Rhodoy R. Ediyansyah

Selasa, 23 Agustus 2016

Cara Mengatasi Bahaya Kebakaran Secara Mandiri

rhodoy.com - Musibah kebakaran yang terjadi kerap mengakibatkan kerugian hingga puluhan bahkan ratusan juta. Kebakaran tersebut biasanya terjadi di area yang padat penduduk ataupun area pusat kegiatan warga. Lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal area-area publik yang sering mengalami kebakaran tersebut seringkali sudah dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran.

Alat Pemadam Kebakaran
Fire Safety
Saat kebakaran terjadi, sebaiknya jangan langsung merasa panik. Tetaplah tenang dan segera cari alat yang bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran secara manual, misalnya seperti menyiramkan air ke sumber api. Tips berikut ini mungkin dapat diaplikasikan dalam mengatasi bahaya kebakaran:

1.    Mengetahui sumber kebakaran
Mengetahui sumber kebakaran merupakan hal yang mutlak diperlukan karena merupakan solusi terbaik untuk mencegah meluasnya kebakaran. Musibah kebakaran biasanya bersumber dari 2 hal, yaitu kompor dan konsleting listrik. Sementara hal-hal yang menjadi faktor pendukung meluasnya bahaya kebakaran adalah suhu yang panas, O2, dan bahan sekitar yang mudah terbakar.

2.    Pengetahuan bahan sumber kebakaran
Kebakaran yang disebabkan oleh kompor atau terjadinya korsleting biasanya lebih susah dipadamkan menggunakan air seperti yang biasa dilakukan masyarakat. Air hanya dapat digunakan untuk meredam kebakaran pada bahan kayu, kain, atau plastik yang biasanya mendominasi kondisi perumahan maupun pasar.

Air akan makin membuat bencana kebakaran makin melebar, bahkan jika konsleting listrik akan membahayakan adanya aliran listrik jika sumber listrik belum dipadamkan. Jadi sebaiknya gunakan karung, selimut, atau kain yang agak tebal yang telah dicelupkan terlebih dahulu ke air dan ditutupkan pada kompor. Namun cara ini tidak dapat diaplikasikan pada konsleting listrik.

3.    Alat pemadam kebakaran portable

Alat Pemadam Kebakaran
sumber : http://healthsafetyprotection.com
Alat pemadam kebakaran portable ini mungkin agak susah jika disediakan tiap rumah tetapi mungkin dapat diupayakan tiap satu perumahan atau rukun tetangga. Untuk tempat umum sebaiknya disediakan karena hal tersebut telah menjadi standar K3 dalam pembangunan sebuah gedung, terutama area publik. Alat pemadam kebakaran portable yang sesuai adalah AFFF yang tersusun dari air dengan kandungan foam sehingga dapat digunakan untuk kebakaran pada bahan kimia atapun listrik. Alat pemadam kebakaran portable telah tersedia di pasaran dengah harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa menghubungi 113 (nomor petugas pemadam kebakaran) jika api semakin membesar. Semoga bermanfaat! (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.