Enter your keyword

Rabu, 20 Juli 2016

Kisah Pembajak Pesawat Handal Yang Misterius

Pernahkah anda mendengar kasus besar di awal tahun 1971-an? Kasus pembajakan yang dipelopori oleh seorang pria yang menghilang bak hantu sesudahnya. Dia bernama D. B. Cooper atau lebih familiar dengan nama Dan Cooper. Cooper menjadi wacana dunia setelah aksinya yang nekat namun terbilang cerdik. Dirinya menjadi satu-satunya tersangka yang melakukan pembajakan pesawat yang ia tumpangi dari Portland, Oregon pada penerbangan menuju Seattle, Washington. Setelah aksinya tersebut, Cooper menjelma menjadi seorang yang dibicarakan oleh masyarakat dunia karena kemisteriusannya. Hanya membajak demi uang 200 ribu Dollar dirinya langsung menjadi nama yang tertarik untuk diburu FBI. Hanya karena uang 200 ribu Dollar saja, ia nekat melompat dari ketinggian ketika pesawat sedang dalam keadaan tekanan keatas di bagian sayap, mungkinkah Cooper selamat?

D. B. Cooper
D. B. Cooper
Pesawat Boeing 727 yang menjadi tumpangan pembajakan Cooperpun menjadi pesawat yang sepi penumpang setelah peristiwa tersebut. Secara penampilan, Cooper terlihat tenang dan sopan dan tidak sama sekali terlihat seperti bandit-bandit yang pramugari Schaffner ketahui. Schaffner sebagai sosok yang dekat dan berbicara dengan Cooper sebelum dunia menyembunyikannya menggambarkan bagaimana sang pembajak mengenakan pakaian, Cooper terlihat seperti seorang pemilik usaha besar dengan setelan jas gelap berdasi lipat dan kaca mata hitam, Dan terlihat sangat sopan. Aksen bicara Cooper juga tidak keras dan dia tidak memperlihatkan kegugupan atau rasa cemas. Florence Schaffner selaku pramugari yang menjadi penghubungnya untuk memenuhi tuntutan Cooper tidak berdaya setelah Cooper memperlihatkan bom yang dibawanya dalam koper hitam. Delapan silinder berwarna merah dengan empat ditumpuk empat yang tersambung pada kabel isolasi merah dan baterai silinder besarpun sukses menakut-nakuti seluruh awak pesawat.

Namun, hingga kini Cooper tidak bisa ditemukan oleh siapapun dan tidak ada yang mengetahui sosok sebenarnya hingga sekarang, dan ia lolos dari hukuman yang seharusnya menjadi bayaran atas aksinya. Sebenarnya, FBI meyakini nama Dan Cooper yang dipakai sang pembajak sebagai penumpang pesawat adalah nama samaran. Dan Cooper memang terkenal sebagai sosok yang populer di tahun 1970 di Prancis, Dan Cooper merupakan nama tokoh dalam komik yang memiliki karakter aksi heroik. Dengan kisah sebagai pilot AU Royal Canadian, dalam komik tersebut tokoh Dan Cooper sering terlibat dalam berbagai petualangan heroik pesawat yang dibawanya dan juga sering melakukan aksi terjun payung.

Kecerdikan

Banyak orang berasumsi bahwa Cooper tidak pernah selamat dalam aksi nekatnya tersebut. Pasalnya titik pendaratan Cooper adalah sebuah daerah pegunungan liar yang sangat mustahil dirinya jatuh dengan selamat. Ditambah lagi suasana yang gelap gulita sekitar pukul 22:00 malam hari akan sangat mengaggu penglihatannya. Bahkan Cooper mungkin tidak memiliki kesempatan melepaskan parasutnya dimana hujan sangat deras menganggu matanya.

Sedangkan beberapa orang menduga Cooper diculik oleh makhluk asing ketika di udara. Ketika itu memang cuaca sangat buruk dengan hujan yang deras dan langit gelap malam. Ada yang menduga bahwa Cooper ditarik alien dan dibawa ke UFO yang sedang mengudara ketika suasana buruk itu berlangsung. Bagi mereka UFO hanya akan terbang di waktu yang tidak terlihat oleh manusia. Itulah mengapa sering terdapat penampakan UFO di malam hari.

Tetapi bukan presentasi seperti itu yang menarik banyak orang mengenai kasus Cooper. Kecerdasanyalah yang yang membuat tak sedikit orang terkagum ditambah pribadi Cooper yang terduga sebagai sosok yang baik dan sopan di kehidupannya. Bahkan Cooper dipercaya memiliki pengetahuan yang baik mengenai dunia penerbangan dengan mengenali Tacoma ketika pesawatnya terbang di  daerah itu. Belum lagi ia mengungkapkan mengenai jarak markas AU McChord dengan bandara Seattle Tacoma, apa yang diungkapkannya sangat baik dan akurat sebagai masyarakat sipil. FBI meyakini bahwa Cooper sangat familiar dengan dunia penerbangan dan menganggapnya sebagai veteran AU.

Cooper menciptakan rencana yang sangat baik dan sempurna yang tersusun secara rapi. Mengenai permintaan uang 200 ribu Dollar yang dimintannya dalam bentuk pecahan 20 Dollar sepertinya sudah dipikirkan secara masak. Diketahui bahwa pesahan diatas 50 Dollar akan lebih membuatnya dicurigai ketika ia gunakan nantinya. Namun uang pecahan yang lebih kecil dari 20 Dollar mungkin akan cukup aman dan penting baginya ketika terjun karena tasnya akan berat dipenuhi uang-uang pecahan tersebut. Sedangkan mengenai parasut yang menjadi permintaannya, Cooper memiliki alasan mengapa ia meminta empat buah. Cooper telah memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di mana dengan meminta empat parasut Polisi akan mengira ia akan membawa sandera ikut terjun dengannya. Nyatanya, ia hanya menggunakan satu parasut dengan tiga lainnya sebagai pengalihan. Pengalihan tersebut juga mungkin agar pihak Polisi tidak memberikannya parasut yang bermasalah karena mereka akan berpikir tidak hanya Cooper yang akan menggunakannya.

Dan Cooper yang diketahui berusia sekitar 45-an dengan mata coklat dan rambut tipis mungkin adalah sosok yang baik dan cerdik. Tetapi aksi pembajakannya tersebut jelas merupakan aksi kejahatan. Banyak opini datang mengatakan bahwa Cooper adalah seorang yang membutuhkan uang dengan segera dan pembajakan tersebut berlatar ekonomi. Lalu mengenai sosok Cooper sepertinya ia adalah orang yang baik yang melakukan aksi tersebut dengan terpaksa. Berdasarkan saksi mengenai Cooper, tidak dipungkiri dirinya adalah orang yang cerdas dimana pengaturan kemiringan sayap sebesar 15 derajat dan pengetahuannya mengenai tangga buritan dapat dibuka selama di udara dapat menjelaskan bahwa ia bukan seorang yang biasa-biasa saja. Meski kemungkinan paling besar bahwa Cooper merupakan mantan angkatan AU, yang pasti dirinya sangat cerdik dan tahu banyak hal mengenai penerbangan.

Lalu di mana Dan Cooper sekarang? Tida pernah ada yang tahu. Satu yang pasti, Cooper tidak mati dalam aksi sensasional itu.

Yang terahir saya minta kritik dan saran yang sifatnya membangun tulisan saya kedepannya. Jika anda seorang blogger yang belum berteman dengan rhodoy.com silahkan follow disini-> http://goo.gl/nZmkXk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.