Rhodoy R. Ediyansyah

Kamis, 22 Desember 2016

Pelajari 6 Cara Ini, Lalu Kemampuan Bahasa Inggrismu Akan Meningkat

rhodoy.com - Saat ini banyak sekali orang yang mencari guru bahasa Inggris untuk mengajari mereka bahasa Inggris sebaik mungkin. Seiring perkembangan zaman, bahasa Inggris memang sangat diperlukan karena akan membuat kita mampu untuk bertahan di era globalisasi seperti saat ini.

belajar bahasa Inggris
Preply
Berbicara tentang guru bahasa Inggris, saat ini kita bisa menemukan guru bahasa Inggris dengan mudah. Tak hanya di sekolah formal, namun kita bisa menemukan guru bahasa Inggris online dan kita pun bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan, misalnya melalui laman https://preply.com/id/guru-bahasa-inggris/skype.

Banyak orang yang ingin belajar bahasa Inggris namun menemukan berbagai kendala seperti susahnya melafalkan kosa kata, memahami grammar, dan kendala-kendala lainnya. Hal seperti ini yang terkadang menjadi kendala dalam belajar bahasa Inggris. Kendala-kendala seperti itu pun kadang membuat kita merasa malas dan jenuh saat belajar bahasa Inggris. Hal apa yang bisa kita lakukan untuk bisa belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan dan juga cepat membuat kita mahir berbahasa Inggris? Ikuti cara-cara berikut ini:

Preply
Preply
1. Memilih Guru Bahasa Inggris Berpengalaman
Belajar bahasa Inggris akan lebih fokus jika kita belajar bersama guru privat. Seperti yang kita tahu, kadang bila kita belajar di tempat les tidak akan begitu fokus karena satu tutor mengajar banyak orang. Berbeda jika kita belajar dengan guru privat. Hanya saja, terkadang belajar bersama guru privat pun terasa membosankan dan membuat kita tidak konsentrasi. Saat hal ini terjadi, mungkin anda perlu mencoba metode baru. Misalnya dengan belajar bersama guru privat online. Belajar bersama guru bahasa Inggris online akan mendatangkan banyak keuntungan. Pertama, kita bebas menentukan dimana tempat untuk belajar bahasa Inggris. Kedua, kita bisa belajar bahasa Inggris kapan pun kita memiliki waktu luang. Dan ketiga, kita bisa belajar bahasa Inggris tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Website terpercaya seperti Preply.com bisa kita jadikan tempat untuk mencari guru bahasa Inggris berpengalaman sesuai dengan anggaran yang kita miliki. Bahkan kita pun bisa memilih guru yang merupakan penutur asli. Belajar dengan penutur asli tentunya sangat menguntungkan dan membuat kita cepat memahami bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris dengan guru privat online pun akan membuat kita lebih fokus dan konsentrasi.

2. Pilih Topik yang Menarik
Kadang, belajar bahasa Inggris menjadi tak menyenangkan saat kita menjumpai materi yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Untuk menanggulangi hal tersebut, kita bisa memilih topik dalam materi bahasa Inggris yang sesuai dengan keinginan kita. Ada begitu banyak topik dalam bahasa Inggris yang bisa kita pelajari. Masing-masing topik bisa kita gali lebih dalam untuk menemukan berbagai materi ataupun unsur-unsur bahasa yang perlu kita fahami. Jika kita tidak bisa memahami itu sendiri, kita bisa menanyakan hal yang tidak kita mengerti ke guru privat kita atau pada guru bahasa Inggris di sekolah. Dengan cara ini, kita akan memahami banyak materi dengan cepat dan juga menemukan berbagai hal yang belum kita ketahui dari bahasa Inggris.

3. Gunakan Metode Berbeda
Salah satu hal yang membuat kita jenuh saat belajar bahasa Inggris adalah penggunaan metode yang sama berulang-ulang. Jadi, ada baiknya kita menggunakan metode berbeda untuk memahami bahasa Inggris dengan cepat. Seperti yang kita tahu, ada berbagai skill dalam bahasa Inggris seperti listening, speaking, writing, dan sebagainya. Masing-masing skill bisa dieksplor dengan metode berbeda-beda. Dengan metode berbeda pun kita akan bisa menemukan jenis metode apa yang paling sesuai untuk kita. Misalnya saat kita ingin belajar vocabulary. Ada banyak metode untuk belajar vocabulary seperti dengan membuat daftar, membuat peta kata, mendeskripsikan gambar, dan lain-lain. Kita bisa mencoba satu persatu metode tersebut agar kita tidak jenuh saat belajar bahasa Inggris. Dengan begitu, kita pun akan menemukan metode yang tepat untuk belajar vocabulary dan menggunakan metode itu seterusnya untuk segera memahami bahasa Inggris.

