Enter your keyword

Selasa, 29 November 2016

Menilik Perkembangan Janin 36 Minggu dan Kondisi Ibu

rhodoy.com - Memasuki perkembangan janin 36 minggu atau 9 bulan, ibu biasanya sudah mulai menyiapkan segala hal terkait persalinan. Pasalnya hanya tinggal hitungan hari bayi akan terlahir ke dunia. Namun para ibu juga harus mengetahui bagaimana perkembangan janin di dalam kandungan dan juga bagaimana seharusnya ibu menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya tidak sedikit ibu hamil yang lalai dan tidak memperhatikan kondisi tubuh dan janin saat usia kehamilan sudah mulai memasuki bulan terakhir.

Perkembangan Janin 36 Minggu
Ilustrasi
Perkembangan Janin 36 Minggu yang Perlu Diketahui Ibu
Seperti yang tadi sudah disampaikan, saat memasuki usia kehamilan 36 minggu atau 9 bulan, ibu harus lebih fokus kepada kondisi kesehatan dan janin, terutama berat badan janin. Hal ini dikarenakan janin harus memiliki berat badan yang cukup pada saat lahir. Apabila berat badannya kurang, maka janin diperkirakan bakal sulit menjalani kehidupan. Janin yang berat badannya kurang umumnya akan dirawat pada ruangan khusus. Untuk itu pantau terus perkembangan janin Anda menjelang masa persalinan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pada saat janin berusia 9 bulan, maka jaringan kulit janin sudah mulai terbentuk secara sempurna. Meskipun kulit masih terasa sangt lembut, tapi warnanya sudah tidak transparan lagi. Otak janin juga berkembang dengan sangat cepat, karena sel-sel di otak janin akan mulai berkembang sampai usia dua tahun setelah dilahirkan. Tidak seperti usia-usia sebelumnya, janin juga sudah memiliki antibodi yang sempurna. Namun tetap antibodi sang ibulah yang menjadi pelindung utama bagi janin.

Perkembangan Janin 36 Minggu
Ilustrasi
Pada perkembangan janin usia 36 minggu posisi kepala janin sudah mulai masuk ke lubang panggul. Di mana pada usia minggu ke-36 ini, janin sudah tidak akan mengubah posisinya lagi. Posisi inilah yang juga perlu diperhatikan oleh ibu. Berbicara masalah kepala, di usia ini janin juga memiliki lima lempeng tulang dan pembentukan tengkoraknya. Tapi tengkorak si kecil masih belum mengeras, serta di bagian kepala masih terdapat ruang pemisah yang bisa membantu janin melewati jalan lahir nantinya. Ketika lahir, kepala janin akan mengalami pengerutan, namun akan kembali ke bentuk semula setelah lahir.

Hal apa yang perlu diperiksakan oleh ibu saat usia kandungan mulai memasuki bulan ke-9?
Pada kehamilan normal, ibu akan merasakan pergerakan bayi dalam kurun waktu dua jam sekali. Jika Anda tidak mengalami kondisi tersebut, maka dianjurkan untuk memeriksakan kandungan ke dokter. Dimungkinkan penyebab bayi tidak bergerak adalah karena air ketuban yang keruh sehingga membuat bayi menjadi lemas dan tidak bisa bergerak.

Memasuki usia 36 minggu, keluarga sebaiknya juga sudah bersiap dan selalu sedia di sekitar ibu. Pasalnya diperkirakan bayi akan lahir dua sampai empat minggu lagi. Tapi jika sudah 41 minggu tapi belum ada tanda-tanda ingin melahirkan, ibu harus segera ke dokter.

Secara fisik, terkadang ibu hamil juga akan mengalami gangguan-gangguan kesehatan menjelang masa persalinan. Pada saat perkembangan janin 36 minggu, ibu hamil perlu memeriksakan diri ke dokter apabila terjadi pembengkakkan di bagian tangan, wajah atau kaki. Kondisi itu bisa mengindikasikan adanya gangguan kehamilan. Bukan hanya itu, tapi juga bisa terjadi diabetes atau anemia yang bisa menghambat pertumbuhan janin.

Itu tadi penjelasan mengenai kondisi perkembangan janin 36 minggu. Mendekati masa persalinan, jangan terlalu khawatir, cemas atau bahkan stres. Tenangkan pikiran supaya proses persalinan pun bisa berjalan lancar. Semoga bermanfaat. (Adv)

3 komentar:

  1. pada usia kehamilan 9 bulan adalah saat - saat yg paling ditunggu ... menanti kehadiran sibuah hati

    BalasHapus
  2. Sebagai ibu, tentunya selalulah menjaga kesehatan kandungannya, agar tetap sehat secara utuh.

    BalasHapus
  3. Kalau melahirkan melebihi 36 minggu biasanya kenapa tuh?

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.