Enter your keyword

Kamis, 03 Agustus 2017

Yuk Kenali Semua Tentang Hepatitis A, B dan C Disini

Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang peringatan hari Hepatitis sedunia  yang tepat pada tanggal 28 Juli. Tahun 2017 peringatan hari Hepatitis ini menginjak yang ke delapan. Kementerian Kesehatan Indonesia juga turut merayakan dengan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan dengan tema “Eliminasi Hepatitis menuju Keluarga Sehat” di beberapa kota termasuk Bandar Lampung.

Hepatitis
Pasukan Tapi Blogger
Pada puncak peringatan Hari Hepatitis sedunia tahun 2017 di Bandar Lampung Kementerian Kesehatan mengadakan Temu Blogger. Dalam acara ini saya bersama teman-teman dari Tapis Blogger berkesempatan untuk ikut andil. Bagi saya kegiatan ini sangat penting karena mendapat pelajaran yang berharga tentang bahaya Hepatitis. Jujur saja, sebelumnya saya tidak banyak mengetahui tentang penyakit ini karena tidak terlalu familiar seperti halnya Jantung, paru-paru, dan lain-lain.

Mungkin teman-teman ada pertanyaan, apa sih Hepatitis itu? Hepatitis adalah proses peradangan sel-sel hati yang disebabkan oleh obat-obatan, alkoholik, perlemakan, parasit dan berberapa jenis virus. Tapi yang menjadi penyebab utaman Hepatitis adalah infeksi virus Hepatitis.

Hepatitis ini sendiri terbagi menjadi lima yaitu Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D, Hepatitis E. Tapi saya akan membahas tiga jenis saja yang menurut saya wajib diketahui diantaranya;

 

Hepatitis A

Jenis Hepatitis ini memiliki gejala yang bervariasi seperti kurang nafsu makan, demam, warna urine menguning seperti the, mual dan muntah-muntah. Penyakit ini cendrung tidak menunjukan adanya gejala pada balita. Penularan Hapatitis A ini bisa melalui makanan atau minuman. Tapi bagi yang sudah pernah mengindap penyakit ini dan sembuh maka tubuh kita akan kebal dari virus Hepatitis A. Hal ini kerena didalam tubuh kita akan terbentuk anti-HAV yang mampu memberikan perlindungan terhadap infeksi virus hepatitis A .

 

Hepatitis B   

Hepatitis B adalah sebuah penyakit yang menyerang hati dan bisa bersifat akut, kronik hingga menyebabkan pengerasan hati atau sirosis. Penularan penyakit ini bisa secara vertical, penularan dari ibu kepada anak yang baru dilahirkan. Selain itu juga bisa juga secara horizontal melaui jarum suntik yang tidak steril. Penyakit ini cukup menghawatirkan karena diperkirakan dua milyar penduduk dunia terinfeksi virus hepatitis B dan diperkirakan juga sampai terjadi kematian sebanyak 600.000  orang setiap tahun akibat Hepatitis B.

 

Hepatitis C

Hampir sama dengan resiko hapetitis B, jenis hepatitis ini juga memiliki resiko kronis yaitu sirosi atau kanker hati. Begitu juga dengan penularannya, bisa melalui jarum suntik yang tidak steril dan secara vertical dari ibu ke anak yang baru lahir meskipun relatif lebih sedikit dibanding hepatitis B. perlu diingat juga, saat ini belum ada vaksin hepatitis C. Oleh karena itu melakukan pencegahan sangat penting untuk menghindari resiko terinfeksi virus hepatitis C ini.

Secara umum, satu dari empat pengindap penyakit Hepatitis meninggal yang diakibatkan oleh kanker atau gagal hati. Sehingga penting bagi kita untuk melakukan pencegahan dan pengendalian hepatitis dengan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang hepatitis. Selain itu juga mencegah terjadinya penularan sehingga mampu menekan angkan kesakitan dan kematian yang disebabkan oleh virus hepatitis. Dengan begitu maka kualitas hidup sehat akan meningkat dengan adanya eliminasi hepatitis.

