Rhodoy R. Ediyansyah

Jumat, 01 Juli 2016

Lakukan Ini Ketika Ingin Mencoba Sesuatu Yang Baru

Sudah menjadi kondrat yang absolut bahwa tiap manusia memiliki naluri yang tinggi akan segala sesuatu yang terdapat di kehidupannya. Manusia selalu ingin tahu terhadap apa yang dirinya lihat, dengar, maupun rasakan. Sikap penasaran tersebut sangat manusiawi karena kita semua dilahirkan memang untuk mempelajari kehidupan ini. Rasa ingin tahu yang datang mendorong diri untuk mempelajari hal tersebut walau caranya tidak sesuai kemampuan. Sejak kecil misalnya, ketika kita baru saja mengenal dunia kita sangat amat penasaran dengan segala yang kita lihat. Karena apa yang didapati diri kita tersebut tidak pernah tersedia ketika kita di kandungan. Semisal, kita penasaran untuk apa mata seseorang memandangi diri kita, untuk apa mulut yang berbicara kepada kita, dan untuk apa tangan yang merangkul tubuh kita tersebut. Bermacam pertanyaan penasaran timbul secara naluri.

Mencoba Hal Baru
Ilustrasi
Namun, tumbuh dewasa menuntut seseorang untuk mengenal suatu hal secara detail. Tidak hanya berniat mengetahuinya sekilas namun ada keinginan untuk mempelajarinya hingga menjadi ahli. Seperti bahasa asing, seseorang yang melihat orang asing berbicara dengan bahasa Negaranya membuat dirinya terdorong untuk mempelajarinya dengan angan-angan bisa ke Negara asing tersebut tanpa mengalami masalah berbicara. Mengenai musik-pun begitu, untuk kali pertama seseorang yang melihat orang lain memainkan musik secara naluri berhasil membuat dirinya terdorong untuk mempelajari musik entah untuk kemudian menghibur dirinya sendiri ataupun orang banyak dengan menjadi terkenal. Masih banyak lagi hal-hal yang mendorong seseorang mempelajarinya tidak hanya sekilas.

Hanya saja yang menjadi persoalan dari metode belajar tersebut banyak sekali yang salah. Sehingga membuat sesuatu yang sebelumnya dipelajari tidak sepenuhnya dikuasai. Karena tidak mempelajarinya secara penuh. Banyak seseorang menyerah terhadap hal yang sebelumnya sangat antusias untuk ia pelajarinya sehingga mengalihkan kepada suatu hal yang baru dikenalnya. Alasannya banyak mengapa seseorang berhenti mempelajari sesuatu secara penuh seperti terlalu sulit, menguras tenaga, ataupun menghabiskan uang. Padahal, jika seseorang berhenti mempelajari hal baru yang telah membuat dirinya penasaran di tengah jalan, hal tersebut akan terasa sangat sia-sia mengingat tenaga, waktu, hingga uang yang dikeluarkan untuk mengenal hal tersebut.

Lalu harus seperti apa ketika kita mencoba mempelajari sesuatu?

Hal pertama yang yang perlu seseorang latih dalam dirinya adalah menghindari sikap ragu-ragu. Seseorang yang tak mau kotor dalam usahanya mencapai keinginan besar potensi gagal. Banyak dari seseorang takut salah dalam mempelajari suatu hal karena tidak mengetahuinya. Sikap ragu-ragu inilah yang menghambat perkembangan seseorang untuk maju karena bila terus menerus meragu terhadap sesuatu yang ingin diketahuinya atau dipelajari maka perkembangan dirinya akan terhambat. Seseorang perlu untuk tidak ragu-ragu dalam banyak hal, seperti mantap mendedikasikan tenaga, waktu, hingga uang untuk memepelajari hal-hal yang ingin diketahuinya.

Ketika seseorang ingin mengenal sesuatu yang baru cobalah lakukan sendiri. Jangan ada istilah dibutuhkan seseorang yang ahli. Seseorang yang mencoba sesuatu sendiri dengan inisiatifnya, maka perlahan dirinya akan mempelajarinya hingga mengetahuinya. Dengan melakukannya sendiri seseorang diperlukan disiplin diri untuk menentukan momen yang tepat untuk mempelajari suatu hal baru. Banyak orang gagal mempelajari sesuatu karena tidak ada seseorang yang mengarahkannya atau seseorang yang sama-sama mempelajarinya.

Selanjutnya rancanglah sebuah tujan yang spesifik. Seseorang dalam mempelajari sesuatu sering mengalami kegagalan karena tidak ada tujuan yang dibuatnya. Tujuannya hanya sekilas untuk pengetahuan ataupun kesenangannya pribadi sehingga keinginan untuk mempelajarinya tidak tinggi dan membuat potensi menyerah sangat besar. Dengan membuat dan merancang tujuang yang spesifik akan membuat sesuatu yang dipelajari memiliki arah dan motivasi dalam mencobal hal baru tersebut akan sangat kuat.

Terakhir, ketika seseorang ingin mempelajari sesuatu hal baru janganlah mengharapkan hasil yang sempurna. Setiap manusia memiliki pemikiran ini, mereka sudah lebih dahulu menginginkan sesuatu yang besar dari hal yang baru saja atau akan dipelajarinya. Jelas hal tersebut amat salah karena seseorang yang sedang mempelajari hal tersebut sedang berada dalam tahap proses berusaha. Jika terus menerus menuntut sesuatu yang sempurna dari hal yang sedang dipelajarinya maka itu hanya akan menyiksa diri sendiri. Biarkan mengalir adanya apa yang dipelajari. Karena pada waktunya akan tiba sesuatu yang sempurna atau hasil yang besar dari kerja keras yang dikeluarkan tanpa pernah seseorang tersebut bayangkan.

Paling pokok, ketika kita akan menghadapi hal baru untuk dipelajari, hindari jatuh terlalu rendah. Menyerah dini hanya akan mengecewakan hasrat kita untuk maju mengenal dunia ini.

Yang terahir saya minta kritik dan saran yang sifatnya membangun tulisan saya kedepannya. Jika anda seorang blogger yang belum berteman dengan rhodoy.com silahkan follow disini-> http://goo.gl/nZmkXk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.