Rhodoy R. Ediyansyah

Selasa, 21 Februari 2017

Cara Menggendong Bayi Sesuai Usia

rhodoy.com - Memang hal-hal sederhana seperti halnya didalam cara menggengong bayi pun bisa mendorong proses didalam pertumbuhan kembang bayi yang sangat optimal, Menurut salah satu penelitian Prof. Darcia Narvaez dan timnya di Fakultas Psikologi Universitas Notre Dame, Amerika Serikat, dengan cara menggengong bayi yang merupakansalah satu untuk bisa mendorong beberapa potensi didalam perkembangan otak dengan sangat baik dan optimal, denganbegitu bayi akan tumbuh menjadi lebih cerdas. Selanjutnya, bagaimana cara menggendong bayi dengan sangat baik dan memberikan manfaat luar biasa?

Cara Menggendong Bayi
Ilustrasi
Memomong bayi merupakan salah satu cara yang cukup penting untuk bisa menciptakan beragamikatan diantara ibu dengan bayi, dikarenakan hal tersebut dapat membantu didalam pengembangan kepercayaan, empati, belas kasih, dan juga didalam hati nurani. Selanjutnya adalah kecerdasan dan juga kemampuan bayi untuk bisa berkembang, terutama didalam kemamapuan menerima dan juga membrikan kasih sayang serta kebahagiaan. Bayi pun akan merasakan kenyamanan dan aman secaraemosional, percaya diri, dan dapat menumbuhkan rasa keingin tahuan dan juga otonomi didalam memori otaknya. Bukan cuman itu, ternyata bayi juga memiliki beberapa kesempatan untuk bisa mengamati lingkungan disekitarnya dengan sangat baik. Dikarenakan penyebab tumbuh kembang bayi, lebih utama lagi kecerdasannya, tentunya dengan begitu akan lebih bisa dicapat dengan baik baik dan optimal.

Namun, agar manfaatnya didapatkan secara optimal, Kamu harus menggendong bayi dengan cara yang tepat, dikarenakan bayi masih memiliki berbagai keterbatasan fisik lainnya. Karena itu, Kamu sebagai ibu harus menyesuaikan cara menggendong untuk anak kamu dengan disesuaikan umurnya, sebagai berikut:

Untuk bayi Usia 0-3 bulan

Karena pada umur bayi ini tulang bayi masih belum kuat dalam artian tulang bayi masih sedikit lunak dan rentan,untuk  cara menggendong yang paling aman yaitu dengan membaringkannya di lengan. Pastikan Kamu menopang  pada leher, kepala, punggung, dan pantat bayi dengan sangat baik serta jangan lupa untuk berhati-hati.

Untuk bayi usia 4 bulan
Pada umur ini, Kamu bisa mulai menggendong Si Kecil saat dalam posisi duduk, sehingga kepala bayi bersandar di dada kamu dan ia menghadap ke depan.

Untuk Bayi Usia 5 bulan
Biasanya pada umur lima bulan bayi sudah bisa menopang kepalanya sendiri dengan sangat baik. Karena itu, Kamu bisa menggendong Si Kecil dengan menggunakan pinggang Kamu, dengan kaki bayi melingkar di bagian pinggang Kamu, dan Kamu menopang punggung/pantat bayi dengan 1 tangan. Tapi jika kalau bayi tampak belum mampu menopang kepalanya  sendiri dengan sangat baik, tunda dulu gaya menggendong seperti ini.

Untuk Bayi yang berusia enam bulan
Ketika bayi kamu berusia sekitaran enam bulan dan sudah bisa menopang kepalanya sendiri dengan sangat sempurna, kamu bisa menggengdongnya dengan menggunakan punggung kamu sendiri.

Untuk Bayi yang berusia sepuluh bulan
Memasuki usia ini, kamu tentu saja harus sudah bisa mendudukan bayi kamu di bagian pundakkamu dengan menggunakan tangan kamu yang menyangga bagian sisi kiri dan juga bagian sisi kanan tubuh bayi kamu.

Cara Menggendong Bayi
Ilustrasi
Nah itu adalah beberapa ulasan-ulasan tentang menggendong bayi yang dapat kamu jadi acuan untuk hasil yang lebih optimal. Dengan cara menggendong yang tepat, bayi pun akan merasa nyaman dan terhindar dari risiko cedera. Saat digendong, dia pun mendapat stimulasi lebih banyak dari lingkungan sekitarnya yang ia butuhkan untuk mendukung tumbuh kembang bayi. (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.