Rhodoy R. Ediyansyah

Rabu, 24 Februari 2016

Cara Menyiasati Penghasilan untuk Melakukan Kredit Mobil Nissan

Rhodoy - Sudah menjadi hal yang maklum di negara kita, salah satu aset yang ingin dimiliki selain rumah adalah kendaraan, khususnya mobil. Kredit mobil Nissan menjadi salah satu pilihan bagi orang-orang untuk mewujudkan kepemilikan kendaraan ini. Merk Nissan seperti diketahui memiliki banyak peminat di Indonesia. Selain karena modelnya yang beragam, tapi juga kenyamanan dan keamanan yang diberikan oleh mobil ini. Bisa dikatakan, Nissan merupakan produk Jepang bercita rasa Eropa.

Mobil Nissan Navara
Nissan Navara
Namun sayangnya, masih banyak orang yang merasa bahwa perawatan purna jual dari pabrikan Nissan. Seperti sulit mendapatkan suku cadang dan melakukan service di bengkel resminya. Padahal sebenarnya hal ini tidaklah benar. Karena mulai tahun 2016 ini, pabrikan Nissan yang juga menjadi pabrikan mobil merek Datsun telah membuat gudang yang luas di Indonesia, di Purwakarta lebih tepatnya. Hal ini berarti, tak perlu menunggu waktu lama bagi Anda untuk mendapatkan suku cadang mobil yang sedang Anda service atau perbaiki.

Kelebihan lain orang memilih mobil Nissan adalah karena mobil ini sangat cocok digunakan sebagai city car. Sebagai mobil MPV ada berbagai pilihan jenis Nissan dan Datsun. Untuk yang berpenumpang 5 atau 3 orang. Konsekuensi dari tingginya permintaan mobil Nissan ini, adalah harga jualnya yang lumayan tinggi. Bagi orang-orang yang baru awal-awal bekerja, memiliki mobil ini mungkin sedikit sulit. Khususnya yang hanya memiliki penghasilan di bawah 5 juta.

Tapi, apakah orang-orang dengan penghasilan ini tidak bisa memiliki mobil Nissan impian? Jawabannya bisa, dengan memperhatikan cara-cara berikut ini:
  1. Tidak ada salahnya Anda membeli mobil second atau bekas pakai.
  2. Cari lembaga pembiayaan yang memberikan jangka waktu lumayan panjang. Rata-rata lembaga pembiayaan memberikan waktu 5 tahun, tapi beberapa juga ada yang bisa menawarkan lebih daripada waktu tersebut.
  3. Memanfaatkan program kredit yang diberikan oleh perusahaan jika ada. Terkadang, untuk mendapatkan loyalitas karyawan, beberapa perusahaan memberikan fasilitas kredit mudah dengan bunga ringan dan sistem potong gaji.
  4. Mengambil pinjaman berupa uang tunai, dan membayar mobil dengan sistem cash. Pinjaman tunai ini biasanya akan memberikan tenor yang panjang, bahkan sampai 10 tahun.

Namun bukan berarti jika Anda bisa membeli secara kredit, Anda tak membutuhkan dana tunai dalam jumlah besar. Rata-rata lembaga pembiayaan mensyaratkan uang muka 25% dari harga jual mobil. Termasuk jika Anda mengambil kredit mobil Nissan. Kecuali jika Anda menggunakan cara terakhir diatas, meminjam dana segar untuk membayar tunai. Sedangkan bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, pastikan bahwa mobil tersebut tidak memiliki status bermasalah. Seperti pajaknya tidak dibayarkan beberapa lama, kondisinya masih baik dan akan lebih baik jika dibeli dari orang yang Anda kenal ketimbang dari pihak lain yang belum anda ketahui seluk beluknya. Atau, anda juga bisa mengajukan kredit ke pihak bank dengan suku bunga yang kompetitif. Ada banyak pilihan bank yang menyediakan kredit mobil dengan skema yang berbeda-beda.

Seperti yang diketahui bahwa mobil Nissan merupakan salah satu mobil terbaik dan menampilkan sisi kenyamanan dalam berkendara. Tak heran bilamana peminat dari Nissan ini cukup banyak dan nantinya tiap-tiap pembeli bisa segera memilikinya melalui angsuran. Prosedur pembelian secara cicilan ini juga diberlakukan di berbagai Dealer. Kemudian, tiap-tiap Dealer mempunyai kebijakan masing-masing meskipun syarat dan ketentuannya hampir sama, terutama dari segi stimulasi anggaran yang ada.

