Enter your keyword

Sabtu, 16 September 2017

Resep Nasi Goreng Bayam Nugget: Menu Bekal Sekolah yang Menyehatkan

Rhodoy.com - Sayuran bayam sangat mudah ditemui di pasar. Kalau anak Anda penggemar nasi goreng, tidak ada salahnya mencoba resep ini untuk menu bekal sekolah. Daun favorit Popeye Si Pelaut ini punya manfaat penting, lho. Bisa menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, dan produsen zat besi yang cukup produktif. 

Nasi Goreng Bayam Nugget
Ilustrasi: klikndari.blogspot.com

Jika kita menyandingkan sayur dengan anak-anak, mungkin kebanyakan ibu memang pesimis mengingat umumnya karakter anak yang tidak menyukai sayuran terutama sayuran hijau. Namun, percaya atau tidak, salah satu penyebabnya adalah karena sayuran yang disuguhkan kepadanya tidak variatif dan tidak diolah secara menarik. Anda pun wajib mencoba resep nasi goreng yang satu ini. Penasaran bagaimana cara bikinnya? Mudah sekali, kok. Anda tinggal ikuti langkah berikut ini.

 

Siapkan Bahan-Bahannya

•    Sepiring nasi
•    Nugget sayur (sesuai selera)
•    3 siung bawang merah (boleh lebih biar makin gurih)
•    2 siung bawang putih (pilih yang kering, ya)
•    11 tangkai daun bayam (sesuai selera)
•    1 sendok makan saus tiram
•    1 sendok teh lada
•    Garam secukupnya
•    Gula secukupnya
•    Blue band secukupnya

 

Prosedur Pembuatannya

Tahap Pertama: Pengirisan atau Pencincangan

Tahap ini Anda boleh pilih antara pencincangan maupun pengirisian. Keduanya bisa menciptakan tekstur hasil nasi goreng yang berbeda. Kalau mau yang lebih lembut, pilih pencincangan. Kalau mau yang karakter kuat, iris tipis. Apa yang diiris atau dicincang? Tentu saja bawang merah dan bawang putih.

 

Tahap Kedua: Penumisan Bumbu

Ambil blue band secukupnya. Taruh ke penggorengan. Setelah panas dan dirasa cukup tua, baru tumis bawang merah dan juga bawang putih tadi. Sebagai pelengkap rasa, Anda tambahkan juga saus tiram dan lada. Kalau si kecil tidak suka pedas, kadar ladanya boleh dikurangi. Ini untuk mengajari lidah si kecil agar mau beradaptasi dengan rasa pedas.

 

Tahap Ketiga: Padukan dengan Bayam

Pada tahap ini masukkan lembaran-lembaran daun bayam yang sudah disiapkan tadi. Tumis bersama bumbu-bumbu tadi hingga layu. Tujuannya agar nanti ketika dicampur nasi bisa lebih padu. Selain itu juga untuk membunuh kuman yang mungkin masih menempel di sela-sela daun. Proses sterilisasi ini penting sekali untuk kesehatan si kecil nantinya.

 

Tahap Keempat: Haluskan dengan Blender

Tahap penghalusan bumbu yang telah tercampur dengan bayam akan membuat tekstur menu bekal sekolah ini nantinya lebih terasa. Beda sekali dengan bumbu yang tidak hancur melainkan langsung dicampurkan nasi. Kenikmatan dan juga percampuran bumbu pada nasi akan jauh lebih merata yang sudah dihaluskan terlebih dahulu.

 

Tahap Kelima: Campurkan Semua Bahan

Setelah dihaluskan, silakan Anda masukkan lagi blue band secukupnya. Panaskan. Masukkan bayam-bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis sampai dirasa cukup. Setelah itu baru sepiring nasi dimasukkan. Dicampur-adukkan hingga benar-benar merata. Jangan lupa tambahkan gula dan garam secukupnya. Aduk terus hingga nasi terasa sudah empuk dan gurih.

Pada tahap penyajian, tambahkan nugget sayur sebagai teman nasi goreng bayam. Jadilah menu bekal sekolah untuk si kecil yang kaya akan potensi kesehatan. Kotak makanan usahakan dicuci bersih dan dikeringkan sebelumnya. Biar cita rasa nasi goreng bayam nuggetnya terjaga. Selain itu juga untuk menghindari kesan masih berbau sabun. Dengan senantiasa sedia bekal, anak-anak akan lebih ceria saat bersekolah. Selamat mencoba.

8 komentar:

  1. Tambahan, kalau beli bayamnya di pasar tradisional, pastikan daun yang dipetik beneran bayam. Kadang kecampur tumbuhan lain yang mirip. Jadi baunya agak-agak gimana gitu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Om, sekarang ini zamannya harus serba hati-hati.

      Hapus
  2. Nasi goreng adalah menu sejuta umat, bisa dikreasikan dengan banyak menu lain. Anak2 pasti bakal suka kl dibawain bekal yang unik dan bervariasi. Terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unik dan bervariasi serta tetap mengedepankan nilai gizi yang terkandung

      Hapus
  3. boleh dicoba nih resepnya soalnya akhir2 ini ibu saya kalo bawain bekal sekolah untuk adik saya selalu nasi uduk dan menurutku makanan itu kurang sehat. Makasih sudah berbagi resepnya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan sehat sangat penting untuk pelajar Om

      Hapus
  4. keluarga ane uda tamat sekolah semua sih, tapi ntar ane tes buat dah, jadi ngilerr... haha :v

    BalasHapus
  5. besok kalau pas pengen bisa bikin nugget pakai resep ini ya mas hehe, aku kalau dirumah juga suka bereksperimen memasak sesuatu yang baru, entah hasilnya enak atau tidak haha

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.