Demikian oleh-oleh saya mengikuti temu blogger dengan kementerian kesehatan dalam rangkaian acara peringatan Hari Hepatitis Sedunia. Semoga anda yang membaca tulisan ini ikut merasakan manfaat dari apa yang saya dan teman Tapis Blogger dapatkan dari acara tersebut.

Yang terakhir saya minta kritik dan saran yang sifatnya membangun tulisan saya kedepannya. Jika anda seorang blogger keren yang belum berteman dengan rhodoy.com silahkan follow dulu biar tambah akrab.

45 komentar:

  1. Lantas kira2 tindakan apa yg bisa dilakukan pemerintah untuk mengatasi penyakit ini agar masyarakat bisa hidup sehat jauh dari penyakit ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi dari pemerintah ada Imunisasi Hepatitis Om.

      Hapus
  2. Saya yang kurang update atau memang kurang ada yang update sehingga saya benar-benar ga aware kalau tanggal 28 Juli kemarin adalah hari hepatitis dunia.

    penyakit ini memang udah terkenal bahaya, namun sampai sekarang saya belum tahu perbedaan antar tiap jenisnya. Thanks mas sudah menjelaskan melalui artikelnya karena mungkin kalau tidak baca disini, saya tidak akan cari tahu lebih lanjut sama sekali hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk masyarakat Indonesia Om.

      Hapus
  3. Wah ini nih yang harus diwaspadai, mulai sekarang harus pintar2 jaga kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Om, karena kalau sudah kronis bisa mematikan.

      Hapus
  4. Saya rasa banyak orang yang tidak mengerti dan menyadari bahayanya hepatitis ini. Pemerintah pun seharusnya nya mensosialisasi bahayanya penyakit ini. Dengan adanya acara peringatan hepatitis sedunia ini semoga banyak orang yang mengerti dan menyadari bahayanya hepatitis ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Om, termasuk acara ini juga merupakan bagian dari sosialisasi pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan.

      Hapus
  5. mksih sudah menjelaskan melalui artikelnya, harus kudu di waspadai juga ya..

    BalasHapus
  6. semoga kita semua terhindar dari penyakit Hepatitis dan penyakit apapun itu... Thanks gan, jadi tambah pengetahuan...

    BalasHapus
  7. banyak jenisnya ya penyakit hepatitis ini

    BalasHapus
  8. kita harus hati-hati, lebih baik mencegah dari pada mengobati

    BalasHapus
  9. Hepatitis memang kita harus perhatikan baik" dan harus mengetahui apakah itu A atau B maupun C agar dapat mengatasinya #IndonesiaSehat

    BalasHapus
  10. Gan cara menghindari agar tidak terkena penyakit Hepatitis apa saja tips nya ?

    BalasHapus
  11. haduhh ngeri banget yaa kena hepatitis. setelah baca artikel ini. harus berhati hati memilih makan dan yg lainnya. nice bang artikelnya

    BalasHapus
  12. wah thanks gan ilmu nya.. bisa jadi lebih menjaga kesehatan lagi supaya biar gak kena hepatitis..

    horor

    BalasHapus
  13. cara simple agar mencegah hepatitis menurut saya dengan cara biasakan untuk tidak selalu berbagi dengan para seseorang yg terkena hepatitis, contohnya gelas minuman, sendok.

    BalasHapus
  14. makasih banyak gan, nambah wawasan saya tentang hepatitis...

    BalasHapus
  15. nice info gan. tambah wawasan nih biar kalau ditanya bisa jawab.

    BalasHapus
  16. Bermanfaat sekali gan,....
    Sekarang kita jadi lebih mengerti akan kesehatan dan peduli akan cara hidup agar terhindar dari penyakit yang mematikan... Btw blog kamu bagus gan

    BalasHapus
  17. Saya pribadi salah satu cara terhindar dari penyakit dengan menjaga pola makan dan pola istirahat serta dibarengi olahraga rutin. Karena sakit itu mahal termasuk berbagai jenis hepatitis.