Untuk melakukan pengajuan kredit mobil ini, Anda pun memang harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu. Syarat dan ketentuan tersebut pun beragam, seperti dengan syarat-syarat berikut ini yang ditujukan untuk para personal:
  • Fotocopy KTP sendiri dan pasangan bila sudah menikah.
  • Fotocopy akta rumah.
  • Fotocopy rekening koran.
  • Fotocopy KK.
  • Fotocopy slip gaji.
  • Fotocopy keterangan pegawai bagi karyawan.

Setelah beberapa persyaratan secara dokumen tersebut terpenuhi, Anda pun juga harus bersedia untuk di survei. Kemudian, saat survei telah dilakukan dan pengajuan kredit diterima, maka Anda bisa segera membayar uang muka atau uang dp dengan nominal tertentu. Dari nominal tersebut, juga telah disediakan dalam stimulasi anggaran kredit. Sehingga pihak pembeli dapat memilih dan menentukan kemampuannya masing-masing tanpa harus terbebani. Lalu, setelah semuanya fix, Anda cukup menunggu konfirmasi selanjutnya dimana mobil Nissan bersangkutan akan menjadi milik Anda. Hingga nantinya dilanjutkan dengan pembayaran angsuran sampai masa kredit telah lunas.

Terbilang cukup mudah untuk pengajuan kredit mobil ke Dealer. Di samping itu, Anda pun perlu mempersiapkan beberapa hal sebagai penunjang bahwa kredit yang dipilih benar-benar yang terbaik. Terlebih dari syarat-syarat yang mudah akan didukung pula oleh kemudahan dalam memilih kredit mobil Nissan yang terbaik, seperti berikut ini:
  • Pilih dealer resmi yang juga menyediakan mobil Nissan dari tiap-tiap tipe yang Anda inginkan.
  • Lakukan perbandingan harga kredit secara total dari kondisi yang sama dari satu dealer resmi dengan yang lainnya dan sama-sama berada di kota Anda untuk mempermudah dalam penjangkauan.
  • Ketahui proses pembayaran yang lebih fleksibel dan tak selalu langsung, seperti via ATM dan via pembayaran lainnya.
  • Ketahui sanksi yang diberikan bilamana terjadi keterlambatan dalam penyetoran cicilan.
  • Sediakan nominal yang cukup untuk dp dan pilih uang cicilan yang ringan sebagai tagihan di setiap bulannya. (Adv)

4 komentar:

  1. Biasanya memang kalau tidak ada uang yang berlebih membeli mobil second tak ada salahnya gan. Murah asal tidak murahan. Ya gag Bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali bos, karena saya juga salah satu penggemar barang bekas. Tapi bukan cewek bekas boss. He hee

      Hapus
  2. Salam kenal, Mas.

    Memang membeli mobil adalah solusi paling awal jika ingin memiliki mobil dengan pennghasilan terbatas. Tapi juga harus dipikirkan kedepannya, seperti perawatan mobil bekas pasti akan lebih sering daripada mobil baru. JUga, harus dicari tahu, mengapa pemilik sebelumnya menjual mobil tersebut? Jangan-jangan karena sudah tidak kuat membayar perawatan karena rusak sana-sini.

    SUmber: Pengalaman pribadi.

    Mampir ya ke h**tp://www.revo-brain.com

    BalasHapus
  3. Selamat malam...
    Membeli mobil dan rumah sendiri adalah impian saya. Saat ini saya masih berstatus sebagai mahasiswa. Segera setelah saya mempunyai penghasilan tetap, saya berencana untuk mengambil kredit mobil.


    Artikel ini sangat membantu :) terima kasih.
    dhe-ujha.blogspot.co.id

    BalasHapus

Ingat boss sebelum berkomentar, baca ini dulu
1. Komentar yang relevan dengan tulisan
2. Dilarang live link, komentar yang terdapat link aktif report SPAM, link non aktif tidak akan dikunjungi balik.
3. Dilarang promosi dalam bentuk apapun
4. Dilarang berkomentar SARA, Po*n, J*di, dll
5. Apabila melanggar dihapus dan dilaporkan sebagai SPAM ke Google
6. Tidak perlu nulis link di komentar, yang sudah komentar akan saya kunjungi balik lewat profi google anda.
7. Komentar yang hanya seadanya seperti "Mantab Gan", "Nice Info", dll tidak akan dikunjungi balik.