Rhodoy R. Ediyansyah

Kamis, 21 Juli 2016

Prosedur Pembuatan Jalan yang Benar Ada di Sini

rhodoy.com - Sebuah jalan dikatakan bagus jika kuat mengakomodasi kebutuhan lalu lintas di atasnya dalam jangka waktu lama. Kualitas jalan terletak pada kualitas material pembangun dan kualitas proses pengerjaannya. Kualitas material yang kurang bagus atau porsinya kurang, bisa mengurangi ketahanan jalan ketika digunakan. Sebaliknya, material berkualitas bagus bisa gagal membentuk jalan yang bagus jika pada proses pengerjaannya ada yang salah.

Pembuatan Jalan yang Benar
Ilustrasi Pembuatan Jalan
Ada prosedur tertentu yang harus dipenuhi ketika melakukan pembangunan jalan. Misalnya untuk membangun jalan aspal. Berikut adalah tahapannya secara umum:
  1. Pemetaan dan pengukuran badan jalan
  2. Pembersihan badan jalan (clearing & grubbing)
  3. Pembentukan badan jalan (stripping)
  4. Pemadatan tanah (subgrade)
  5. Pondasi bawah (sub base coarse)
  6. Pondasi atas (base coarse)
  7. Lapisan atas (wearing coarse)
  8. Lapisan permukaan (surface coarse)
  9. Marka jalan
  10. Rambu jalan

Pemetaan dan pengukuran badan jalan dilakukan untuk mendapatkan ukuran aktual dari jalan yang akan dibangun agar sesuai rencana. Hal ini sangat penting terutama untuk menghitung kebutuhan material dan alat. Ukuran badan jalan yang sempurna sangat menunjang keamanan dan estetika.

Tanah atau lahan yang akan dibangun jalan harus bersih dari sampah, pepohonan, maupun material lainnya yang dapat memengaruhi proses pembangunan jalan. Bagian tanah yang menggunung digali agar rata, sedangkan yang cekung diurug hingga permukaannya sama rata. Setelah lahan dinyatakan bersih, kemudian dilakukan perataan dan pemadatan. Perataan dilakukan dengan menggunakan alat berat buldozer. 

Setelah tanah dinyatakan rata, kemudian dibuatkan pondasi bawah. Material yang paling umum digunakan adalah batu kali. Alat berat yang terlibat dalam proses ini adalah dump truck dan tandem roler. Dump truck berfungsi sebagai pengangkut batu, sedangkan tandem roller bertugas meratakan dan memadatkan hamparan batu.

Setelah lapisan pondasi bawah dikerjakan, tahap berikutnya adalah mengerjakan pondasi atas dan  lapisan permukaan. Aspal dihamparkan dalan keadaan cair dan panas agar mudah dibentuk. Alat berat yang digunakan adalah asphalt finisher. 

Langkah terakhir hingga jalan benar-benar bisa digunakan adalah marka dan rambu jalan. Sayangnya, hal ini seringkali dianggap tidak penting, terutama pada lingkungan perumahan dan pedesaan. Marka dan rambu dipasang umumnya pada jalan raya atau jalan utama yang sangat ramai dilalui kendaraan. 

Teknologi Terbaru
Dalam pembangunan jalan, kondisi tanah merupakan faktor penting sebagai penunjang kualitas jalan di atasnya. Tanah harus benar-benar keras dan stabil agar jalan yang dibangun di atas permukaannya bisa kuat dan tahan lama. Tanah  yang lembek dan labil kurang bagus untuk dibuat jalan sehingga harus dilakukan proses perkerasan dan stabilisasi tanah. 

Saat ini, pengerasan dan stabilisasi tanah untuk jalan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Adalah Rotec Soil Stabilizer, terknologi baru yang membuat pembangunan jalan jadi lebih singkat dan lebih murah. Rotec merupakan serbuk aditif yang mampu mengikat partikel dalam tanah menjadi keras dan stabil. Dengan campuran Rotec pada tanah, semen, dan air, akan dihasilkan permukaan jalan yang kuat menahan beban kendaraan berat.

Penggunaan Rotec bergantung dari karakter tanah dan jenis jalan yang akan dibangun. Misalnya untuk membangun jalan tanah yang mampu menahan beban kendaraan hingga 10 ton, diperlukan perkerasan tanah dengan ketebalan 15 cm. Lebih berat beban yang dihadapi permukaan jalan, makin tebal pula perkerasan tanah yang dibuat. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Rotec Soil Stabilizer, Anda bisa mengunjungi www.soilindo.com sekarang. Selamat mencoba. (Adv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.