Rhodoy R. Ediyansyah

Rabu, 25 Oktober 2017

5 Cara Membersihkan Gigi yang Benar pada Pemilik Gigi Sensitif

rhodoy.com - Persentase seseorang untuk terkena gigi sensitif ternyata cukup tinggi, yaitu lebih dari 75% karena dari 4 orang yang diteliti, 3 orang diperkirakan mengalaminya. Sayangnya, kekurangtahuan terhadap cara membersihkan gigi yang benar justru memperparah kesensitivan yang dialami gigi mereka.

Gigi Sensitif
Ilustrasi 
Menurut American Dental Association, faktor umum pemicu gigi di antaranya yaitu terlalu agresif saat menyikat gigi, gigi retak dan penyakit gusi. Gejala akan mulai sering dirasakan seiring menghilangnya lapisan terluar gigi (enamel) dan dentin (lapisan lembut dalam gigi) akibat gusi yang terbuka. Alhasil, saraf dalam gigi pun mudah terkena rangsang.

Selain enamel yang terkikis dan terpaparnya dentin karena gusi yang terbuka, penyebab ngilu lainnya yang perlu kamu tahu yaitu adanya lubang pada gigi sehingga menjadi sarang bakteri, efek samping dari pemutihan gigi, peradangan pada gusi (gingivitis), menyikat gigi terlalu kencang, penimbunan tartar/plak, dan konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam.

Untuk kamu yang mengalami keluhan karena gigi yang peka dan ngilu saat bersinggungan dengan makanan atau minuman panas, dingin, manis, dan asam, ini menunjukkan gejala gigi sensitif. Saat ini belum ada obat mujarab untuk mengatasinya, jadi untuk meringankan gejala, kamu hanya bisa memakai pasta gigi khusus gigi sensitif dan permen non-lunak tanpa gula.

Jika kamu memilih untuk memeriksakan diri ke dokter gigi, selain menganjurkan untuk menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif dan mengonsumsi permen, dokter akan mengolesi gigimu yang sensitif dengan flouride dan meresepkannya untuk digunakan di rumah agar dapat memperkuat email gigi dan meredakan ngilu.

Solusi lainnya yaitu dengan bonding resin (lapisan pengikat untuk mengikat atau menebalkan permukaan akar gigi yang terpapar), bedah gusi (pengambilan gusi dari bagian lain untuk kemudian dipasang pada bagian yang hilang), serta proses perawatan pulpa gigi di saluran akar (root canal). 

Solusi-solusi tersebut merupakan solusi atau cara penanggulangan gigi sensitif. Sebenarnya ada cara antimainstream yang dipercaya lebih efektif mengatasi gigi ngilu karena sensitif. Apa itu? Nggak gosok gigi. What? Lahirnya cara ini karena adanya anggapan penyebab utama gigi sensitif adalah karena aktivitas menyikat gigi. Benarkan demikian?

Jika melihat kondisi terkikisnya enamel dan terpaparnya dentin karena gusi yang terbuka, anggapan itu memang agak benar adanya. Tapi jangan lantas membuatmu benar-benar melepas aktivitas menyikat gigi ya karena aktivitas ini merupakan salah satu cara membersihkan gigi yang benar.

Selain tetap menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan menyikat gigi dua kali sehari, ada 5 hal yang perlu menjadi catatan penting untuk kamu. Pertama, gunakan bulu sikat lembut, pasta gigi ber-flouride, pilih pasta gigi yang kadar tiap kandungan di dalamnya nggak menyebabkan enamel mudah terkikis.

Kedua, jangan menggosok gigi terlalu sering atau sekuat tenaga/kasar. Hindari juga aktivitas mengasah gigi yang dapat menyebabkan gigimu retak dan menjadi sensitif.

Ketiga, jangan langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung rasa asam. Tunggu hingga rasa asam menghilang dari mulut kamu karena asam membuat enamel melunak sehingga mudah terkikis saat disikat.

Keempat, batasi makanan dan minuman asam yang memicu terkikisnya enamel, seperti minuman es, soda, yoghurt, dan jeruk sitrus. Kalaupun terpaksa, gunakan sedotan untuk mengurangi risiko munculnya gejala sensitif pada gigi kamu.

Kelima, jangan tergoda dengan minuman rasa-rasa tertentu karena minuman terbaik adalah air tawar. Perbanyak minum air putih atau air mineral untuk menormalkan kadar asam di mulut setelah mengonsumsi susu dan makanan serta minuman yang mengandung rasa asam.

Gigi sensitif memang kadang membuat frustasi dan ingin marah-marah. Kamu bisa mencegahnya dengan 5 cara di atas atau mengurangi frekuensi sikat gigi dan memperbanyak minum air. Dengan mengetahui gejala dan cara membersihkan gigi yang benar terhadap gigi sensitif mu, maka aktivitas harianmu akan kembali menyenangkan. Selamat mencoba! (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.