang diliputi rasa cemas bercampur bahagia, saat menanti kelahiran buah hati mereka. Apalagi calon ibu yang baru saja mengandung anak pertamanya. Oleh karena itu diharapkan persiapan persalinan yang baik sejak dini dilakukan oleh ibu hamil. Maksimal saat kandungan menginjak usia 7 bulan.

 

Persiapan Persalinan
Ilustrasi 

Persiapan di Usia Kandungan 7 Bulan

Saat kandungan berada di usia 7 bulan, diharapkan ibu rutin memeriksakan kandunganya 2 minggu sekali. Makanan pada trimester ketiga ini juga perlu diperhatikan. Di usia 7 bulan, ibu hamil membutuhkan sekitar 450 kalori per hari, dengan omega3 dan kalsium. Karena perkembangan otak bayi semakin pesat.

Selalu perhatikan setiap gerakan janin. Pada usia kehamilan ini, umumnya ibu sudah bisa merasakan gerakan janin yang menendang-nendang. Bahkan Anda dapat mengetahui kapan si kecil tidur ataupun bangun. Teliti dalam pegerakan bayi dan segera laporkan pada dokter jika terdapat perubahan pada aktivitas bayi.

Mulailah banyak melakukan senam hamil dan peregangan khusus untuk wanita hamil. Anda juga bisa melakukan pemijatan halus pada perut. Pijat perut secara lembut. Usap saja secara perlahan  mengikuti kontur perut. Selain dapat mengurangi stress, hal ini juga bisa membuat Anda semakin dekat dengan buah hati.

Kurangi aktivitas berat yang membuat Anda mudah kelelahan, karena hal itu sama sekali tidak disarankan untuk ibu hamil. Usahakan Anda istirahat yang cukup dan tidur senyaman mungkin dengan posisi tubuh miring dan lutut ditekuk. Posisi ini selain membuat ibu nyaman, juga membuat buah hati ikut merasa nyaman.

 

Persiapan di Usia Kandungan 8 Bulan

Tetap lakukan kegiatan yang dianjurkan di usia 7 bulan di masa kehamilan 8 bulan. Selain itu, Anda mulai bisa mempersiapkan perlengkapan bayi, jika Anda sudah mengetahui hasil USG bayi Anda, laki-laki ataukah perempuan.

Selain mempersiapkan kebutuhan bayi, Anda juga perlu memperhatikan persiapan persalinan yang baik jauh-jauh hari. Di masa kehamilan 8 bulan ini Anda perlu menyiapkan satu tas besar berisi perlengkapan persalinan. Pastikan semua kebutuhan Anda telah siap berada di dalam tas.

Setiap ibu hamil ingin menghindari jahitan setelah melahirkan. Tips agar terhindar dari hal ini adalah dengan melakukan pemijatan parineam, yang dapat dilakukan oleh pasangan dengan memijat bagian antara jalan lahir dan anus. Selain itu senam kegel juga merupakan solusi yang tepat.

Ajak bayi Anda bicara untuk mendekatkan komunikasi antara ibu dan bayi. Karena di tahap ini, pendengaran bayi Anda sudah lengkap dan sempurna. Mulai diskusikan rumah sakit atu dokter yang Anda percayai saat nanti menjelang melahirkan. Persiapkan jauh-jauh hari segala yang Anda butuhkan tentang persalinan.

 

Persiapan di Usia Kandungan 9 Bulan

Persiapkan bayi agar berada pada posisi yang siap untuk dilhirkan. Gerakan sujud dalam sholat dapat membantu pembenaran posisi bayi. Jalan kaki santai di sore hari selama 20 menit juga dapat membantu posisi bayi lebih dekat dengan jalan lahir. Lakukan USG untuk melihat perkembangan posisi bayi.

Tetap lakukan olahraga ringan, jalan kaki berenang ataupun yoga. Lakukan kegiatan yang dapat membuat hati Anda senang, namun tetap kurangi frekuensi aktivitas yang terlalu menguras tenaga. Tetap berpikir positif dan kurangi stress berlebihan.

Ikuti kursus persalinan. Di sana Anda dapat melakukan latihan pernafasan, pembelajaran tentang menghadapi persalinan, sharing dengan ibu-ibu lainnya yang juga mengikuti kursus. Hingga hipnotherapy yang dapat mengurangi kecemasan berlebihan menjelang persalinan.

Saat terjadi kontraksi tiba-tiba, jangan langsung panik. Penting jika ada orang yang selalu berada di samping Anda. Terlebih pasangan. Di sini peran Ayah sangat penting bagi ibu yang sedang menjalani proses menjelang melahirkan. Kontraksi dapat terjadi jauh sebelum  persalinan terjadi dan bahkan bisa juga saat mendekati persalinan.

Saat fase pembukaan tetap atur nafas dan berusahalah berfikir bahagia, agar Anda terhilang dari stress. Saat pross persalinan, ikuti intruksi dokter saat mengejan. Di sini peran ibu dalam mengatur nafas dan mengejan sangat berpengaruh pada proses  persalinan.

Proses melahirkan adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh Anda dan pasangan. Pastikan momen ini Anda lewati dengan kompak berdua, sehingga segala persiapan persalinan yang baik dapat dilakukan dengan lancar. Satu hal yang terpenting ,siapkan mental dan fisik Anda menjelang persalinan, agar ibu dan bayi terlahir dengan selamat dan sehat. (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.