Enter your keyword

Rabu, 13 September 2017

Lakukan Persiapan Ini Saat Akan Membawa Hewan Peliharaan Naik Pesawat

rhodoy.com - Para pencinta hewan pasti tidak tega meninggalkan hewan peliharaannya saat berlibur. Kalau hanya berlibur ke tempat yang dekat, kita bisa mengajak hewan peliharaan untuk ikut. Namun bagaimana jika kita akan pergi naik pesawat?

Hewan Peliharaan
Ilustrasi 

Ternyata kita bisa mengajak hewan peliharaan ikut pergi berlibur bila ingin naik pesawat. Kita harus melakukan beberapa persiapan matang berikut ini agar bisa mengajak hewan peliharaan naik pesawat:

 

Mencari Informasi Lengkap dari Maskapai

Setiap maskapai memiliki aturan yang berbeda untuk urusan membawa hewan peliharaan. Jadi, kita harus mencari informasi lengkap terlebih dahulu. Jangan sampai keterbatasan informasi malah menyulitkan kita. Selain aturan yang berbeda, budget yang harus disiapkan juga bervariasi. Kita harus mulai merencanakan persiapan budget untuk hewan peliharaan dari sekarang.

 

Jangan Lupa dengan Dokumen-Dokumen Penting

Hewan peliharaan yang akan naik pesawat harus memiliki dokumen-dokumen yang lengkap. Beberapa surat yang dibutuhkan antara lain surat keterangan sehat dari dokter hewan, surat izin dari badan karantina hewan, dan surat pembebasan tanggung jawab ketika hewan diterima di bandara. Dokumen-dokumen tersebut adalah persyaratan penting yang dibutuhkan agar perjalanan liburan bersama hewan peliharaan semakin lancar.

 

Mengatur Kebiasaan Hewan Peliharaan

Bila hewan peliharaan kesayangan kita tak terbiasa tinggal di kandang, maka kita harus mulai membiasakannya. Cobalah memasukkan hewan peliharaan ke kandang minimal 7 hari sebelum naik pesawat. Agar hewan peliharaan tidak rewel dan siap beradaptasi dengan keadaan kandang. Ketika naik pesawat, semua hewan tentu harus berada di kandang agar lebih aman dan tetap sehat.

 

Kebiasaan Makan Hewan Juga Tak Kalah Penting

Untuk menghindari mabuk ketika penerbangan berlangsung, sebaiknya kita memberi makan dan minum hewan beberapa jam sebelum keberangkatan. Kondisi perut yang terlalu penuh malah membuat hewan peliharaan rentan mabuk. Kita tentu tak mau kan hewan peliharaan kita jadi sakit saat tiba di tempat liburan.

Selain memperhatikan kebutuhan hewan peliharaan, kita juga wajib menjaga keselamatan diri sendiri. Miliki asuransi perjalanan berkualitas yang akan memproteksi diri kita dan barang bawaan selama berlibur. Kepemilikan asurangi perjalanan (travel insurance) sangat penting untuk perjalanan domestik maupun luar negeri. Pastikan semua kebutuhan liburan terpenuhi dengan baik, termasuk asuransi perjalanan dan pengurusan hewan peliharaan kita. Maka liburan pun akan semakin menyenangkan dan berjalan sesuai rencana.

12 komentar:

  1. hanya sebagai perbandingan.. bukannya membawa binatang peliharaan akan lebih menyusahkan gan... bukannya lebih baik di titipkan saja di jasa penitipan hewan.. ?

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya hehe, akan saya ikutin caranya

    BalasHapus
  3. tips sangat membantu, selain itu kebutuhan obat-obatan buat hewan juga,

    BalasHapus
  4. Bermanfaat artikelnya, Bisa ane praktekin nih nanti waktu traveling...

    BalasHapus
  5. terkadang kasian juga kalau ada peliharaan di rumah yang ditinggal...
    menitipkan hewan peliharaan ke tempat penitipan juga bs menjadi solusi

    nah, kalau pemiliknya sangat sayang dgn peliharaan nya maka membawanya liburan jg sah sah saja dan tulisan ini akan membantu sekali untuk mempersiapkannya :)

    BalasHapus
  6. makasih informasinya mas,
    tahun kemarin saya naik pesawat membawa peliharaan kucing, kata pramugarinya..

    pramugari: maaf pak, kami tidak diperbolehkan membawa peliharaan apa saja didalam pesawat dikarenakan takut menggangu penumpang yang lain...
    akhirnya di titipin keluarga dan harus meninggalkan hewa peliharaan...

    BalasHapus
  7. aku ga tau klo ternyata boleh bawa hewan :D

    BalasHapus
  8. ternyata boleh bawa hewan ya.. saya kirain nggak boleh, nice info

    BalasHapus
  9. Jarang sih ada maskapai yg mengizinkan, kalaupun ada mungkin terlampau mahal. Lebih baik dititipkan ke tempat penitipan yang terpercaya. Toh, saat kita melakukan perjalanan jauh, mungkin kita jg sibuk dengan diri sendiri..

    BalasHapus
  10. Wahh.. Makasih mas infonya walaupun saya ga punya hewan pliharaan tapi cukup nambah wawasan (y) Semangat blogger indonesia :)

    BalasHapus
  11. terima kasih gan infonya sangat membantu, namun apakah ada obat semacam anti mabuk perjalanan untuk hewan ? mohon referensinya terima kasih

    BalasHapus
  12. Wah baru tau kalau bisa bawa hewan peliharaan di pesawat. Walaupun ribet sih

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.