    BalasHapus
  18. Berbahaya banget ternyata penyakit Hepatitis. Keluarga saya ada juga yang pernah kena penyakit ini mas.

    BalasHapus
  19. kalau orang desa lebih mengenal Hepatitis dengan istilah penyakit kuning. Dan, mereka tidak mengerti golongan A, B, atau C. Tapi, cara penyembuhannya cukup unik dengan menelan kutu.

    BalasHapus
  20. Sungguh beryukur diberikan sehat Oleh Yang Maha Kuasa. Kakak saya pernah mengalami Hepatitis B dirawat beberapa hari di RS, thank Gan... tambahan wawasannya nih...

    BalasHapus
  21. penyakit hepatitis memang serem gan,bias menyerang orang2 yg kurang gerak dan olahraga,sodara dl pernah ada yg kena hepatitis.orangnya males ngapa2in..maka dari itu olahraga seminggu wajib,biar ga mudah terkena penyakit apapun jg.

    BalasHapus
  22. wah pengen join juga ikut kumpul kayak gini ,nambah wawasan banget, hepatitis penyakit yang diremehin tapi kalo udah kelamaan malah jadi musuh besar :(

    BalasHapus
  23. Terima kasih, informasinya sangat bermanfaat. Jadi tau perbedaan antara ketiganya.

    BalasHapus
  24. akhirnya saya tau gejala gejala Hepatitis sehingga dapat lebih cepat ditangani
    Nice info gan

    BalasHapus
  25. Penyakit ini memang nakutin. Apalagi jaman jadi mahasiswa yang pas makan dan minum bisa barengan segelas/sepiring. Biasanya langsung deh nular. Bersyukur masih dikasih sehat sampai hari ini.

    BalasHapus
  26. saya baru tau ternyata penyakit hepatitis sangat berbaya dan bisa menular

    BalasHapus
  27. makasih gan info ya berguna baget

    BalasHapus
  28. Hepatitis dan HIV/AIDS, semoga kita selalu bisa terhindar darinya..
    Terima kasih informasinya..

    BalasHapus
  29. ternyata hepatitis itu mematikan, dan banyak jenisnya.

    BalasHapus
  30. Terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini. Saya mahasiswa IPB, pada 2 tahun ke belakang terjadi wabah hepatitis ini. Dengan membaca artikel ini saya lebih tahu dan mengerti bagaimana caranya menghindari penyakit mematikan ini.

    BalasHapus
  31. penyakit yang begitu harus diwaspadai, mulai sekarang harus pintar untuk jaga kesehatan.

    BalasHapus
  32. wah, ngeri juga kalo kena.. harus selalu bersyukur diberi kesehatan selalu

    BalasHapus
  33. Oke saya makin tau tentang bahaya y penyakit Hepatitis, semoga kita selalu di berikan kesehatan Kepada Allah Swt.

    BalasHapus
  34. aga merinding juga kalau denger masalah hepatitis, soalnya tetangga dulu pernah ada yang kena

    BalasHapus
  35. kadang ketidak tahuan kita bisa memberikan imun tersendiri bagi tubuh kita

    BalasHapus
  36. terima kasih informasi nya dengan adanya informasi begini kita bisa lebih berhati hati...agar tidak terjangkit yang namanya hepatitis. :)

    BalasHapus
  37. Artikel yang bagus, menambah ilmu pengetahuan saya.. terima kasih.

    BalasHapus
  38. wah pengalaman ane dulu pernah kena ni penyakit. Hepatitis A gan. Untung masih bisa diberi kesembuhan. bersyukur banget dah. sekarang benar - benar hati-hati jaga kesehatan jadinya.

    BalasHapus
  39. wah lengkap banget jenis-jenis hepatitisnya, penjelasan sangat jelas, terimakasih untuk infonya, sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  40. saya mau tanya kenapa hepatitis c belum memliki vaksin dan apa yang dimaksud penularan secara vertical pada hepatitis B?
    Makasih

    BalasHapus
  41. Masih trauma denger penyakit ini :( yang mana di tahun kemaren temen masta ane meninggal :(

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.