4. Belajar Bahasa Inggris Setiap Hari
Belajar bahasa Inggris setiap hari bukan berarti belajar bahasa Inggris terus menerus dan berlebihan. Kita bisa menciptakan jadwal yang tepat untuk belajar bahasa Inggris. Tak perlu meluangkan waktu berjam-jam, karena tiga puluh menit pun sudah cukup. Asalkan kita melakukannya dengan rutin, pasti kemampuan bahasa Inggris kita akan cepat meningkat. Jadi, tak ada salahnya jika kita segera membuat jadwal untuk belajar bahasa Inggris. Cukup 30 menit sehari, dan gunakan waktu tersebut semaksimal mungkin untuk menyerap berbagai materi bahasa Inggris. Jika anda pun mengikuti les privat online, anda bisa membuat jadwal yang berbeda. Misalnya, anda belajar bahasa Inggris terlebih dahulu dengan menggunakan metode anda, lalu temukan hal yang tidak anda mengerti dari materi yang anda pelajari. Lalu saat tiba jadwal les bersama guru privat online, anda bisa menanyakan hal yang tidak dimengerti tersebut pada guru privat online anda. Dengan begitu, anda akan bisa memahami bahasa Inggris dengan cepat dan segera mahir berbahasa Inggris.

5. Menggunakan Gambar
Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita sering melihat gambar-gambar unik atau menarik. Sebenarnya, gambar-gambar di sekeliling kita bisa kita jadikan media untuk belajar bahasa Inggris. Misalnya saat kita menemukan gambar di media sosial, kita bisa mencoba untuk mendeskripsikan gambar tersebut dalam bahasa Inggris. Kemukakan gambar tersebut dengan bahasa Inggris sesuai kemampuan anda. Jika anda terbiasa melakukan hal ini, anda akan lebih mudah memahami bahasa Inggris. Bahkan kebiasaan ini bisa membuat anda mudah berbicara bahasa Inggris. Jadi, biasakan diri anda untuk berbicara bahasa Inggris saat melihat berbagai gambar maupun kejadian di sekeliling anda. Apalagi jika anda memiliki gambar dengan urutan kejadian, gambar tersebut benar-benar bermanfaat dan bisa anda jadikan media untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda.

6. Menyanyikan Lagu Bahasa Inggris
Banyak orang sangat suka menyanyi di waktu luang. Jika anda pun sering bernyanyi saat ada waktu luang, tak ada salahnya anda menyanyikan lagu berbahasa Inggris. Lagu berbahasa Inggris bisa melatih anda untuk mengucapkan kosa kata bahasa Inggris dengan tepat. Apalagi jika anda memahami arti dari lagu tersebut. Tak hanya kemampuan pronounciation saja yang akan meningkat, namun kita pun akan tahu berbagai kosa kata beserta artinya. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita dengan cepat. Jika ada waktu, anda pun bisa menuliskan lirik lagu berbahasa Inggris pada buku catatan anda. Dengan menuliskannya, anda akan bisa memahami berbagai grammar yang terdapat dalam lirik lagu tersebut. Lambat laun, kebiasaan ini akan membuat kemampuan bahasa Inggris anda meningkat dengan cepat.

Itulah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Poin yang pertama dan terpenting adalah memiliki seorang guru bahasa Inggris yang berpengalaman yang Anda bisa temukan di https://preply.com/id/guru-bahasa-inggris/skype, dan selain itu kita pun bisa melakukan cara-cara di atas atau kreatifias lainnya untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris kita.

2 komentar:

  1. Tips yang ke 6 nihh yang asikk :D
    Menyanyikan Lagu Bahasa Inggris
    Sambil nyanyi sambil belajar speaking,listening, :D

    BalasHapus
  2. Menyanyikan lagu bahasa inggris sambil mencari artinya kayanya cara yang paling ampuh deh

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.